banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

14 Jenis Virus Pada Komputer Yang Wajib diWaspadai

  • Bagikan
14 Jenis Virus Pada Komputer Yang Wajib diWaspadai
banner 468x60

BeriTanda.ID – Virus tidak hanya dapat menyerang makhluk hidup seperti manusia maupun binatang. Virus juga dapat menyerang perangkat komputer kamu. Di mana setidaknya ada 14 jenis virus pada komputer yang bakal merepotkan kinerja laptop atau komputer kamu.Tidak seperti virus yang menjangkit makhluk hidup yang dapat menginfeksi melalui cuaca buruk atau perantara orang lain. Virus pada komputer juga dapat menjangkit perangkat kamu melalui perantara seperti internet, aplikasi atau perangkat lain yang sedang terhubung.

Virus komputer sering sekali membuat berbagai masalah pada komputer kamu, seperti menurunkan performa komputer atau bahkan dapat mencuri data-data di dalamnya. Sejak virus komputer pertama, Elk Cloner yang dibuat oleh Rich Skrenta pada tahun 1982, berbagai program jahat pun mulai sering dibuat oleh hacker. Di mana kebanyakan digunakan untuk mencari keuntungan pribadi, sebagai ilmu pengetahuan teknologi, maupun sebagai bentuk iseng untuk menguji program.

banner 336x280

Baca Juga: Wajib Tahu! 8 Tips Menggunakan Internet Dengan Aman dan Bijak

Jenis Virus Pada Komputer

Terdapat berbagai macam jenis virus pada komputer yang tentunya dapat membahayakan perangkat komputer maupun laptop kamu. Setidaknya berikut ini adalah jenis virus pada komputer yang wajib kamu waspadai yang memiliki berbagai macam kemampuan unik dan dapat merugikan sistem dan data pada komputer kamu.

Jenis virus pada komputer berikut ini adalah beberapa jenis virus yang cukup terkenal dan hingga saat ini masih sering menyusup pada perangkat kamu.

1. Companion Virus

Companion Virus ni adalah virus yang dapat mengganggu data pribadi kamu. Kemampuannya adalah membuat file yang mirip dengan ekstensi berbeda. Tujuannya adalah untuk mengelabui pengguna komputer agar mengakses program tersebut dan pada akhirnya dengan mudah dapat menginfeksi program-program lainnya.

2. FAT Virus

FAT Virus atau File Allocation Table adalah jenis virus yang mampu merusak file pribadi kamu dan bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. Kemampuan unik dari virus in adalah dapat menyembunyikan file penting dan seolah-olah file kamu hilang atau terhapus.

3. Trojan

Salah satu jenis virus pada komputer yang sering menyerang pada komputer dan merupakan kategori virus komputer berbahaya adalah virus Trojan. Virus Trojan ini memiliki kemampuan untuk menduplikasi diri dan dapat mengambil data-data pada komputer kamu dan mengirimkannya kepada pembuat virus tersebut.

Tujuan dari dibuatnya virus ini biasanya untuk memperoleh informasi dari target (korban), seperti mendapatkan password, data, dan lain-lain serta biasanya akan dapat memperoleh hak akses pada korban. Berikut adalah jenis-jenis virus Trojan yang dapat menginfeksi komputer kamu.

  1. Cookies Stuffing, virus ini biasa digunakan untuk membajak tracking code penjualan produk, sehingga komisi dari penjualan tersebut diterima oleh pemasang virus, dan bukan oleh orang yang mereferensikan penjualan produk tersebut.
  2. DdoS Trojan, jenis virus ini biasa juga disebut sebagai Zombie Trojan dan digunakan untuk menjadikan sebuah sistem yang terinfeksi untuk dapat melakukan serangan penolakan layanan secara terdistribusi pada host target.
  3. Keystroke Logger, virus ini biasa lebih dikenal dengan sebutan keylogger atau pencatat penekan tombol. Virus ini digunakan untuk dapat memantau segala bentuk aktivitas koran dan mengirimnya kepada pelaku atau penyerang. Perlu diperhatikan jenis ini berbeda dengan spyware, meskipun cara kerja nya nyaris serupa.
  4. Pencuri Password, seperti namanya jenis virus ini dapat mencuri password korban yang tersimpan pada sistem operasi dan akan mengirimkannya kepada pelaku atau penyerang. Jenis virus ni juga dapat menipu pengguna dengan membuat tampilan login seperti dengan yang aslinya dan menunggu sampai korban memasukkan password tersebut.
  5. RAT (Remote Administration Tools), Jenis trojan yang satu ini biasa kan mengizinkan para penyerang untuk dapat mengambil alih kontrol secara penuh pada system dan dapat melakukan apapun yang mereka mau dari jarak jauh.

4. Backdoor

Virus jenis ini biasanya menyerupai file yang biasa, seperti game. Cara kerja virus ini hampir mirip dengan Trojan. Selain itu virus ini mampu meretas sistem yang sebelumnya pernah diretas tanpa harus mengulangi proses peretasan tersebut.

