14 Fungsi Tombol Windows di Keyboard Yang Wajib Kamu Tahu

Fungsi Tombol Windows di Keyboard – Pada saat kamu menggunakan laptop ataupun komputer, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan tombol dengan logo Windows pada keyboard. Mungkin kamu hanya menggunakan fungsi tombol windows di keyboard ini hanya untuk membuka menu start.

Tahukah kamu, fungsi tombol Windows di Keyboard ini tidak hanya untuk membuka menu start saja. Masih banyak fungsi dan kegunaannya jika kamu kombinasikan dengan tombol yang lain. Karena tombol windows ini juga memiliki kegunaan sebagai Shortcut (jalan pintas). Maka dari itu, jika kamu memanfaatkan tombol ini tentunya akan lebih efisien dalam menggunakan komputer.

Tombol Windows ini terletak pada bagian pojok kiri bawah keyboard, biasanya bersebelahan dengan tombol Alt dan Ctrl, tentunya yang berlogo Windows. Tentunya, adanya tombo satu ini semata-mata bukan sebagai hiasan saja, melainkan memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri.

Nah, ada cukup banyak fungsi atau tombol shortcut yang dapat kamu gunakan dengan tombol Windows ini. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah kegunaan dan fungsi tombol Windows di Keyboard yang wajib kamu ketahui!

 

Fungsi Tombol Windows di Keyboard

Ada cukup banyak fungsi dari tombol windows ini, baik itu untuk membuka menu start dalam sistem operasi Windows, mengakses Windows Run dengan cepat dan lain sebagainya. Berikut ini adalah fungsi lengkapnya berdasarkan pada sistem operasi Windows 10.

 

1. Membuka Menu Start (Windows)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi tombol Windows di keyboard yang paling sering digunakan pengguna adalah untuk membuka menu Start. Untuk menggunakannya kamu cukup klik tombol Windows, maka menu Start akan segera muncul. Kemudian kamu bisa klik satu kali lagi tombol Windows tersebut, maka menu Start yang sudah tampil akan kembali ditutup.

 

2. Membuka Kotak Pencarian Windows (Windows + S)

Menggunakan fitur pencarian pada Windows akan semakin mudah kamu lakukan dengan menekan kombinasi Windows + S secara bersamaan. Dengan kombinasi tersebut, kamu tidak perlu membuka menu Start kemudian klik pada menu pencarian.

Karena dengan Windows + S, kamu bisa langsung melakukan pencarian setelah menekan tombol kombinasinya.

 

3. Membuka Menu Power User (Windows + X)

Menu Power User adalah menu start yang berisi daftar program-program utama windows. Contoh aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Power User ini seperti Run, Disk Management, Menu Setting, File Explorer, dan lain sebagainya.

Power User ini biasa juga disebut dengan Win X atau menu Start kedua (Start alternatif). Untuk membukanya dapat dengan klik kanan pada logo Windows pada taskbar atau dapat menggunakan cara yang lebih simpel dengan menekan tombol Windows + X secara bersamaan.

 

4. Membuka Windows Setting (Windows + I)

Kamu masih membuka setting melalui menu Start? Dengan fungsi tombol windows di keyboard kamu bisa membuka menu Windows Setting lebih cepat loh! Caranya kamu cukup menekan tombol kombinasi Windows + I secara bersamaan maka secara otomatis menu Windows Setting bakalan terbuka.

Namun, perlu diperhatikan tombol kombinasi ini cuma bisa dilakukan pada sistem operasi Windows 8 ke atas. Karena pada Windows 7 ke bawah, menu Windows Setting ini masih belum tersedia dan masih menggunakan Control Panel.

Baca Juga: Cara Mudah Membuka Control Panel Windows 10

 

5. Membuka File Explorer (Windows + E)

Tidak hanya dapat membuka Windows Setting, dengan kombinasi tombol windows di keyboard ini kamu juga bisa membuka File Explorer dengan cepat. Caraya kamu cukup menekan tombol kombinasi Windows + E maka File Explorer siap kamu gunakan.

Dengan Begitu kamu tidak perlu lagi ribet saat ingin membuka File Explorer. Seperti yang kita tahu File Explorer ini adalah program yang paling sering kita gunakan. Karena di situlah tempat kita dapat mengakses file-file serta data yang ada pada komputer atau laptop kita. Jadi selalu pastikan kamu bekerja dengan cukup efisien.

 

6. Kembali ke Halaman Desktop (Windows + D)

Fungsi tombol Windows di keyboard yang satu ini tidak kalah penting dengan fungsi lainnya. Dengan menekan kombinasi tombol Windows + D kamu dapat kembali pada halaman desktop kamu. Dengan kata lain semua program yang sedang kamu jalankan akan di Minimize.

Tekan tombol Windows + D kembali untuk melakukan pekerjaan kamu dengan program terakhir yang kamu jalankan.

