7 Tips Mengatasi Kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi Kamera Android Error – Kamera adalah salah satu elemen penting yang wajib ada pada smartphone Android. Banyak pengguna android menjadikan kamera sebagai standar bagus tidaknya sebuah android. Hal ini tentu akan sangat terasa menyebalkan apabila kamera android error atau tidak bisa dibuka.

Nah, oleh sebab itu pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan mengulas tentang penyebab sekaligus mengatasi kamera android error. Karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sebuah android dengan kamera error tentu akan mengurangi nilai dari android itu sendiri. Berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi android error!

 

Penyebab Kamera Android Error

Sebelum kepada langkah-langkah mengatasi kamera android error, tentu akan lebih efektif jika kita mengulas terlebih dahulu tentang penyebab kamera android error itu sendiri. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kamera android error. Antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kerusakan pada Hardware (misal akibat terjatuh);
  • Error pada Software (misal terdapat file yang corrupt pada aplikasi kamera);
  • Aplikasi Unauthorized (tidak adanya pemberian izin akses yang sah ada android terhadap aplikasi kamera);
  • Belum melakukan update pada sistem android;
  • Ruang memori pada android penuh;
  • Akibat dari serangan virus.

Setidaknya beberapa penyebab diatas adalah penyebab yang paling sering terjadi ketika kamera android error.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Polaroid di HP Android Mudah 2021

 

Mengatasi Kamera Android Error

Nah, setelah kita tahu penyebab-penyebab yang membuat kamera android kamu tidak bisa terbuka. Maka selanjutnya kita bisa menentukan langkah-langkah terbaik untuk mengatasi kamera android yang mengalami error.

 

1. Lakukan Restart Pada Android

Langkah paling simpel ketika android kamu mengalami error, cobalah untuk merestart smartphone android kamu. Cara ini tidak hanya berlaku pada kamera yang error, terkadang error-error pada android yang lain juga dapat sukses teratasi dengan melakukan restart.

Terkadang akibat android kamu yang menyala terlalu lama sering membuat sistem sedikit terganggu dan RAM menjadi penuh. Nah, terkadang penuhnya RAM juga mengakibatkan android tidak berjalan dalam kondisi terbaik. Oleh sebab itu, melakukan restart pada android adalah trik jitu untuk membuat android kamu menjadi fresh kembali.

 

2. Lakukan Update Pada Sistem Android

Setiap developer smartphone, tentunya akan terus memperbarui sistem perangkat mereka demi mengatasi bug atau kesalahan pada sistem operasi. Terkadang masalah pada sistem operasi tersebut paling sering membuat aplikasi-aplikasi bawaan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tak terkecuali pada aplikasi kamera bawaan sistem, juga dapat ikut menyumbang error apabila kamu terlambat melakukan update sistem. Maka dari itu, melakukan update pada sistem android kamu adalah langkah wajib yang mesti dilakukan agar smartphone tetap dalam kondisi terbaiknya.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum cara mengupdate sistem pada android:

  1. Masuk menu Setting, kemudian System,
  2. Selanjutnya pilih System Update (Pembaharuan sistem),
  3. Ketuk pada Check for update (Periksa pembaruan).
  4. Lalu, pastikan bahwa android kamu sudah ter up to date.

Jika tidak ada pada menu System, untuk melakukan update system kamu bisa mencarinya ada menu Tentang Telepon.

Setelah melakukan update pastikan untuk melakukan restart terlebih dahulu. Baru setelah itu coba lihat kembali apakah kamera android kamu sudah kembali normal?

 

3. Hapus Cache Data Aplikasi Kamera

Tidak hanya masalah ada system, penuhnya cache pada android juga dapat menjadi salah satu penyebab aplikasi kamera android error. Maka dari itu, lakukan penghapusan cache secara berkala menggunakan aplikasi pembersih.

Apabila kamu ingin melakukan penghapusan cache secara manual pada aplikasi kamera kamu bisa lakukan melalui menu Setting. Kemudian menuju manajer aplikasi dan cari aplikasi kamera. Setelah itu, ketuk pilihan Storage, kemudian pilih clear storage dan clear cache.

 

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Apabila pada bar notifikasi sudah muncul penyimpanan penuh, sebaiknya kosongkan beberapa ruang agar ruang penyimpanan android sedikit lega. Lakukan penghapusan file-file yang dirasa sudah tidak diperlukan dan pastikan selalu berikan sisa ruang penyimpanan pada android minimal 800 MB.

Kenapa harus memberikan sedikit ruang kosong pada memori? Karena pada dasarnya android membutuhkan sedikit ruang untuk menyimpan data sementara ketika kamu membuka sebuah aplikasi. Dengan tidak adanya ruang penyimpanan yang kosong, hal ini justru akan membuat sistem android tidak dapat berjalan dengan normal.

Tentunya hal ini juga bisa menyebabkan error pada aplikasi kamera. Maka dari itu dengan memberikan sedikit ruang pada memori juga dapat mengatasi kamera android error.

 

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara-cara diatas masih belum dapat mengatasi kamera android error, maka kamu bisa mencoba gunakan aplikasi kamera yang dapat di unduh melalui Google Play Store. Apabila dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga kamera dapat berjalan kembali, maka ada kemungkinan aplikasi kamera bawaan mengalami file corrupt.

Hal ini biasa dapat terjadi akibat kesalahan pada saat update atau akibat dari serangan virus.

 

6. Lakukan Factory Reset

Cara-cara diatas tidak dapat mengatasi kamera android error?  Maka sebaiknya kamu melakukan Factory Reset. Atau dengan kata lain mengembalikan sistem android kamu ke setelan pabrik.

 

7. Lakukan Pemeriksaan Hardware

Cara terakhir yang dapat mengatasi kamera android error adalah dengan melakukan pengecekan pada fisik kamera atau hardware android itu sendiri. Jika cara-cara sebelumnya belum juga berhasil, ada kemungkinan jika android kamu mengalami kerusakan pada fisik kamera. Sehingga perlu mengganti dengan kamera yang baru.

Pada tips terakhir ini disarankan untuk dilakukan pada ahlinya ya.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah 7 tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kamera android error atau tidak bisa dibuka. Dengan melakukan semua tips-tips diatas maka kemungkinan besar kamera android kamu dapat digunakan kembali.

Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 778 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.