banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Cara Terbaru Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10

  • Bagikan
Cara Terbaru Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10
Blue Screen (Your PC ran into a problem and needs to restart)
banner 468x60

BeriTanda.ID Blue Screen (BsoD) adalah salah satu jenis error yang sering terjadi pada sistem operasi Windows 10. Biasanya error ini terjadi karena adanya kesalahan dari sistem ataupun komponen. Oleh karena itu, agar tidak mengganggu pekerjaan kamu perlu mengatasi blue screen pada Windows 10.

Blue Screen (Your PC ran into a problem and needs to restart) merupakan error yang cukup merepotkan. Karena biasanya error yang satu ini akan muncul secara tiba-tiba, sehingga tidak jarang bakal menyebabkan data yang sedang kamu kerjakan hilang.

banner 336x280

Misal, saat kamu sedang asyik mengerjakan tugas di Microsoft Word tiba-tiba error Blue Screen ini muncul. Tentu sangat merepotkan bukan? Ada beberapa cara untuk mengatasi error yang satu ini, seperti install ulang drive, update sistem atau kamu juga dapat melakukan install ulang.

Nah, sebelum lebih lanjut mengenai bagaimana cara untuk mengatasi blue screen pada Windows 10, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu tentang penyebab error Blue Screen ini.

 

Penyebab Blue Screen (BsoD) di Windows 10

Untuk penyebab error Blue Screen sendiri, biasa terjadi karena banyak hal. Mulai yang terburuk seperti kerusakan pada komponen atau hardware sampai yang gampang untuk diatasi seperti kesalahan pada aplikasi atau sistem (kesalahan pada software).

Nah, biasanya untuk mempermudah pengguna Windows dalam mengidentifikasi kesalahan Blue Screen, maka akan muncul kode-kode tertentu tentang error Blue Screen tersebut.

Meskipun penyebabnya cukup banyak, namun kebanyakan masalah yang sering menyebabkan Blue Screen ini disebabkan oleh faktor-faktor berikut.

 

1. RAM Bermasalah

Permasalahan pada RAM ini dapat terjadi karena beberapa hal. Baik itu karena RAM kotor, pemasangan yang kurang tepat atau bisa juga disebabkan karena RAM sudah tidak dapat digunakan lagi.

 

2. VGA Bermasalah

Sama halnya dengan VGA biasa juga terjadi akibat kesalahan pemasangan atau perangkat sudah tidak dapat digunakan kembali. Biasa jika yang bermasalah adalah VGA, maka Blue Screen akan muncul pada saat kita bermain game atau membuka aplikasi editing. Seperti Photoshop atau CorelDraw.

 

3. Processor Bermasalah

Ketidakstabilan processor biasanya juga dapat menyebabkan Blue Screen pada Windows 10. Biasa juga akibat imbas dari overclocking, atau biasa juga disebabkan karena adanya kesalahan konfigurasi atau pemasangan yang kurang tepat.

 

4. Driver Bermasalah

Driver yang corrupt atau tidak sesuai dengan komponen yang dipakai juga dapat menyebabkan error Blue Screen pada Windows 10.

 

5. Sistem Operasi Bermasalah

Bug atau kesalahan dari sistem operasi juga tidak jarang dapat mengakibatkan Blue Screen. Biasa terjadi setelah update sistem atau akibat dari menginstall sebuah aplikasi.

 

Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows 10

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab terjadinya Blue Screen pada Windows 10, sekarang tentunya kamu sudah memiliki sedikit gambaran akan seperti apa cara memperbaikinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita rekomendasikan untuk mengatasi error Blue Screen pada Windows 10.

 

1. Lakukan Troubleshoot

Troubleshoot ini merupakan fitur bawaan Windows 10 yang akan mempermudah kamu untuk memperbaiki error-error yang terjadi pada windows kamu secara otomatis. Dengan cara ini tentunya cukup efektif untuk dapat mengatasi Blue Screen yang diakibatkan oleh kesalahan sistem.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Control Panel terlebih dahulu melalui kolom pencarian.
  • Selanjutnya, klik pada menu System and Security lalu selanjutnya pilih Security and Maintenance.
  • Selanjutnya kamu akan disuguhkan dengan dua menu, yaitu Security dan Maintenance. Silahkan buka Maintenance kemudian klik pada Start Maintenance.
  • Setelah itu maka windows kamu akan melakukan perbaikan error secara otomatis.

 

2. Cek Kode Error Blue Screen Melalui Aplikasi

Pada dasarnya, pada saat terjadi blue screen pada Windows 10 pasti akan muncul juga kode-kode error. Biasanya kode-kode ini juga tersimpan dalam sistem operasi Windows kamu.