 

7. Mengunci Desktop (Windows + L)

Ini adalah fungsi tombol Windows yang cukup saya sukai. Dengan menekan tombol Windows + L secara bersamaan maka Windows pada laptop kamu akan otomatis terkunci (kembali saat kita mau memasukkan PIN atau password Windows). Fitur ini cukup berguna saat kamu ingin meninggalkan laptop kamu untuk sementara. Dengan mengunci Windows setidaknya pekerjaan-pekerjaan kamu akan sedikit lebih aman.

 

8. Proyeksi Layar (Windows + P)

Apabila kamu menggunakan layar monitor tambahan, maka kamu dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + P untuk dapat mengatur jenis-jenis tampilannya. Misalkan jika kamu menggunakan monitor External pada laptop kamu, kamu bisa menekan tombol Windows + P secara bersamaan. Kemudian pilih Second Screen Only untuk mematikan layar monitor laptop dan hanya mengaktifkan layar monitor External.

 

9. Membuka Kotak Dialog Run (Windows + R)

Kotak dialog Run digunakan untuk memanggil program-program bawaan yang ada pada sistem operasi Windows. Maka dari itu buat kamu yang suka mengotak-atik Windows Kotak Dialog Run ini akan sering kamu gunakan. Kamu bisa membukanya melalui Win X atau Menu Power User.

Namun, dengan kombinasi Windows + R kamu dapat langsung menggunakan kotak dialog Run ini. Dengan begitu kamu tidak lagi mengetik melalui pencarian windows ataupun melalui Win X.

 

10. Membuka Aplikasi Pada Taskbar (Windows + 1/2/3/ …)

Kamu ingin berpindah-pindah aplikasi yang ada pada taskbar lebih cepat? Caranya kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol Windows + 1 untuk membuka aplikasi pada taskbar paling kiri, Windows + 2 membuka aplikasi kedua dari kiri, dan seterusnya. Untuk urutannya sendiri sesuai dengan urutan aplikasi yang ada pada taskbar.

 

11. Membuka Task View (Windows + TAB)

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan desktop lebih dari satu, fungsi tombol windows di keyboard satu ini akan membuat kamu lebih efisien jika ingin berpindah ke desktop yang lain. Dengan menekan tombol Windows + TAB maka Task View akan otomatis terbuka dan kamu dapat langsung memilih aplikasi atau desktop yang ingin kamu gunakan.

 

12. Membuka Action Center (Windows + A)

Action Center adalah menu-menu kecil yang berisi beberapa fitur windows seperti Airplay Mode, Bluetooth, Tablet Mode dan lain-lain. Jika pada android hampir mirip dengan bar notifikasi yang bisa kamu lihat saat melakukan swap pada notifikasi Android.

Nah, untuk membukanya kamu bisa menekan ikon yang terletak paling pojok kanan bawah pada taskbar. Tapi dengan menggunakan fungsi tombol Windows di keyboard in kamu bisa menekan tombol Windows + A secara bersamaan untuk membukanya agar lebih cepat.

 

13. Mengaktifkan Game Bar (Windows + G)

Bagi kamu yang seorang pemain game fitur satu ini cukup berguna. Dengan kombinasi Windows + G kamu dapat membuka Xbox Game Bar yang berfungsi untuk melihat performa saat bermain game, merekam layar, dan lain sebagainya.

 

14. Melakukan Screenshot (Windows + PrtSc)

Masih cukup jarang yang mengetahui cara screenshot di laptop. Cukup banyak cara untuk mengambil screenshot laptop. Tapi cara paling simpel yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + PrtSc.

Setelah kamu menekan kombinasi tersebut secara bersamaan, maka secara otomatis hasil screenshot kamu akan muncul di File Explorer > Pictures. Dengan memanfaatkan fungsi tombol windows di keyboard tentunya akan mempermudah kamu bukan?

Baca Juga: 2 Cara Mudah Mengambil Screenshot di PC atau Laptop Terbaru

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ke-14 fungsi tombol Windows di keyboard yang wajib kamu ketahui dan layak untuk dicoba. Sebenarnya masih ada beberapa kombinasi tombol windows yang dapat kamu gunakan, seperti Windows + +/- untuk memperbesar atau memperkecil layar. Atau membuat split screen dengan kombinasi Windows + (tombol nav). Tapi setidaknya 14 fungsi diatas akan cukup berguna untuk menambah efisiensi kerja kamu.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 857 kali

Satu pemikiran pada “14 Fungsi Tombol Windows di Keyboard Yang Wajib Kamu Tahu”

  1. Tipsnya menarik sekali, beberapa sudah kenal. Namun yang screenshot & lock itu belum tau sebelumnya. Thanks for share. Jadi nambah kamus shortcut saya nih.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.