Cerdas Menggunakan Teknologi Digital

Dewasa ini perkembangan teknologi digital di dunia terus mengalami perkembangan secara masif. Kita sebagai bagian dari masyarakat global dituntut untuk terus mengikuti perkembangan tersebut. Karena dengan begitu kita dapat mengikuti perkembangan zaman.

Pada era digital saat ini, teknologi digital membawa banyak perubahan dan membawa dampak positif bagi para penggunanya. Seperti yang dilansir oleh We Are Social Hootsuite per Februari 2022 di Indonesia sebanyak 204,7 juta jiwa atau setara dengan 73,7% total penduduk Indonesia menggunakan internet.

Perubahan tersebut membawa dampak besar, karena teknologi informasi menawarkan kenyamanan dan kemudahan untuk penggunanya. Namun, di lain sisi dengan banyaknya dampak positif dari teknologi digital ternyata juga memiliki banyak dampak negatif jika kita salah dalam menggunakannya.

Maka dari itu, kita perlu lebih paham dan cerdas dalam menggunakan teknologi digital agar dapat menggunakan teknologi dengan baik dan lebih cakap digital. Dengan kemampuan cakap digital dalam memanfaatkan teknologi kita akan lebih mampu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat digital.


Bijak dan Cakap Digital

Dalam menggunakan teknologi ada beragam cara yang dapat kita lakukan, seperti bijak dalam menggunakan media sosial sampai masalah keamanan perangkat yang tersemat di dalam gadget hingga modem wifi rumah. Nah, melalui webinar Sejahtera Lewat Dunia Digital kita mendapat pelajaran penting dalam menggunakan teknologi digital yang cakap digital.

Pada webinar yang berlangsung selama dua jam tersebut kita mendapatkan pelajaran tentang bagaimana teknologi membawa kita pada kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas. Di lain sisi membuat kita merasa nyaman sehingga juga berpotensi buruk dalam aktivitas digital.

Dalam event Cakap Digital tersebut setidaknya ada beberapa point penting yang dapat kita lakukan dalam menggunakan teknologi digital. Berikut hal yang wajib kita lakukan agar tetap aman tapi tidak ketinggalan jaman.


Aman Menggunakan Teknologi Digital

Point penting sebelum kita menggunakan teknologi digital dan mengakses internet hal utama yang perlu kita lakukan adalah memastikan perangkat kita sudah aman. Apa saja cara mengamankan perangkat kita?

1. Gunakan Kata Sandi Yang Kuat

Kata Sandi ibarat sebuah kunci untuk membuka pintu, maka dari itu jika kata sandi atau password yang kita pakai lemah maka akan besar kemungkinan perangkat kita mudah di bobol. Untuk itu gunakan password yang kuat seperti menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.

Baca Juga: Tips Membuat Password Yang Sulit Ditebak

2. Unduh & Install Aplikasi Dari Situs Resmi

Banyak dari kita yang lebih suka dengan aplikasi Mod, Crack, atau Cheat. Itu karena kita beranggapan dapat menggunakan aplikasi tersebut lebih maksimal jika dibandingkan dengan aplikasi Free atau Ori yang memiliki akses terbatas.

Padahal aplikasi dan game yang diunduh bukan dari situs resmi malah berpotensi disisipi virus yang akan membuat perangkat kamu di retes/hack. Maka dari itu, mulai dari sekarang pastikan bahwa aplikasi yang ada di perangkat kamu adalah aplikasi dari situs resmi.


3. Jangan Menyebarkan Data Pribadi

Hargai data pribadi kita layaknya tubuh kita. Menyebarkan data pribadi kita cukup berbahaya di era yang serba digital ini. Data KTP, SIM, Ijazah, NPWP, Paspor, Pengumuman kelulusan, atau data lain yang berhubungan dengan data/kondisi pribadi. Data-data tersebut sangat berbahaya jika tersebar ke orang-orang jahat.

Kenapa data pribadi tidak boleh disebar luaskan?

  • Data pribadi dapat diperjual-belikan orang lain,
  • Data pribadi dapat digunakan untuk melakukan pinjaman online orang lain,
  • Data pribadi dapat digunakan untuk meretes atau hack akun-akun kita,
  • Data pribadi dapat digunakan untuk kepentingan politik atau target iklan di media sosial.

4. Waspada Jika Menggunakan WiFi Gratis

WiFi gratis bukan lagi hal yang baru untuk sekarang ini. Di tempat umum, café, hotel dan lain sebagainya banyak menyediakan layanan WiFi gratis. Bahkan wifi rumah juga tak jarang yang gratis. Tapi tahukah kamu bahwa wifi gratis juga cukup berbahaya untuk perangkat kita?

Karena sifatnya yang gratis maka semua orang dapat menggunakan wifi tersebut. Jika ada pengguna lain yang berniat buruk maka besar kemungkinan hal-hal yang kita lakukan pada perangkat kita akan terekam. Maka dari itu pastikan bijak dalam menggunakan wifi gratisan.

Jangan menggunakan wifi gratis untuk melakukan transaksi online, atau menginput atau memasukkan data pribadi kita. Alangkah lebih baiknya jika menggunakan paket data pribadi atau menggunakan wifi rumah kita sendiri. Seperti memasang IndiHome untuk menunjang layanan internet di rumah kita.

IndiHome sebagai wifi rumah dapat menjadi pilihan untuk menunjang akses internet di rumah kita. Sebagai produk dari Telkom Group, IndiHome memiliki jangkauan jaringan yang sangat luas dan tersebar di berbagai daerah dengan harga terjangkau. Tak terkecuali daerah saya di Kalimantan Barat yang masih sulit untuk mencari akses internet.

Baca Juga:
  • 6 Tips Menjaga Keamanan Android Paling Ampuh
  • Wajib Tahu! 8 Tips Menggunakan Internet Dengan Aman dan Bijak
  • Akhir Kata …

    Begitu banyak hal-hal baru yang dapat kita peroleh dari dunia digital. Tentu dengan mengikuti perkembangan teknologi digital kita tidak akan ketinggalan jaman. Tapi di lain sisi dengan segala keuntungan dari teknologi pastinya juga memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu kita sebagai pengguna juga perlu untuk menggunakan teknologi dengan positif, kreatif, dan aman di Internet. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

    Dilihat 44 kali

    Tinggalkan komentar

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.