5. Memory Resident Virus

Jenis virus pada komputer yang satu ini bekerja dengan menginfeksi memori atau RAM pada komputer. Virus ini akan langsung otomatis aktif pada saat pertama kali komputer kamu dinyalakan akibatnya performa laptop kamu bakalan menurun.

6. Multipartite Virus

Virus Multipartite ini awalnya bersembunyi pada memory komputer yang kemudian bakal menginfeksi harddisk. Virus ini akan menyebar pada sistem komputer juga pada aplikasi-aplikasi yang terpasang pada komputer kamu. Biasanya virus Multipartite ini dapat diatasi dengan membersihkan boot serta harddisk.

7. Polymorphic

Virus ini memiliki kemampuan untuk mengenkripsi dan membuat password untuk dirinya sendiri dengan cara yang berbeda-beda saat menginfeksi sistem. Selain itu virus ini juga dapat berubah-ubah saat menginfeksi komputer, hal ini tentu membuat jenis virus pada komputer satu ini sangat sulit untuk dideteksi.

8. Ransomware

Ransomware merupakan jenis virus pada komputer yang bertujuan untuk mendapatkan uang dari pengguna. Cara kerjanya, virus ini akan mengenkripsi atau mengunci komputer atau file sehingga tidak dapat diakses oleh pengguna.

Setelah mengenkripsi komputer atau file tersebut, tujuannya adalah agar pengguna mau memberikan uang tebusan agar file tersebut dilepaskan. Biasanya Ransomware akan menyerang lembaga atau institusi penting seperti rumah sakit, sekolah, bank, perguruan tinggi dan lain-lain.

9. Rogue

Virus Rogue adalah jenis virus pada komputer yang menyerupai program antivirus dan bekerja layaknya aplikasi antivirus, namun bisa memberikan peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya jelas, yakni agar kamu melakukan pembelian dan mengaktifkan antivirus palsu tersebut serta mendatangkan keuntungan bagi pemilik virus tersebut. Selain itu virus Rogue biasa nya malah dapat membuka celah keamanan komputer untuk mengundang virus lain.

10. Rootkit

Pada awalnya Rootkit bukan sebuah aplikasi yang berbahaya, virus ini bekerja sebagai kumpulan perangkat lunak yang bertujuan untuk menyembunyikan proses, berkas dan data pada sistem yang sedang berjalan. Namun, belakangan ini Rootkit digunakan untuk membantu penyusup dan menjaga tindakan mereka agar tidak terlacak oleh sistem.

11. Spyware

Spyware adalah jenis virus pada komputer yang bekerja untuk memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan browsing di internet dan biasanya mendatangkan sekumpulan iklan pada penggunanya. Namun, virus jenis ini tidak begitu berbahaya karena tidak melakukan pencurian data. Spyware memantau dan mengirimkan hasilnya kepada pembuat yang biasanya akan mengirimkan data tersebut kepada perusahaan marketing.

12.  Web Scripting Virus

Web Scripting adalah sebuah kode program yang dipakai untuk mengoperasikan konten yang tampil pada sebuah website.  Virus jenis ini biasa akan muncul pada sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan internet dan biasanya cukup mengganggu program yang ada pada komputer. Walaupun tidak merusak, akibat sifatnya yang mengganggu ini Web Scripting kebanyakan digolongkan sebagai virus.

13. Worm

Worm merupakan salah satu jenis virus pada komputer yang paling umum ditemui pada komputer. Virus ini biasa bekerja dengan menduplikasikan dirinya pada media penyimpanan dan membuat sumber daya pada media penyimpanan tersebut penuh. Ada beberapa jenis dari virus ini, diantaranya adalah:

  1. ADMworm, adalah jenis virus worm yang dapat melakukan eksploitasi layanan jaringan BIND (Berkeley Internet Name Domain), dengan melakukan buffer-overflow.
  2. Code Red, sama seperti ADMworm virus ini juga bekerja mengeksploitasi layanan ISS (Internet Information Service) dengan melakukan serangan buffer-overflow.
  3. LoveLetter, virus ini dapat menyebar dengan cara mengirim dirinya melalui e-mail ke semua akun yang terdaftar pada daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan menggunakan kode VBScript.
  4. MyDoom
  5. Nimda
  6. SQL-Slammer

14. Overwrite Virus

Jenis virus ini bekerja cukup licik, dimana virus ini mampu menghapus file-file kamu, namun kapasitas pada harddisk kamu tidak berubah dan seakan-akan file tersebut masih ada pada memori kamu.

Akhir Kata …

Nah, itulah beberapa jenis virus pada komputer yang wajib kamu waspadai agar tidak merusak serta mengganggu pekerjaan kamu saat menggunakan komputer.

Pada dasarnya masih cukup banyak jenis-jenis virus yang lain yang perlu kamu ketahui, oleh sebab itu nantikan update dari artikel ini di kemudian hari.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Sumber:
– https://www.liputan6.com/ (di akses pada 16 September 2021)
– https://www.teknoplug.com/ (di akses pada 17 September 2021)
– https://www.zalstekno.com/ (di akses pada 17 September 2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.