banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Apa Yang Terjadi Jika Server Google Down Selama 30 Menit?

  • Bagikan
Ilustrasi jika Server Google Down
banner 468x60

BeriTanda.ID – Pernah kebayang apa yang bakal terjadi jika Server Google Down dalam kurun waktu 30 menit? Sebelum kamu memikirkan tentang itu, perlu kamu tahu bahwa Google memiliki lebih dari 20 data center.

Dimana setiap data center tersebut memiliki luas kurang lebih 35.000 meter persegi yang dibantu dengan daya listrik berkapasitas 1000 megawatt. Nah, jadi bagaimana jika data server seluas itu mengalami server down?

banner 336x280

Sebelumnya, tepatnya pada Agustus 2013 Google pernah padam selama 2 sampai 3 menit. Akibatnya pada saat itu traffic mengalami penurunan sebesar 40 persen. Hal serupa juga terjadi pada tahun 2009, hanya saja pada saat itu Google masih belum berkembang di Indonesia seperti sekarang.

 

Server Google Down 30 Menit

Itu jika mengalami padam selama dua menit, bagaimana jika server Google down selama 30 menit? Nah, berikut ini sekedar asumsi singkat kira-kira inilah yang akan terjadi jika Server pada Google mengalami Down:

  1. Sebagian orang mungkin akan segera mengecek koneksi internet mereka. Bahkan, mungkin ada beberapa dari mereka yang akan mengadu pada operator internet atau ISP (Internet Server Provider).
  2. Beberapa dari kalian, kemungkinan bakal mengecek kesalahan hardware jaringan. Seperti misal mengecek router atau kabel optik.
  3. Beberapa orang mungkin ada yang menyadari jika server Google sedang mengalami masalah. Namun, pada saat itu ada beberapa yang tidak percaya dan akan mencoba me- reload halaman Google.
  4. Sebagian besar orang di seluruh dunia akan mengambil screenshot yang menerangkan Google Server Error Page.
  5. Facebook dan Twitter akan dibanjiri dengan status tentang Google error.
  6. Orang-orang yang menyadari Google down akan menggunakan mesin pencari lain sebagai alternatif seperti Bing atau Yahoo.
  7. Akibat banyak yang beralih ke mesin pencari selain Google, Bing dan Yahoo baka mengalami peningkatan traffic yang membludak. Alih-alih malah bakalan ikut down juga.
  8. Kebanyakan aplikasi yang ada di internet yang menggunakan Google Service akan mengalami down juga.
  9. Tanpa Gmail dan Google Drive selama 30 menit, produktivitas seluruh dunia juga akan mengalami penurunan.
  10. Tidak bisa kita bayangkan total pendapatan yang hilang (Revenue Loss) yang diakibatkan turunnya server Google. Terutama mereka yang berada pada sektor pekerjaan dan industri yang bergantung pada Google.
  11. Pengguna Android bakalan nyasar di jalan karena pada saat itu Google Map ikut berhenti selama setengah jam.
  12. Kehidupan di China tidak akan terpengaruh sama sekali, karena mereka tidak menggunakan layanan Google.
  13. Kompetitor Google bakalan senang sekali, bahkan mungkin mereka bakalan lebih gencar dalam meningkatkan marketing pemasaran mereka.

 

Itu gambaran kira-kira yang bakal terjadi apabila Server Google Down dalam waktu 30 menit. Lalu selanjutnya, apa kemungkinan yang bakal terjadi setelah layanan Google pulih?

  1. Google akan menggelar Press Release dan segera mengklarifikasi kejadiannya.
  2. Beberapa orang bakalan berspekulasi ada sekelompok hacker yang membuat server Google down.
  3. Media Pers akan mendekat hacker untuk meminta beberapa opini menurut pandangan mereka.
  4. Para bloggers akan menulis artikel atau postingan baru di blog pribadi mereka tentang seberapa bergantungnya kita terhadap Google. Bahkan media juga bakalan ikut-ikutan.
  5. Orang-orang bakal mulai berfikir dan mencari alternatif lain selain Google.

 

Akhir Kata …

Nah, cukup menarik bukan? Dari sini kamu juga bakalan memikirkan betapa kita cukup bergantung pada layanan Google. Postingan ini pada dasarnya hanya sebagai asumsi saja, untuk kebenarannya tentu kita tunggu saja sampai Google mengalami penurunan server.

Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.