5 Cara‌ Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Telepon Terbukti Ampuh

Xiaomi Tidak Bisa Telepon – Jika Anda mencari smartphone android murah yang bagus, HP Xiaomi bisa dijadikan pilihan paling tepat. Sudah menjadi rahasia umum kalau HP dari Xiaomi menjadi yang paling murah dibandingkan HP dari brand lainnya. Selain murah, HP Xiaomi juga dibekali dengan spesifikasi yang tinggi sehingga menghasilkan performa kinerja yang mumpuni.

Meski demikian, ada saatnya HP Xiaomi mengalami error atau kerusakan, baik pada sistem perangkat lunak maupun hardwarenya. Salah satu error yang dialami pengguna Xiaomi yakni HP Xiaomi yang tidak bisa digunakan untuk menelpon. Lantas, bagaimana cara mengatasi Xiaomi tidak bisa telepon tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

 

Cara Mengatasi Xiaomi Tidak Bisa Telepon Paling Ampuh

Sangat mudah sebenarnya untuk mengatasi menu Panggilan atau Telepon di Xiaomi yang tidak bisa digunakan. Hanya saja, sebagian pengguna Xiaomi masih ada yang belum mengetahui cara tersebut. Adapun cara memperbaiki masalah Xiaomi tidak bisa telepon selengkapnya, sebagai berikut:

 

1. Restart HP Xiaomi

Jika HP Xioami milik Anda tidak bisa digunakan untuk menelpon, cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart. Cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error ringan pada HP, termasuk HP yang tidak bisa digunakan menelpon. 

Selain itu, performa HP juga akan lebih cepat dan lancar setelah dilakukan restart tersebut. Pasalnya, semua data yang tersimpan sementara di RAM akan dihapus secara permanen.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh 2021

 

2. Mengaktifkan Mode Pesawat

Mungkin saja HP Xiaomi yang tidak bisa menelpon tersebut terjadi akibat sinyal yang buruk atau bermasalah. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan fitur Mode Pesawat atau AirPlane Mode untuk memperbaikinya. Tinggal Anda hidupkan saja fitur Mode Pesawat tersebut di HP Xiaomi.

Tunggu beberapa saat, kemudian matikan lagi Mode Pesawat tersebut. Sinyal pada HP Xiaomi akan direstart dan diperbarui. Dengan cara ini biasanya sinyal jaringan di Xiaomi akan kembali normal.

Setelah jaringan normal, coba telepon menggunakan hp milik oranng lain. Seharusnya metode ini sudah cukup untuk mengatasi permasalahan.

 

3. Menghapus Cache dan Data Aplikasi Telepon

Cara lain untuk mengatasi masalah Xiaomi tidak bisa telepon yakni dengan menghapus cache dan data pada menu Telepon atau Panggilan. Mungkin saja file cache dan data yang menumpuk menjadi penyebab error pada HP tersebut.

Untuk langkah-langkah menghapus file cache dan data aplikasi Telepon di Xiaomi, yakni:

  • Pertama Anda buka menu Settings atau Setelan
  • Kemudian masuk ke opsi System Apps, lalu pilih Semua Aplikasi.
  • Cari dan klik pada aplikasi Telepon atau Panggilan. 
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan. 
  • Selanjutnya Anda klik tombol Hapus Cache.
  • Jika sudah, lanjut dengan klik pada tombol Hapus Data.

Data yang terhapus akan membersihkan berbagai macam masalah error, seperti ponsel yang selalu gagal ditelepon. 

 

4. Update OS Android ke Versi Terbaru

Error pada HP android, khususnya Xiaomi juga bisa terjadi karena Anda belum mengupdate sistem operasi android ke versi terbaru. Anda perlu mengecek apakah ada versi OS Android atau ROM MIUI terbaru di Xiaomi milikmu. Jika memang ada, maka Anda harus download dan menginstal versi OS terbaru tersebut.

Untuk cara pengecekannya sendiri sangat mudah, yakni dengan masuk ke menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Pembaruan Sistem >> Periksa Pembaruan. Jika memang tersedia versi OS terbaru, maka Anda bisa langsung menginstalnya.

Mengingat update OS membutuhkan waktu relatif lama dan kuota besar, disarankan melakukannya ketika baterai penuh dan menggunakan jaringan WiFi. 

 

5. Reset HP Xiaomi

Cara yang terakhir untuk mengatasi masalah error berat pada Xiaomi, khususnya masalah Xiaomi tidak bisa telepon yakni dengan melakukan reset. Cara ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik sehingga semua data di memori internal akan dihapus secara permanen. 

Untuk langkah-langkah reset HP Xioami tersebut yakni dengan masuk ke menu Settings >> Additional Settings >> Backup dan Reset >> Factory Reset.

Factory Reset membuat ponsel seperti baru, sehingga tidak ada masalah error apapun didalamnya.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Cepat

 

Akhir Kata …

Itu tadi beberapa cara mengatasi HP Xiaomi tidak bisa telepon yang paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.560 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.