banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Wajib Tahu, 2 Cara Memastikan Akun WhatsApp Kena Sadap atau Tidak

  • Bagikan
Cara Memastikan WhatsApp Kamu Kena Sadap atau Tidak
Ilustrasi Penyadapan WhatsApp
banner 468x60

BeriTanda.ID – Semakin banyaknya jumlah pengguna WhatsApp, tentunya langkah terbaik bagi pengguna WhatsApp adalah menjaga keamanan dan privasi data. Tentu salah satunya adalah memastikan apakah akun WhatsApp kamu kena sadap atau tidak.

Sebarnya WhatsApp sendiri sudah memiliki fitur untuk menjaga privasi kamu, seperti fitur two-factor authentication atau ketentuan pengguna WhatsApp yang hanya bisa digunakan untuk login di satu perangkat saja.

banner 336x280

Namun, apapun bentuknya jika itu terhubung dengan koneksi internet maka akan berpotensi memiliki kerentanan keamanan. Maka dari itu, tidak ada jaminan bahwa WhatsApp ataupun aplikasi perpesanan lainnya serratus persen aman.

Meskipun aplikasi tersebut sudah menerapkan end-toend encryption tapi tetap saja masih ada ulah para hacker yang kurang memiliki rasa tanggung jawab.

Akun WhatsApp

Salah satu kemungkinan yang terjadi kenapa akun WhatsApp kita dapat disadap biasa terjadi karena si peretes atau pelaku yang sadap memiliki akses ke ponsel atau perangkat lain yang sebelumnya pernah kita gunakan untuk menggunakan WhatsApp.

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Penipuan Melalui WhatsApp

Ketika akun WhatsApp kita telah di sadap, artinya si penyadap bakal memiliki akses untuk membaca dan mengirim pesan serta membalas pesan tanpa sepengetahuan kita.

Nah, jadi bagaimana cara kita dapat mengetahui apakah akun WhatsApp kita sedang di sadap atau tidak? Berikut sedikit ulasan untuk mengetahuinya.

 

Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Penyadapan

Dengan kita mengetahui cara mengamankan akun WhatsApp dari penyadapan, setdaknya cara berikut ini mampu mencegah dari orang-orang usil yang tidak bertanggung jawab.

 

1. Periksa Pesan-pesan Yang Masuk

Periksa akun WhatsApp kamu, sekiranya pastikan pernah atau tidak kamu kirim pesan atau periksa juga pesan-pesan dari orang yang tidak kamu kenal.

2. Periksa Informasi Kontak di Aplikasi WhatsApp

Periksa informasi profil kamu di pengaturan WhatsApp dan pastikan bahwa tidak ada informasi profil yang diubah tanpa sepengetahuan kamu.

3. Periksa Kontak atau Teman Baru di WhatsApp

Ketuk ikon chat, di sebelah kanan bawah aplikasi. Kemudian periksa semua kontak yang muncul, pastikan kontak yang terdaftar adalah orang-orang yang kamu kenal. Pastikan juga bahwa kamu pernah menyimpan kontak-kontak tersebut.

4. Periksa WhatsApp Web

Jika kamu sering menggunakan WhatsApp Web pastikan kamu selalu untuk mengeluarkannya ketika selesai digunakan. Jika kamu lupa mengeluarkan, bisa juga paksa keluar melalui aplikasi WhatsApp di smartphone kamu.

Caranya, buka aplikasi WhatsApp kamu, ketuk tiga titik di kanan atas aplikasi, lalu pilih WhatsApp Web. Selanjutnya, jika yang tertampil di layer smartphone kamu adalah kamera ponsel untuk scan, tandanya akun kamu masih aman.

Jika yang mucul adalah daftar perangkat aktif di WhatsApp web, artinya akun WhatsApp kamu sedang aktif di web. Jika dirasa perangkat yang terdaftar tidak dikenal, maka segera log out dari perangkat tersebut.

Dengan mengeluarkan akun WhatsApp Web kamu, kamu tidak lagi perlu khawatir akun WhatsApp kamu digunakan orang lain yang sedang menggunakan Laptop atau komputer kamu.

 

Aktifkan Two-factor Authentication di Akun WhatsApp

Segera aktifkan fitur two-factor authentication untuk mengamankan akun WhatsApp kamu. Fitur ini akan membuat siapa saja yang ingin login di akun WhatsApp kamu harus memberikan verifikasi.

Caranya,

  1. Buka Aplikasi WhatsApp kamu,
  2. Ketuk titik tiga d sebeah kanan atas,
  3. Pilih Setting >> Account,
  4. Pilih Two-step verification,
  5. Aktifkan dan pasan kode PIN,

Dengan mengaktifkan pengaman ini, maka seteahnya kamu akan diminta untuk memasukkan PIN secara berkala ketika akan membuka aplikasi WhatsApp. Jadi pastikan juga kode PIN yang kamu gunakan adalah kode PIN yang cukup mudah diingat tapi cukup sulit untuk ditebak.

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021

 

Akhir Kata …

Nah, itu adalah beberapa cara untuk memastikan apakah WhatsApp kamu sedang di sadap atau tidak. Saat kamu merasa ada orang lain yang mengakses atau mengintip akun WhatsApp kamu, maka segeralah untuk bertindak.

Itu adalah tips singkat supaya kamu eih aman dalam menggunakan WhatsApp. Tentu saja juga dapat memastikan akun WhatsApp kamu tidak kena sadap atau retes. Pastikan akun chat kamu selalu aman dari hacker-hacker yang tidak bertanggung jawab.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan