Perbedaan Workbook dan Worksheet di Microsoft Excel

Meskipun sama-sama digunakan untuk membuat dokumen pada Microsoft Excel, Workbook dan Worksheet memiliki fungsi dan pengertian yang berbeda. Keduanya merupakan bagian dari tampilan Microsoft Excel yang berperan penting pada saat kita menggunakan aplikasi ini.

Tidak seperti pada Microsoft Word yang memiliki tampilan berupa lembaran-lembaran. Microsoft Excel digunakan sebagai aplikasi pengolah angka yang dibagi kedalam beberapa bagian. Tiap-tiap bagian tersebut dibagi lagi menjadi bagian-bagian kecil untuk mempermudah kita dalam melakukan pengolahan angka.

Dalam tampilan antar muka Microsoft Excel ini terdapat yang namanya Workbook dan Worksheet. Jadi, apa itu Workbook dan Worksheet? Bagaimana cara kita membedakannya? Berikut ulasan ringkas mengenai perbedaan Workbook dan Worksheet di Microsoft Excel.


Pengertian Workbook dan Worksheet

Sebelumnya kita juga pernah membuat artikel tentang Kekurangan dan Kelebihan Microsoft Excel serta beberapa artikel tentang Microsoft Word. Keduanya merupakan aplikasi Microsoft Office yang memiliki fungsi serta tampilan antarmuka yang berbeda.

Microsoft Word digunakan untuk mengolah dokumen dengan tampilan antar muka berupa lembaran-lembaran seukuran kertas. Sedangkan Microsoft Excel digunakan untuk mengelola angka dengan antar muka Workbook dan Worksheet di dalamnya. Apa pengertiannya?


Apa itu Workbook (Buku Kerja)?

Workbook atau dapat kita sebut juga sebagai Buku kerja merupakan tempat atau area yang kita gunakan untuk melakukan semua aktifitas utama pada Microsoft Excel secara keseluruhan. Yang mana di dalamnya terdapat satu atau lebih Worksheet. Sehingga secara ringkas dapat juga diartikan Workbook adalah sekumpulan dari Worksheet.

Tampilan Workbook adalah Tampilan Excel

Artinya pada saat kita menggunakan aplikasi Microsoft Excel kita sedang membuka satu Workbook yang di dalamnya terdapat bagian-bagian dari Workbook yang disebut sebagai Worksheet.


Apa itu Worksheet (Lembar Kerja)?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Worksheet atau dapat juga disebut sebagai Lembar Kerja merupakan bagian dari Workbook, tempat dimana kita memasukkan sebuah data, membuat tabel dan lain sebagainya.

Worksheet adalah bagian dari Workbook

Jika kita bayangkan Workbook dan Worksheet seperti sebuah buku yang di dalamnya terdapat kertas-kertas. Workbook sebagai buku, sedangkan Worksheet sebagai kertas pada buku tersebut.

Sedangkan pada Worksheet terdapat bagian-bagian kecil lagi yang dimulai dengan nomor baris (row) 1 (satu) dan kolom (column) A. Pada sel-sel tersebutlah yang nantinya dapat kita masukkan data. Data tersebut dapat berupa angka, teks, atau formula. Pada sebuah lembar kerja sendiri dalam Microsoft Excel terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris.


Bekerja Dengan Worksheet di Microsoft Excel

Setelah kamu mengetahui secara sederhana perbedaan Workbook dan Worksheet, berikut ini adalah beberapa cara memulai dengan Worksheet.  Mulai dari menambahkan worksheet, menghapus, mengubah urutan, menyembunyikan, serta mengubah nama pada worksheet.


Cara Menambah Worksheet Baru

Pada saat kita membuat Workbook (Buku Kerja) pada Microsoft Excel biasanya kita sudah diberikan Worksheet satu lembar. Namun, tidak jarang dari kita yang membutuhkan lebih dari satu lembar kerja.

Untuk menambahkan sebuah lembar kerja baru bisa dilakukan dengan cara menekan tanda plus (+) pada bagian bawah, kiri lembar kerja kamu.

Tekan Tanda Plus untuk membuat Worksheet pada bagian bawah

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menambah worksheet baru dapat melalui Tab Home >> Group Cells >> Insert >> Insert Sheet.

Tab Home >> Grup Cell >> Insert >> Insert Sheet

Sedangkan jumlah Worksheet yang dapat kamu tambahkan dalam sebuah workbook tidak terbatas selagi komputer atau laptop kamu mampu untuk menanganinya. Hal ini tergantung dengan spesifikasi laptop atau komputer yang digunakan.


Cara Menghapus Worksheet

Pada beberapa versi Microsoft Excel biasanya juga terdapat 3 (tiga) Worksheet pada saat pertama kali kita membuat Workbook. Maka dari itu, tak jarang dari kita ingin menghapus lembar kerja yang tidak kita butuhkan dan menyisakan lembar kerja sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk menghapusnya sendiri cukup mudah, caranya cukup dengan klik kanan pada nama Worksheet yang ingin kita hapus kemudian klik Delete.

Klik Delete Untuk Menghapus Worksheet

Perlu diperhatikan juga pada saat kamu akan menghapus Worksheet yang sudah kamu masukan data, biasanya akan muncul peringatan bahwa lembar kerja tersebut akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi.


Cara Mengubah Urutan Worksheet

Untuk mengubah posisi urutan pada lembar kerja dapat kita lakukan dengan cara klik dan tahan pada worksheet yang kita ingin pindahkan. Kemudian tarik sampai pada posisi yang kita inginkan. Biasanya saat ingin memindahkan posisi worksheet akan muncul panah kecil yang menunjukan posisi yang kita inginkan.

Cara Mengubah Urutan Worksheet

Cara Menyembunyikan Worksheet

Tidak jarang pada saat kita ingin mengolah data kita ingin menyembunyikan lembar kerja kita. Cara menyembunyikannya sendiri dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada nama Worksheet, kemudian klik Hide.

Cara Menyembunyikan Worksheet di Excel

Sedangkan jika ingin menampilkannya kembali Worksheet yang telah disembunyikan dapat dilakukan dengan cara klik kanan salah satu worksheet pada workbook (bebas), kemudian klik menu Unhide. Maka akan tampi daftar worksheet yang kamu sembunyikan, pilih salah satu yang ingin kamu tampilkan kemudian klik OK.


Cara Mengubah Nama Worksheet

Penamaan pada worksheet secara default adalah Sheet1, Sheet2, Sheet3, dst. Maka dari itu, untuk lebih mempermudah kita saat mengelola angka kita perlu menamai masing-masing worksheet tersebut. Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk mengubah nama pada worksheet.

Pertama bisa kamu lakukan dengan cara klik dua kali pada worksheet yang akan kita ubah, kemudian dapat langsung mengubahnya.

Cara lain juga dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada embar kerja yang mau kia ubah lalu klik menu Rename.

Cara mengubah nama lembar kerja di Microsoft Excel

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan singkat tentang perbedaan Workbook dan Worksheet. Sederhana bukan? Kita dapat menganalogikakan seperti sebuah buku. Di mana pada sebuah buku pasti terdapat sekumpulan kertas-kertas. Maka dapat di artikan Worksheet adalah lembaran kerja pada Microsoft Excel yang digunakan untuk melakukan pekerjaan dalam mengelola angka.

Sedangkan Workbook sendiri dapat kita artikan sebagai sekumpulan dari worksheet yang terdapat pada file Microsoft Excel.

Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 115 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.