banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

4 Cara Mudah Memperbaiki RAM Tidak Terbaca di Laptop

  • Bagikan
4 Cara Memperbaiki RAM Tidak Terbaca di Laptop
Memasang RAM
banner 468x60

RAM Tidak Terbaca di Laptop – Secanggih apapun sebuah alat elektronik, tetap tidakmenutup kemungkinan akan terjadi kerusakan. Hal ini juga berlaku untuk laptop atau komputer, kerusakan pada hardware tentu tidak dapat dihindari. Salah satunya kerusakan pada RAM tidak terbaca di Laptop atau Komputer.

Masalah RAM (Random Access Memory) yang tidak terbaca ini tentu akan membuat mengganggu kinerja pada perangkat laptop kamu. Biasanya ketika RAM tidak terbaca malah akan menyebabkan laptop hang atau tidak hidup sama sekali. Tentunya hal seperti ini akan mengganggu pekerjaan kamu.

banner 336x280

Nah, berikut ini kita akan sedikit mengulas tentang bagaimana cara mengatasi RAM yang tidak terbaca pada laptop.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi RAM Pada Komputer atau Laptop

 

Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca Pada Laptop

Ada beberapa cara untuk mengatasinya, seperti membersihkan pin pada RAM, melakukan install ulang, sampai mengganti RAM dengan yang baru. Untuk lebih jelasnya mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

1. Membersihkan Pin pada RAM

Salah satu penyebab RAM tidak terbaca yang sering terjadi adalah karena adanya debu atau kotoran yang melekat pada pin RAM kamu. Terutama buat kamu yang biasa meletakkan laptop kamu disembarang tempat. Hal tersebut tentunya akan membuat laptop kamu terkena debu atau kotoran. Hal ini juga berlaku pada RAM, apalagi jika RAM tersebut lama sudah tidak digunakan.

Oleh sebab itu langkah pertama untuk membuat RAM kamu terbaca kembali tentu kamu harus membersihkannya. Namun, terlebih dahulu kamu harus membongkar laptop kamu dan kemudian lepaskan RAM dari slot motherboard.

Nah, setelah itu bersihkan secara perlahan pin yang berwarna keemasan pada laptop dengan menggunakan penghapus. Bersihkan secara perlahan sampai pin tersebut  terlihat mengkilap kembali.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

 

2. Bersihkan Slot RAM

Sebelum memasang kembali RAM kamu, alangkah baiknya kamu juga membersihkan slot pada RAM kamu. Karena ada kemungkinan juga slot pada RAM kamu kemasukan debu atau kotoran.

Cara terbaik untuk membersihkan slot RAM ini, kamu dapat menggunakan kuas pembersih laptop. Atau jika kamu tidak mempunyai kuas khusus, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang kering untuk membersihkannya.

Setelah itu pasang kembali RAM kamu dan pastikan sudah memasangnya dengan benar. Karena pada beberapa kasus, akibat pemasangan yang kurang tepat juga akan menyebabkan RAM kamu tidak terbaca.

 

3. Mengganti atau Install Ulang Sistem Operasi

Meskipun jarang terjadi, namun penyebab RAM tidak terbaca juga dapat diakibatkan karena adanya kesalahan pada sistem operasi yang terpasang pada laptop kamu. Apalagi jika sistem operasi tidak sesuai dengan RAM yang kamu gunakan.

Salah satu contoh, RAM akan mengalami kesulitan membaca pada sistem operasi dengan versi 32-bit apabila RAM yang terpasang sebesar 8GB. Nah, solusinya kamu harus melakukan install ulang pada laptop kamu.

Karena pada umumnya, dengan menginstall ulang kembali sistem operasi, tentunya kamu akan mendapatkan sistem pembaharuan pada software.

Baca Juga: Cara Reset Windows 10 Tanpa Mehilangkan Data

 

4. Mengganti RAM

Jika cara-cara sebelumnya tidak dapat mengatasi masalah pada RAM kamu yang tidak terdeteksi, maka solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengganti RAM kamu. Karena besar kemungkinan RAM yang kamu pakai saat ini mengalami kerusakan.

Hanya saja, sebelum melakukan penggantian, tentunya kamu sudah melakukan pengecekkan terlebih dahulu apakah RAM benar-benar mengalami masalah atau kerusakan. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca ulasan berikut tentang Tips Ini Sebelum Menambah RAM Pada Laptop.

Baca Juga: Perbedaan ROM dan RAM pada Android Beserta Fungsinya

 

Akhir Kata …

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat memperbaiki RAM yang tidak terbaca pada laptop atau komputer kamu. Pada umumnya, jika tidak terbacanya RAM pada laptop terjadi akibat pemasangan RAM baru, biasanya ini akibat pemasangan RAM yang kurang tepat.

Akhirnya RAM tidak terbaca dan biasanya juga dapat mengalami laptop kamu hank. Jadi, pastikan pula RAM terpasang dengan benar.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.