Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Dengan Mudah

Cara Mengubah Ukuran Foto – ukuran foto adalah sebuah dimensi gambar berupa panjang dan lebar yang dapat dikonversikan dalam satuan pixel, milimeter (mm), centimeter (cm), atau inchi (inch). Ukuran foto sendiri juga terdapat ukuran berstandar internasional, tapi juga dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik.

Pada setiap ukuran biasanya foto memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Seperti ukuran sebagai hiasan atau ukuran kecil dengan foto formal yang digunakan untuk keperluan seperti melamar pekerjaan, ijazah, atau keperluan lainnya.

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, mencetak foto mungkin hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu. Namun, saat ini dengan kekuatan teknologi kita sudah bisa mencetak foto tersebut melalui printer pribadi.

Sayangnya dengan kemudahan tersebut, banyak sebagian dari kita kesulitan karena tidak mengetahui cara mengubah ukuran foto. Alhasil, kita masih menggunakan jasa cetak foto. Padahal jika kita tahu bagaimana cara mengubah ukuran foto, kita tidak perlu lagi repot-repot datang ke tempat cetak foto dan tentunya juga lebih hemat biaya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan mencoba mengulas secara singkat namun berisi tentang bagaimana cara mengubah ukuran foto, khususnya membuat foto menjadi berukuran 4×6.


Jenis Ukuran Foto (mm, cm, inci)

Sebelum kita mengulas bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 tentunya akan lebih baik jika kita tahu jenis-jenis serta ukuran foto. Karena cukup banyak ukuran yang harus kamu ketahui, berikut ini adalah tabel ukuran-ukuran foto dalam satuan centimeter, milimeter dan inchi.

Untuk ukuran foto sendiri, akan kita bagi ke dalam dua seri yakni, seri R dan seri ukuran Pas Foto, berikut tabelnya:


1. Ukuran Foto Standar

Berikut ini adalah beberapa ukuran foto secara umum:

Jenis-jenis Ukuran Foto Seri R
Jenis-jenis Ukuran Foto Seri R

2. Ukuran Pas Foto

Berikut ini adalah ukuran-ukuran pas foto yang paling sering digunakan:

Ukuran Pas Foto
Ukuran Pas Foto

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6

Setelah kita tahu beberapa jenis ukuran foto, maka kita sudah bisa menentukan mau mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan satuan apa saja. Mengubah ukuran foto menjadi 4×6 ini hanya contoh ya. Jadi buat kamu yang ingin mengubah ukuran lain, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.


1. Mengubah Ukuran Foto dengan Microsoft Paint

Cara mengubah ukuran foto yang pertama ini bisa kamu lakukan tanpa aplikasi tambahan, kita akan mengubah ukuran foto dengan salah satu aplikasi bawaan Windows, yakni Microsoft Paint. Paint adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi pengolah gambar yang dapat kamu gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6.

Berikut cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan menggunakan Microsoft Paint:

  1. Pertama buka aplikasi Paint, caranya klik Windows + S pada keyboard untuk membuka Windows Search, kemudian ketik Paint, dan buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah itu pilih foto yang ingin kamu ubah ukurannya, caranya klik File kemudian pilih Open, dan cari dimana lokasi foto yang ingin kamu ukurannya lalu klik Open.
  3. Setelah foto terbuka di Paint, selanjutnya klik Resize pada tab Home. Kemudian pada tool Resize, gunakan satuan Pixels untuk mengubah ukuran, dan berikan centang pada Maintain aspect ratio. Setelah itu sesuaikan ukuran foto dengan satuan pixels menggunakan tabel diatas.
  4. Setelah selesai jangan lupa untuk menyimpan foto tersebut, caranya klik File kemudian pilih Save as.

2. Mengubah Ukuran Foto dengan Microsoft Word

Seperti yang kita tahu, Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata besutan dari Microsoft. Tapi, tahukah kamu Microsoft Word juga dapat kamu gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan aplikasi Microsoft Word.

  1. Pertama buka aplikasi Word, caranya klik Windows + S kemudian masukkan kata Word pada kolom pencarian dan buka aplikasi tersebut.
  2. Buat lembar kosong terlebih dahulu, kemudian Insert gambar yang ingin kamu ubah ukurannya. Caranya pilih tab Insert kemudian klik Pictures dan cari gambar yang ingin kamu ubah ukurannya lalu klik Insert.
  3. Selanjutnya, klik kanan pada gambar, lalu pilih Size and Position.
  4. Maka akan muncul tab Layout, sebelum kamu mengubah ukurannya hilangkan terlebih dahulu centang pada Lock aspect ratio dan Relative to original picture size. Setelah itu, baru kamu dapat mengubah ukuran gambar dengan satuan inchi.
  5. Setelah selesai klik OK dan kamu sekarang bisa mencetaknya dengan ukuran 4×6.

3. Mengubah Ukuran Foto dengan Photoshop

Adobe Photoshop merupakan aplikasi desain grafis yang dikhususkan untuk melakukan pengeditan foto. Berbeda dengan dua cara diatas yang hanya bisa untuk mengubah ukurannya, dengan Photoshop kamu bisa menyesuaikan foto mana yang akan kamu potong dan ubah.

Photoshop dianggap sebagai perangkat yang saat ini memimpin pasar untuk perangkat lunak pengelola gambar. Karena memiliki segudang fitur yang banyak digunakan fotografer digital atau perusahaan periklanan.

Nah, karena pada artikel ini kita hanya membahas cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 maka kita lewatkan tentang aplikasi Photoshop dan langsung saja pada langkah-langkah mengubah ukuran foto.

Berikut langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop:

  1. Pertama buka aplikasi Photoshop, caranya klik Windows + S kemudian ketik Photoshop pada kolom pencarian dan buka aplikasi tersebut.
  2. Setelah aplikasi Photoshop terbuka, selanjutnya tambahkan gambar yang ingin kamu ubah ukurannya, caranya klik Open kemudian cari lokasi kamu menyimpan foto tersebut. Setelah ketemu klik Open.
  3. Selanjutnya, klik ikon Crop yang terdapat pada menu Tools Box, kemudian pilih Custom.
  4. Kemudian masukkan ukuran yang ingin kamu ubah, disini saya coba dengan ukuran 4×6 dalam satuan milimeter (mm).
  5. Setelah itu seleksi pada gambar, sampai sesuai dengan yang kamu inginkan. Kemudian klik Enter.

Baca Juga:

  • 14 Fungsi Tombol Windows di Keyboard Yang Wajib Kamu Tahu
  • 8 Perbedaan Vektor dan Bitmap, Desainer Wajib Tahu
  • 8 Aplikasi yang Wajib Install Pada Laptop dan Komputer

  • Akhir Kata …

    Nah, itulah ulasan tentang bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 dengan mudah. Ditambah bonus tentang ukuran gambar yang dapat kamu download gambarnya untuk semakin mempermudah kamu jika ingin mengubah ukuran gambar kedepannya.
    Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

    Dilihat 787 kali

    2 pemikiran pada “Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Dengan Mudah”

    1. Oh ternyata Microsoft Word bisa juga untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6, kirain aku cuma Adobe Photoshop saja.

      Makasih tutorialnya kang. Jadi tahu caranya biar irit tidak usah ke tukang fotokopi.😅

      Balas

    Tinggalkan komentar

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.