banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Cara Mudah Mengembalikan Recycle Bin Terhapus Pada Windows 10, 8, 7

  • Bagikan
Mengembalikan Recycle Bin Terhapus Pada Windows
Klik Delete
banner 468x60
BeriTanda.ID – Mungkin kamu pernah mengalami Ikon Recycle Bin terhapus atau menghilang di Windows 7, 8 dan 10. Hal tersebut bakal membuat kamu kesulitan untuk melihat file yang telah terhapus, dan tentunya kamu perlu mengembalikan Recycle Bin terhapus pada windows supaya nantinya dapat melihat file-file yang belum lama terhapus.Nah, pada ulasan ini kita akan membahas sedikit tentang bagaimana cara untuk mengembalikan ikon Recycle Bin yang tidak sengaja terhapus pada desktop windows kamu.

Sebelum kita membahas tentang cara mengembalikannya, alangkah lebih baiknya kalau kita tahu sekilas tentang Recycle Bin itu sendiri.

banner 336x280

 

Apa itu Recycle Bin?

Recycle Bin merupakan sebuah fitur yang terdapat pada Windows yang pertama kali digunakan pada Windows XP hingga pada Windows versi terbaru saat ini.

Recycle Bin sendiri merupakan sebuah tempat atau folder yang digunakan untuk menyimpan file yang telah dihapus sebelumnya. Artinya, Recycle Bin memiliki fungsi untuk menyimpan sementara file yang telah dihapus sebelum terhapus secara permanen.

Jadi, bisa kita asumsikan cara kerjanya sama seperti tempat sampah. Di mana tujuannya agar data yang kita hapus sebelumnya masih dapat dikembalikan lagi. Dan fitur Recycle Bin memang benar-benar seperti tempat sampah, karena file-file yang sudah berada di Recycle bin dalam waktu yang lama akan terhapus dengan otomatis.

Baca Juga: Cara Reset Windows 10 Dengan Mudah Tanpa Mehilangkan Data

 

Cara Mengembalikan Recycle Bin Terhapus pada Windows

Jika kamu masih menggunakan Windows XP, maka selamat karena kamu tidak perlu susah mengembalikannya. Karena pada Windows XP program Recycle Bin sudah tersedia di Start Menu. Namun, pada versi setelahnya Recycle Bin tidak lagi muncul di Start Menu, oleh karena itu kita perlu mengembalikanya agar tampil kembali pada layar desktop.

Ketika ikon Recycle Bin ini hilang, sebenarnya tidak hilang secara permanen, melainkan ada pengaturan yang membuat Recycle Bin ini tidak muncul. Walaupun program ini masih bisa diakses melalui kolom pencarian, tapi rasanya kurang praktis apabila tidak muncul di layar desktop.

Oleh karena itu, berikut ini sedikit ulasan mengenai bagaimana cara memunculkan kembali ikon Recycle Bin yang hilang pada Windows 7, 8 dan 10.

 

1. Mengembalikan Recycle Bin terhapus pada Windows 10

Bagi kamu pengguna Windows 10, mengembalikan Recycle Bin sebenarnya cukup gampang. Kamu hanya perlu mengatur dari icon yang muncul pada desktop. Dimana opsi Recycle Bin tersedia disana.

Langkah-langkahnya:

  1. Klik Start kemudian pilih Setting.
  2. Selanjutnya pilih Personalization lalu masuk ke menu Themes.
  3. Setelah masuk ke pengaturan Themes, selanjutnya kamu buka opsi Desktop Icon Setting yang terletak pada bagian sebelah kanan.
  4. Maka selanjutnya akan tampil jendela baru, centang pada Recycle Bin kemudian klik OK.

Setelah jendela Desktop Icon Setting tertutup sekarang coba cek pada desktop. Harusnya setelah ini ikon Recycle Bin sudah muncul kembali pada desktop kamu. Jika memang belum muncul, coba lakukan restart pada Windows 10 kamu.

 

2. Mengembalikan Recycle Bin terhapus pada Windows 7 dan 8

Cara mengembalikan ikon Recycle Bin terhapus pada Windows 7 dan 8 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Windows 10. Hanya saja bisa dibilang pada Windows 7 dan Windows 8 lebih mudah. Karena tidak perlu melalui menu Setting.

Berikut langkah-langkahnya,

  1. Pada desktop kamu klik kanan, kemudian pilih Personalize.
  2. Selanjutnya klik menu Themes yang ada pada bagian kiri.
  3. Selanjutnya pilih opsi Desktop Icon Setting, maka akan muncul jendela baru.
  4. Sama seperti Windows 10, kamu cukup beri centang pada Recycle Bin kemudian klik Apply.

Silahkan cek pada desktop kamu, maka sekarang ikon Recycle Bin kamu sudah kembali muncul. Jika belum coba lakukan restart pada Windows kamu.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan singkat tentang bagaimana cara mengembalikan ikon Recycle Bin terhapus pada Windows 10, 8, dan 7. Tidak terlalu sulit bukan, dengan begitu kamu tidak perlu bingung lagi saat kamu ingin mengembalikan file yang tidak sengaja kamu hapus.
Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.