banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Ketahui Ini 4 Cara Teknologi Mengawasi Kehidupan Kita

  • Bagikan
Ketahui Ini 4 Cara Teknologi Mengawasi Kehidupan Kita
Ketahui Ini 4 Cara Teknologi Mengawasi Kehidupan Kita
banner 468x60
BeriTanda.ID – Semakin pesatnya perkembangan informasi dan teknologi, entah bagaimana saat ini seakan teknolog mengawasi kehidupan kita. Hal ini cukup sering menjadi perdebatan karena secara langsung teknologi bersinggungan dengan privasi penggunanya.Namun, bersamaan dengan itu banyak negara-negara yang memiliki hukum dimana dari pihak pemerintah, intelijen atau bahkan mungkin pemilik bisnis dapat melacak kehidupan yang kita lakukan melalui gadget. Tentunya hal ini cukup kontradiksi bag kita yang ingin menjaga privasi namun tetap terlacak karena penggunaan teknologi tersebut.

Nah, jad bagaimana teknologi tersebut dapat mengawasi kita? Berikut beberapa contoh yang mungkin merupakan salah satu bentuk cara untuk teknologi mengawasi kehidupan kita.

banner 336x280

Teknologi Mengawasi Kehidupan Kita.

1. Melalui Jaringan CCTV

Pernahkah kamu kepikiran bahwa CCTV terkesan mengawasi kita? Tahukah kamu di negara-negara maju terdapat jumlah CCTV yang cukup fantastis. Seperti yang terdapat pada negara Inggris dimana pada tahun 2011 terdapat satu kamera CCTV yang digunakan untuk 32 warga negara Inggris. Tentunya jumlah ini mengalami peningkatan hingga saat ini. Oleh sebab itu, hal ini menjadikan Inggris sebagai negara yang mengawasi warganya.

Hal ini tentunya juga diaplikasikan oleh negara-negara maju yang lain. Seperti di Amerika Serikat, di mana pada tahun 2013 CCTV di negara tersebut berhasil menangkap pelaku pengeboman Boston. Akibatnya, sejak saat itu kamera CCTV justru menjadi semakin banyak.

Meski demikian hal ini tentunya cukup membuat kita gelisah dimana sangat terasa sekali ada yang mengawasi kehidupan kita. Terutama buat kamu yang merasa privasi itu cukup penting, hal ini karena tipisnya garis yang membedakan antara keamanan dan pelanggaran privasi yang selalu diawasi.

2. Melalui Transaksi Kartu

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan kartu ATM, kartu kredit maupun kartu debit. Di dunia yang serba digital ini kartu-kartu tersebut sudah bukan barang mewah lagi. Namun, sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kartu tersebut juga merupakan alat yang digunakan untuk mengawasi kehidupan kita dimana kita menghabiskan uang kita.

Salah satu contoh yang dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat di mana melalui badan intelijen mereka penggunaan kartu-kartu tersebut dapat dilihat secara realtime saat digunakan. Kenapa transaksi ini diawasi oleh lembaga? Alasan utamanya adalah untuk melihat pola pengeluaran dan melihat potensi pembelian yang tidak biasa.

Hal ini cukup penting untuk membantu penangkapan pelaku terorisme.

Permasalahannya mereka tidak memerlukan surat perintah untuk dapat mengakses informasi pribadi tersebut. Dengan kamu menggunakan bank, maka kamu secara otomatis telah memberikan informasi tentang keluar masuk uang kamu. Lalu, bagaimana di Indonesia?

3. Melalui Pencarian di Internet

Tahukah kamu, setiap kali kamu melakukan pencarian di internet seperti Google atau mesin pencari lain, pada saat itu data kamu telah terekam dan tersimpan di server mereka? Bukan sebuah rahasia bahwa Google juga berperan dalam mengawasi kehidupan kita. Data-data tersebut tentunya dapat dilihat oleh badan intelijen terkait.

Hal ini juga digunakan dengan maksud untuk dapat mengantisipasi adanya potensi keterlibatan seseorang dengan tindakan kejahatan seperti terorisme di masa depan. Dan tentunya juga digunakan untuk mencari pola perilaku internet para pelaku kejahatan.

Di Inggris, hal semacam ini benar-benar dilakukan untuk memerangi kejahatan terorisme. Jika kamu mencari dengan kata kunci yang dianggap dapat memicu terorisme, maka pihak berwenang akan segera untuk melacak kamu.

4. Melalui Akun Sosial Media

Di beberapa negara, pengawasan melalui akun media sosial yang dilakukan oleh lembaga pemerintah terkait tidak memerlukan surat perintah untuk dapat mengakses akun sosial media milik masyarakatnya. Seperti yang terjadi di Inggris, dimana pemerintah bahkan dapat melihat pesan pribadi di akun media sosial kamu.

Tak hanya di Inggris, di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan lain sebagainya juga mengawasi kehidupan kita melalui akun media sosial.

Akhir Kata …

Nah, itulah sedikit ulasan yang mungkin digunakan teknologi untuk mengawasi kehidupan kita sehari-hari. Pada kenyataannya dimana kita masih menggunakan gadget seperti laptop, smartphone atau sejenisnya pada saat yang sama kita juga sudah dalam pengawasan. Entah itu pengawasan yang dilakukan pihak aplikasi ketiga atau mungkin juga sudah diawasi oleh pemerintah kita.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Sumber:
– https://merdeka.com (di akses pada 14/09/2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.