Perbedaan CC dan BCC pada Email, Wajib Jangan Sampai Salah!

Perbedaan CC dan BCC – Email adalah salah satu layanan di internet yang berguna untuk melakukan komunikasi layaknya surat menyurat di dunia nyata. Penggunaan email pun hingga saat ini masih sangat penting digunakan. Karena dapat dikatakan mengirim pesan menggunakan email merupakan cara mengirim pesan formal di dunia maya.

Meskipun mengirim pesan menggunakan email sudah sering dilakukan di kehidupan sehari-hari. Namun, tak jarang kita mengabaikan bahkan belum mengerti perbedaan CC dan BCC. Masih banyak yang menganggap penggunaannya tidak begitu penting karena tidak mengetahui fungsi sebenarnya.

Apakah kamu salah satunya? Tak jarang yang sudah lama menggunakan email pun masih belum memahami cara penggunaan CC dan BCC ini. Bahkan ada yang menganggap keduanya, baik itu CC maupun BCC memiliki fungsi yang sama. Nah, agar tidak salah saat menggunakannya, berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan CC dan BCC pada Email.

Apa Itu CC dan BCC?

1. Carbon Copy (CC)

CC atau kependekan dari Carbon Copy, sebenarnya sudah digunakan sejak lama. Bahkan mungkin sebelum adanya teknologi internet. Jadi, singkatnya CC atau Carbon Copy ini bisa dikatakan sebagai salinan surat. Atau jika kamu pernah menggunakan nota kwitansi, salinan yang tercetak di kertas kedua setelah kita menulis nota atau kwitansi.

Nah, sama halnya pada saat kamu menulis email, CC juga digunakan sebagai salinan saat kamu mengirim ke orang lain. Misalnya kamu ingin mengirim email kepada klien, kemudian kamu juga ingin memberitahukan pengiriman email tersebut kepada atasan kamu.

Maka, kamu akan memasukkan alam email klien di kolom email utama (To) dan email atasan kamu di kolom CC. Maka secara otomatis email tersebut akan terkirim di kedua alamat email tersebut. Tapi, klien kamu akan mendapat pesan email asli dan atasan kamu akan mendapatkan salinan nya saja.

2. Blind Carbon Copy (BCC)

Mirip tapi tak sama, meskipun sama-sama sebagai salinan namun perbedaan CC dan BCC terletak pada fungsinya. BCC atau kependekan dari Blind Carbon Copy juga merupakan salinan dari surat email yang asli. Namun, jika kamu memasukkan alamat email pada kolom BCC maka email tersebut tidak akan diketahui oleh penerima lainnya.

Misalnya kamu ingin mengirimkan tugas kuliah kepada dosen pengampu, maka kamu akan memasukkan email dosen pada kolom Kepada (To). Karena dosen kamu adalah penerima utama. Kemudian karena ini tugas kelompok, jadi kamu juga perlu mengirim ke semua anggota kelompok, maka kamu akan memasukkan semua email kelompok kamu ke kolom CC.

Nah, teman satu kost kamu juga ingin meminta salinan tugas tersebut. Maka kamu akan memasukkan email teman kamu ke kolom BCC agar teman kelompok kamu tidak mengetahui pesan email tersebut.

Jadi, perbedaan CC dan BCC terletak sama si penerima. Jika kamu memasukkan banyak email ke kolom CC maka penerima tersebut akan saling mengetahui bahwa kamu mengirim ke semua email tersebut. Namun, jika kamu memasukkan banyak email ke kolom BCC, maka penerima tidak akan saling tahu kalau kamu juga mengirimkan email ke orang lain.

Perbedaan CC dan BCC

Setelah tahu apa itu CC dan BCC, jadi sudah dapat disimpulkan bukan tentang perbedaan antara keduanya. Perbedaan CC dan BCC yaitu terletak pada visibility atau keterlihatan. Sederhananya BCC tidak akan menampilkan penerima lainnya, sedangkan CC akan memperlihatkan seluruh penerima.

Misalkan kamu mengirim email kepada A sebagai penerima utama, B dan C pada kolom CC, serta D dan E pada kolom BCC.
Maka A hanya dapat melihat B dan C sebagai penerima dan tidak dapat melihat D dan E. Sama halnya dengan B dan C yang juga dapat saling mengetahui.
Berbeda dengan D dan E, mereka dapat mengetahui adanya penerima A, B, dan C. Namun, meskipun D dan E sama-sama berada pada kolom BCC, mereka tidak dapat saling mengetahui sama lain sebagai penerima.

Baca Juga:

3 Perbedaan ROM dan RAM pada Android Beserta Fungsinya

Kapan Kita Perlu Menggunakan CC dan BCC?

Dalam penggunaanya CC dan BCC sebenarnya memang cukup rumit terutama buat yang masih awam dalam menggunakan email. Namun, penggunaanya cukup penting dalam sebuah perusahaan maupun lembaga. Maka dari itu mengetahui perbedaan CC dan BCC juga cukup penting.

Secara sederhana dapat kita analogi kan bahwa CC digunakan untuk memberi tembusan kepada pihak terkait. Sedangkan BCC digunakan untuk melampirkan kepada pihak yang tidak terkait secara langsung. Namun, sangat perlu untuk diketahui oleh pihak tersebut.

Skenario sederhanya,

  • Kamu seorang customer service yang mendapat keluhan dari pelanggan, saat membalas email tersebut tentunya kamu akan mencantumkan email pelanggan tersebut pada kolom to sebagai penerima utama.
  • Karena kamu membutuhkan dari tim technical support, maka kamu akan mencantumkan email technical support pada kolom CC. sehingga pelanggan juga dapat mengetahui bahwa ada keterlibatan pada pihak yang terkait.
  • Sedangkan sebagai pemberitahuan, kamu juga perlu melampirkan email tersebut kepada atasan. Karena atasan tidak terlibat secara langsung pada keluhan pelanggan, maka sebaiknya email atasan kita masukkan pada kolom BCC. Agar baik itu penerima utama tidak mengetahui tentang keterlibatannya.

Selain skenario diatas, penggunaan CC dan BCC juga cukup penting untuk memaksimalkan email marketing. Tentunya, dengan memanfaatkan CC dan BCC ini akan lebih terlihat profesional di mata pelanggan kamu.

Akhir Kata …

Meskipun sudah banyak media untuk mengirim pesan, namun karena lebih mengutamakan formalitas maka penggunaan email sampai sekarang sangatlah penting. Bahkan tak jarang juga yang menggunakan email sebagai sarana komunikasi utama. Maka dari itu tentunya fitur-fitur email pun cukup penting untuk kita ketahui.

Nah, itulah perbedaan CC dan BCC yang perlu kamu ketahui agar tidak salah saat menggunakannya.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 741 kali

2 pemikiran pada “Perbedaan CC dan BCC pada Email, Wajib Jangan Sampai Salah!”

  1. Di kerjaan, saya cukup sering sih menggunakan fitur CC & BCC ini, terutama ketika memublikasikan sebuah dokumen baru.

    Menurut saya, sederhananya sih:
    – To : penerima utama
    – CC : pihak terkait
    – BCC : special request 😅

    Bener nggak?

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.