Sayangnya untuk melihatnya kamu perlu memasang aplikasi tambahan untuk mengeceknya. Berikut cara mengetahui kode-kode error tersebut.

  1. Download dan Install BluescreenView.
  2. Setelah selesai menginstall, lanjut dengan menjalankan aplikasi tersebut.
  3. Silahkan cek kode-kode yang tampil pada jendela aplikasi tersebut.
  4. Dengan kamu mengetahui kode errornya maka kamu tinggal mencari solusi untuk mengatasi Blue Screen tersebut.

Setelah kamu mendapatkan kode error tersebut, selanjutnya kamu dapat mencari cara untuk memperbaikinya dengan bantuan dari mesin pencari seperti Google atau Bing. Dengan begitu kamu bisa mencari dan menemukan solusi dari error Blue Screen pada Windows 10 kamu.

 

3. Hapus Aplikasi Terakhir Diinstall

Kejadian yang sering dialami pengguna Windows 10 yang mengalami error Blue Screen pada laptop atau komputer mereka adalah akibat dari memasang sembarang aplikasi. Meskipun tidak selalu diakibatkan karena menginstall aplikasi, namun tidak jarang akibat menginstall aplikasi sembarangan malah membuat sistem pada Windows kamu bermasalah.

Oleh sebab itu solusi terbaik untuk mengatasi Blue Screen adalah dengan menghapus aplikasi tersebut. Pastikan kamu ingat aplikasi apa yang terinstall pada windows kamu sebelum mengalami Blue screen.

Karena biasanya aplikasi yang menyebabkan error pada sistem adalah aplikasi yang paling terakhir di install.

 

4. Install Ulang atau Update Driver

Driver merupakan sistem yang cukup penting untuk berjalannya laptop atau komputer kamu. Maka, tidak jarang jika salah atau tidak cocoknya driver yang diinstall dengan komponen yang terpasang akan menyebabkan error.

Maka dari itu, sebaiknya lakukan update driver secara berkala atau jika ada error kamu dapat melakukan penginstalan ulang driver tersebut.

Dan tentunya, pastikan pula driver yang terpasang sesuai dengan bit-rate sistem yang ada pada Windows kamu.

 

5. Hapus File Sampah

File cache, file temp, junk files atau bisa kita sebut sebagai file sampah merupakan kumpulan data yang muncul setelah menggunakan Windows. Normalnya file temp ini memiliki fungsi untuk memperlancar kinerja dari sistem aplikasi.

Namun, tidak jarang pula menumpuknya file sampah ini justru akan membuat sistem Windows 10 kamu error. Maka dari itu perlu yang namanya penghapusan file sampah secara berkala untuk mengatasi Blue Screen.

Baca Juga: Tutorial Cara Membersihkan File Sampah di Laptop

 

6. Update Sistem Windows 10

Sebagaimana dengan fungsi update, dengan mengupdate artinya kita memperbarui sistem pada Windows 10. Karena beberapa kasus terjadinya Blue Screen juga diakibatkan karena adanya kesalahan pada versi-versi tertentu dari Windows 10.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi Blue Screen perlu yang namanya update sistem pada Windows 10 kamu. Supaya tidak terjadi error blue screen atau error-error yang lainnya.

 

7. Cek Komponen Pada Laptop atau Komputer

Memiliki umur pemakaian yang cukup lama tentu akan membuat komponen-komponen atau hardware pada laptop atau komputer kamu aus. Bahkan juga tidak jarang bisa mengalami kerusakan.

Jadi, bukan tidak mungkin error Blue Screen pada Windows 10 juga disebabkan karena rusaknya komponen tersebut. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengecekan komponen-komponen pada laptop atau komputer kamu untuk mengatasi Blue Screen atau BSoD.

 

8. Install Ulang atau Reset Windows 10 Kamu

Jika penyebab error blue screen akibat kesalahan sistem, maka akan sedikit sulit untuk mencari solusinya. Oleh karena itu opsi terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Blue Screen dan agar Windows 10 kamu kembali normal maka kamu dapat melakukan reset atau install ulang pada sistem operasi kamu.

Baca Juga: Cara Reset Windows 10 Tanpa Mehilangkan Data

 

Akhir Kata …

Sebenarnya, masih cukup banyak cara-cara yang dapat digunakan untuk mengatasi Blue screen pada Windows 10. Namun, cara-cara yang sudah disebutkan diatas merupakan cara-cara yang cukup efektif yang dapat kamu lakukan.

Nah, itulah ulasan dengan 1000 kata tentang bagaimana cara mengatasi Blue Screen pada Windows 10.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.