5 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terhubung ke WiFi Paling Ampuh

Mengatasi Android Tidak Bisa Terhubung ke WiFi – WiFi sudah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk saat ini. Hampir setiap café, restoran atau warung kopi selalu menyediakan layanan wifi gratis. Dengan adanya fasilitas wifi gratis tersebut tentunya akan sangat membantu kita dalam berinternet ria tanpa harus khawatir akan kebocoran kuota.

Meskipun ada fasilitas WiFi gratis, sayangnya kita masih sering mendapati suatu kendala. Misal seperti smartphone Android tidak bisa terhubung ke WiFi gratis yang telah disediakan. Tentunya hal seperti ini akan membuat kamu cukup kerepotan, dan kamu akan berpikir bahwa smartphone yang kamu gunakan sedang bermasalah. Apabila Android tidak bisa terhubung ke WiFi bukan karena smartphone kamu yang bermasalah, karena biasanya Android kamu masih dapat tersambung dengan jaringan WiFi yang lain.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi WiFi di Laptop Hilang

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, dengan sedikit ulasan dari artikel singkat ini kita akan mencari cara untuk mengatasi android tidak bisa terhubung ke WiFi. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasan berikut ini!

 

Penyebab Android Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

Sebelum lebih lanjut membahas tentang bagaimana cara untuk mengatasi Android yang tidak dapat terhubung ke WiFi, terlebih dahulu ketahui beberapa penyebabnya. Setidaknya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab WiFi tidak dapat terhubung pada Android, diantaranya seperti:

  • Jarak router WiFi yang terlalu jauh dari android kamu, sehingga membuat jaringan WiFi tersebut tidak dapat terjangkau dan mengalami penerimaan koneksi yang buruk.
  • Waktu atau tanggal pada android kamu tidak sesuai.
  • Terdapat cache yang menumpuk pada android kamu, sehingga membuat koneksi WiFi pada hp menjadi terganggu.

 

Mengatasi Android Tidak Bisa Terhubung ke WiFi

Setelah kamu mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab Android tidak bisa terhubung ke WiFi, maka sekarang kita dapat melakukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk cara-caranya, adalah sebagai berikut:

 

1. Lakukan Pengaturan Waktu & Tanggal

Apabila android kamu tidak dapat tersambung dengan WiFi, mungkin salah satu alasannya karena waktu & tanggal pada hp kamu tidak sesuai. Maka dari itu coba untuk menyesuaikan pengaturan waktu tersebut agar sesuai dengan waktu saat ini.

Untuk langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan (Setelan),
  • Kemudian masuk pada Setelan Tambahan (untuk hp Xiaomi) atau Pengaturan Lanjutan,
  • Lalu, masuk ke pengaturan Tanggal & Waktu, kemudian centang Tanggal & waktu otomatis.

Setelah itu, maka android kamu akan menyesuaikan waktu secara otomatis. Selanjutnya coba untuk menghubungkan kembali WiFi di Android seperti biasanya.

 

2. Hapus Cache pada Android

Adakalanya kondisi WiFi sudah terhubung pada android kamu, akan tetapi koneksi internet tidak tersedia. Kondisi seperti ini biasanya terjadi akibat cache pada android kamu mengalami penumpukan sehingga mengganggu kinerja android kamu. Maka dari itu, segeralah untuk menghapus cache tersebut agar tidak mengganggu kinerja serta performa android.

Untuk menghapusnya kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih yang biasanya sudah disediakan oleh vendor android kamu. Lakukan pembersihan tersebut secara berkala, agar performa android kamu tetap terjaga.

 

3. Gunakan Fitur “Lupakan Jaringan” pada WiFi

Kamu terbiasa menggunakan fasilitas WiFi umum, tapi tiba-tiba suatu hari WiFi tersebut tidak dapat digunakan pada android kamu? Ada kemungkinan WiFi tersebut melakukan pengaturan ulang atau mengubah passwordnya. Cara mengatasinya agar Android bisa terhubung kembali pada jaringan WiFi tersebut, kamu dapat menggunakan fitur “lupakan jaringan” pada android kamu.

Langkah-langkahnya:

  • Setelah WiFi pada android kamu menyala, tekan dan tahan pada ikon WiFi yang terdapat pada status bar android kamu, atau kamu juga dapat melakukannya dengan membuka menu Setting kemudian
  • Setelah itu ketuk pada WiFi yang ingin kamu sambungkan, kemudian klik Lupakan.
  • Selanjutnya, matikan WiFi kemudian nyalakan kembali.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas kamu dapat mencoba kembali menghubungkan android kamu ke WiFi.

 

4. Matikan Antivirus pada Android

Menggunakan aplikasi antivirus memang cukup berguna untuk menangkal android dari serangan malware dan virus. Namun, terkadang ada juga aplikasi antivirus yang justru membuat jaringan internet WiFi tidak dapat dikenali. Hal ini tentunya akan membuat WiFi yang tersimpan pada android kamu malah tidak dapat terhubung.

Jika android tersebut terdapat aplikasi antivirus bawaan, alangkah lebih baiknya cukup menggunakan aplikasi bawaan tersebut. Namun, jika kamu menggunakan atau menginstall aplikasi antivirus lain, cobalah untuk menonaktifkan atau menghapusnya.

Setelah selesai menonaktifkan antivirus tersebut cobalah untuk menghubungkan WiFi seperti biasanya.

 

5. Lakukan Factory Reset Hp

Jika cara-cara sebelumnya masih belum dapat mengatasi android tidak bisa terhubung ke WiFi, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan factory reset. Ada kemungkinan terjadi error pada sistem android sehingga membuat android tidak bisa terhubung ke WiFi, maka dari itu kamu perlu mengembalikannya ke setelan awal pabrik.

Untuk melakukannya, yakni:

  • Matikan terlebih android kamu, kemudian nyalakan dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume Up/Down selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol apabila sudah muncul tampilan di layar.
  • Maka kamu akan dibawa ke halaman Recovery Mode.
  • Masuk ke opsi Wipe Data.
  • Kemudian pilih Yes, Wipe All Data.
  • Selanjutnya pilih Reboot System Now.

Perlu diperhatikan, saat kamu melakukan factory reset maka seluruh data yang terdapat pada ponsel android kamu akan terhapus dan kembali seperti pertama kali membeli.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh 2021

 

Akhir Kata …

Demikian ulasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi Android tidak bisa terhubung ke WiFi paling ampuh.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.465 kali

Satu pemikiran pada “5 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terhubung ke WiFi Paling Ampuh”

  1. Ping-balik: 6 Tips Menjaga Privasi Di Internet Dengan Mudah » BeriTanda.ID

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.