banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

8 Perbedaan Vektor dan Bitmap, Desainer Wajib Tahu

  • Bagikan
Desainer Wajib Tahu, Perbedaan Vektor dan Bitmap
Vektor VS Bitmap
banner 468x60

BeriTanda.ID – Dalam dunia desain grafis istilah Vektor dan Bitmap tentu sudah tidak asing lagi. Bagi desainer professional perbedaan vektor dan bitmap tentu sangat wajib untuk diketahui, dan bagi pemula ini dapat menjadi informasi yang sangat penting.

Saat melihat gambar, Ketika kamu belum tahu perbedaan vektor dan bitmap ini semua serasa sama saja. Namun, jika kamu sudah memahami perbedaan diantara keduanya maka akan tampak perbedaan di masing-masing gambar bertipe ektor dan bitmap.

banner 336x280

 

Apa itu Vektor dan Bitmap?

Vektor merupakan sebuah gabungan titik dan garis yang menghasilkan sebuah objek gambar dengan jelas. Karena terdiri dari titik-titik yang membentuk sebuah gambar, maka gambar yang dihasilkan tidak pecah saat diperberbesar atau di zoom.

Sedangkan Bitmap seperti yang dilansir oleh onlinedesignteacher, Bitmap adalah sekumpulan atau rangkaian titik kecil yang disebut piksel. Pada dasarnya piksel merupakan sebuah kotak kecil yang memiliki warna yang kemudian disusun dalam pola hingga membentuk sebuah gambar.

Berbeda dengan vektor yang tidak bergantung pada resolusi. Grafik bitmap berpengaruh pada resolusi gambar. Yang artinya gambar yang dihasilkan akan kehilangan kualitasnya apabila menskalakan atau memperbesar secara berlebihan.

 

Perbedaan Vektor dan Bitmap

Perbedaan pada Resolusi Gambar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grafik vektor tidak tergantung pada resolusi gambar. Jenis grafik vektor memiliki keunggulan tertentu jika dibandingkan dengan jenis rafik lainnya. Ha ini membuat grafik jenis vektor menjadi cukup popular di kalangan desainer. Hasil dari gambar vektor selalu tampak mulus pada resolusi apa pun.

Berbeda halnya dengan grafik bitmap, perbedaan vektor dan bitmap terletak pada gambar yang dihasilkan dari jenis bitmap akan mengalami penrunan kualitas apabila menskalakan gambar terlalu banyak. Jika kamu merubah ukuran gambar terlalu kecil, maka akan terlihat kabur dan tampak bergerigi.

Jadi disarankan untuk tidak mengubah skala gambar secara berlebihan terhadap grafik bitmap.

 

Perbedaan pada Susunan Gambar

Pada grafik vektor gambar tebentuk dari garis dan kurva, sedangkan pada grafk bitmap gambar terbentuk dari titik-titik berwarna yang disebut dengan istilah piksel. Piksel inilah yang membuat bitmap berpengaruh terhadap resolusi gambar.

 

Element atau Pixel/Shape

Gambar bitmap menggunakan element pixel, maka gambar akan tetap terlihat bagus jika sesuai dengan ukuran pixelnya. Sedangkan jika diperbesar melebihi pixelnya maka gambar akan terlihat blur atau pecah.

Berbeda dengan vektor, vektor lebih fleksibel karena terdiri dari geometric dan shape. perbedaan element inilah yang menmbulkan istilah dari kedua tipe ini. Gambar vektor disebut dengan drawing, sedangkan bitmap disebut dengan painting.

 

Penggunaan yang Berbeda

Gambar Vektor sangat bagus untuk kebutuhan grafis yang seringkali mengharuskan mengubah ukuran. Dengan menggunakan gambar jenis vektor maka merubah ukuran gambar seperti apapun akan tetap aman. Seperti misalkan logo perusahan atau logo-logo lainnya.

Selain vektor juga biasa digunakan untuk membuat gambar dengan detail yang rumit, seperti membuat gambar katun atau animasi.

Gambar Bitmap lebih sering digunakan untuk dunia fotografi atau gambar lain dengan berbagai macam warna seperti poster film. Biasanya jenis gambar bitmap ini digunakan untuk editing gambar atau manipulasi gambar. Seperti menggabungkan beberapa foto atau membuat efek pada gambar.

 

Softwere yang digunakan

Jenis softwere atau aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan gamba vektor dan bitmap juga berbeda. Jika kamu sudah biasa mengedit gambar atau foto tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi seperti Photoshop. Photoshop sendiri merupakan salah satu jenis softwere penghasil bitmap.

Selain Photoshop masih banyak jenis softwere penghasil gambar bitmap, missal seperti photoscape, picsart, paint tool atau Corel Photopaint.

Sedangkan untuk grafis vektor bisa menggunakan softwere yang cukup popular, diantaranya seperti CorelDraw atau Adobe Ilustrator.

 

Perbedaan Format Gambar yang di Hasilkan

Untuk format file Vektor biasanya seperti:

  • .ai (Adobe Illustrator)
  • .cdr (Corel Draw)
  • .eps (Encapsulated PostScript)
  • .ps (Adobe PostScript)
  • .svf (Simple Vector Format)
  • .svg (Scale Vector Graphic)

Untuk fotmat file Bitmap biasanya seperti:

  • .gif (GIF transparent file)
  • .jpg (Joint Photographic Experts Group)
  • .png (Portable Network Graphic Transparent file)
  • .psd (Photoshop Document)
  • .tiff atau .tif (Tag Interleave Format)

EPS, PDF dan SVG merupakan jenis file yang sangat direkomendasikan untuk menyimpan grafik vektor. Hal ini karena format-format tersebut cukup aman buat kamu yang ingin melakukan pengeditan di tempat atau perangkat lain yang sedang digunakan.

Sedangkan untuk grafik bitmap, format terbaik adalah format JPG (untuk foto), PNG (untuk gambar transparan) dan GIF (untuk gambar animasi).

 

Ukuran File Gambar

Dari segi ukuran gambar vektor cenderung lebih kecil ketimbang gambar bitmap. Alasannya karena pada gambar bitmap lebih banyak menyimpan informasi warna untuk setiap pikselnya. Sedangkan vektor hanya perlu menyimpan rumus matematika yang Menyusun gamba, sehingga lebih sedikit memakan ruang. Perbedaan vektor dan bitmap inilah yang cukup terlihat mencolok saat file tersmpan dalam direktori.

Hanya saja jenis gambar vektor tidak selalu didukung dengan baik. Saat ini format yang paling popular adalah format file bitmap, seperti GIF, JPEG dan PNG. Alhasil Sebagian besar gambar vektor telebih dahulu dibah menjadi gambar bitmap dengan format yang lebih umum.

 

Penggunaan Warna Gambar

Dalam urusan warna bitmap paling baik untuk gambar yang membutuhkan gradiasi warna, seperti foto atau fotografi. Sebaliknya, format vektor lebih baik untuk gambar yang hanya terdiri dari beberapa warna seperti logo atau teks.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah sedikit perbedaan vektor dan bitmap yang wajib di ketaui kamu yang berprofesi sebagai desain grafis. Cukup Sekian dan Terima Kasih.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.