7 Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas – Kebutuhan akan laptop saat ini bukan lagi sebagai kebutuhan akan barang mewah lagi. Tapi, hari ini laptop sudah beralih menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Maka dari tidak hera rasanya jika hari ini baik itu dari kelas bawah sampai kelas atas tetap membutuhkan laptop.

Hal ini terjadi karena kebutuhan laptop dalam menyelesaikan pekerjan, kebutuhan akan pendidikan, dan lain-lain. Namun, bersamaan dengan itu harga laptop masih dapat dikategorikan mahal. Alih-alih membuat orang menunda membeli laptop, justru banyak dari kita lebih memilih untuk membeli laptop bekas untuk memenuhi kebutuhan.

Sayangnya, membeli laptop bekas tak seindah dan tak semudah kita saat membeli yang baru. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop bekas. Agar dikemudian hari tidak menyesal karena telah salam membeli laptop.

Nah, pada ulasan kali ini kita akan sedikit membahas tentang bagaimana tips sebelum membeli laptop bekas yang sangat wajib kamu lakukan.

 

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas

Ada beberapa unsur yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli laptop bekas. Baik itu kondisi fisik pada laptop itu sendiri maupun kesesuaian performa pada laptop tersebut. Berikut ini adalah 7 tips sebelum membeli laptop bekas:

 

1. Periksa Spesifikasi Laptop

Sebelum melakukan pembelian, tentunya penjual laptop akan memberikan informasi terkait spesifikasi dari laptop yang akan dijual. Seperti processor yang digunakan, ukuran RAM, ukuran Hardisk dan lain sebagainya. Nah, pada saat pengecekan pastikan kamu mencocokan satu persatu antara spesifikasi yang ditawarkan dengan spesifikasi yang sebenarnya.

Selain itu, apabila kamu mendapatkan informasi penjual laptop dari internet (media sosial contohnya), kamu bisa meminta tipe dan merk laptop tersebut. Untuk nantinya bisa kamu searching terlebih dahulu apakah spesifikasi masih sama dengan yang aslinya atau mungkin sudah dirubah oleh si penjual.

Baca juga: 2 Langkah Mudah Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

 

2. Periksa Kondisi Layar Laptop

Layar laptop adalah unsur penting dalam laptop, maka dari itu unsur dari tips sebelum membeli laptop bekas yang paling penting adalah melihat kondisi layar laptop. Periksa dengan teliti baik itu secara fisik maupun secara kemampuannya. Baik itu kecerahannya atau kekurangannya. Seperti terdapat garis pada laptop, cahaya layar berkedip-kedip, atau terdapat titik hitam yang mengganggu.

Hal ini perlu kamu perhatikan, karena melakukan perbaikan layar akan memakan biaya yang cukup besar. Apabila laptop yang ingin kamu beli memiliki layar sentuh, pastikan bahwa layar sentuh tersebut dapat bekerja dengan cukup baik.

 

3. Periksa Kondisi Baterai

Salah satu keunggulan laptop adalah mudahnya dibawa kemana-mana dan dapat melakukan pekerjaan kapanpun. Oleh sebab itu sebelum membeli laptop, kondisi baterai juga merupakan unsur penting dari sebuah laptop. Kamu perlu memeriksa ketahanan baterai laptop yang ingin kamu beli.

Kamu bisa memperkirakan ketahanan baterai dari ikon baterai yang terdapat pada sudut kanan bawah taskbar. Pastikan juga bahwa charger dapat mengisi baterai dengan baik.

 

4. Periksa Keyboard dan Tombol Laptop

Tips sebelum membeli laptop bekas selanjutya adalah memperhatikan kondisi keyboard dan tombol-tombol pada laptop. Pastikan keyboard laptop yang ingin kamu beli dapat berfungsi dengan baik. Periksa juga tombol-tombol laptop, seperti tombol power atau tombol-tombol lain yang terdapat pada laptop.

 

5. Periksa Kondisi Touchpad

Karena poin plus laptop adalah bisa melakukan pekerjaan dengan mudah, jadi pastikan pula bahwa touchpad pada laptop masih dalam keadaan baik. Baik itu pada pengoperasiannya, klik kiri, dan klik kanan pada touchpad.

 

6. Periksa Kesesuaian Nomor Seri Laptop

Apabila kamu mendapatkan kotak laptop saat ingin membeli laptop bekas. Pastikan bahwa nomor seri pada laptop sesuai dengan nomor seri yang terdapat pada kardus. Ini akan sangat membantu apabila laptop masih dalam masa garansi pabrik, agar nantinya apabila ada kerusakan pada laptop kamu masih dapat mengklaim garansi.

 

7. Periksa Kondisi Fisik Laptop

Tips sebelum membeli laptop bekas selanjutnya, periksa kondisi laptop. Periksa apakah ada baret atau kerusakan pada fisik laptop. Meskipun sebagian orang tidak menganggap ini salah satu gangguan. Tapi hal ini juga cukup penting untuk membantu kamu meningkatkan nilai tawar. Tanyakan pula tentang segel laptop, apakah sudah pernah dibongkar atau belum.

 

Akhir Kata …

Nah, demikian ulasan kita tentang bagaimana tips sebelum membeli laptop bekas yang wajib kita ketahui. Supaya nantinya tidak mengalami kerugian karena telah salah dalam membeli. Pastikan selalu perhatikan kondisi dan situasi sebelum membeli alat elektronik.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Sumber:
https://computer.indo-solution.com/ (di akses pada 26/10/2021)

Dilihat 1.403 kali

11 pemikiran pada “7 Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas Yang Perlu Kamu Ketahui”

  1. Terima kasih tipsnya, kebetuln laptop sy lagi rusak dan seperti.y tidak mengapa beli laptop bekas asal masih bagus sesuai dengan tips di atas

    Balas
  2. umumnya memang baterai jadi hal yang harus dilihat saat membeli laptop second. pengalaman dulu beli laptop second taunya batere bocor.

    tapi jangan abaikan mobo ya alias motherboard. kalau sampai mobo nya udah servisan, baiknya jangan dibeli. repot sih ceknya secara harus bongkar case. hehe

    Balas
  3. Keren kak. Terima kasih atas tulisannya. Menjadi referensi kalau cari laptap bekas. Ada rencanan memang beli laptapnamun masih mempertimbangakan dananya. mau yang asli atau secound

    Balas
  4. Bener banget ini tips2nyaa. kemarin aku mau beli laptop bekas juga tapii kalo elektronik gini emang lebih enak ketemuan sih yaa kak

    Balas
  5. Penting banget ini teliti sebelum membeli ya, 7 hal di atas harus diperhatikan kalau mau beli laptop bekas, jangan sampai menyesal setelah membeli karena kurang teliti mengecek kondisinya. Siip Kak tipsnya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.