banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

10 Kode Etik Menggunakan Komputer, Kamu Harus Tahu

  • Bagikan
10 Kode Etik Menggunakan Komputer
Ilustrasi Kode Etik Menggunakan Komputer
banner 468x60

BeriTanda.ID – Seperti yang kita tahu, komputer merupakan perangkat elektronik yang diciptakan untuk mempermudah kita dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Bagi Sebagian orang mungkin masih cukup jarang yang mengetahui Kode Etik Menggunakan Komputer. Sayangnya hal ini cukup penting untuk di ketahui bagi pengguna komputer.

Di era yang serba digital ini, komputer bukan lagi sebuah barang mewah namun sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Hanya saja masih banyak yang belum memahami tentang adanya 10 Kode Etik Menggunakan Komputer. Untuk itu berikut adalah ulasan singkat mengenai etika dalam menggunakan komputer dalam keperluan  sehari-hari.

banner 336x280

 

10 Kode Etik Menggunakan Komputer Yang Wajib Dilakukan

 

1. Tidak Melanggar dan Menggangu Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

Menghargai hasilkarya orang lain merupakan kesadaran para pengguna komputer yang tergolong rendah. Masih banyak dari kita yang masih senang dalam menggunakan program bajakan (illegal). Padahal dalam bidang IT ini merupakan salah satu pelanggaran dari hak kekayaan intelektual (HAKI), karena secara tidak langsung kita tidak menghargai hasil dan jerih payah dari karya seseorang.

2. Tidak Memata-matai atau Menyalin File Orang Lain Tanpa Ijin

Salah satu kode etik dalam menggunakan komputer yang paling sering dilanggar adalah mengintai atau memata-matai dan mengambil data orang lain tanpa ijin dari pemilik. Hal ini tentu dapat merugikan orang lain, terutama mengcopy atau menyalin file milik orang lain yang mungkin menurut pemilik file itu adalah file yang sangat penting.

3. Tidak Menggunakan Komputer Untuk Menyakiti, Membohongi atau Merugikan Orang Lain

Kode etik menggunakan komputer berikutnya tentu sudah jelas apa maksud dari kode etik ini. Sebagai contoh menggunakan komputer yang merugikan orang lain seperti membuat atau menyebarkan virus dengan sengaja, merusak system keamaan, menyakiti atau menghina orang lain melalui media sosial.

4. Tidak Menggunakan Komputer Untuk Memberi Kesaksian Palsu (HOAX)

Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini beria bohong atau hoax banyak sekali bertebaran di media sosial dan situs media berita. Hal seperti ini terjadi karena kurangnya kesadaran dalam kode etik menggunakan komputer. Setelah membaca artikel ini, kita harapkan supaya untuk kedepannya tidak lagi menyebar atau membuat berita hoax atau berita yang memberikan kesaksian palsu.

5. Tidak Menggunakan Komputer Untuk Mencuri

Semakin berkembangnya informasi dan teknologi semakin mempermudahkan kita dalam melakukan sesuatu, tak terkecuali dalam dunia bisnis dan ekonomi. Semakin banyaknya situs belanja online, layanan dompet digital membbuktikan salah satu perkembangan teknologi di bidang ekonomi dan bisnis. Namun, hal tersebut berbanding lurus dengan adanya tingkat kejahatan di bidang teknologi. Seperti pembobolan ATM, kartu kredit atau penipuan dalam transaksi digital merupakan salah satu dari pelanggaran dari kode etik dalam menggunakan komputer.

6. Tidak Menggunakan Komputer Tanpa Sepengetahuan Pemilik

Pada saat kita ingin menggunakan perangkat komputer milik orang lain, ijin kepada pemilik merupakan sebuah kewajiban. Selain itu kita juga harus mengerti batasan dalam menggunakan komputer milik orang lain. Kita tidak diperboehkan mengakses hal-hal yang menyangkut privasi, seperti mengakses server atau pheriperal lain yang terhubung dalam jaringan komputer tanpa seijin dari administrator.

7. Tidak Membuat Program atau Sistem Komputer untuk Tujuan Negatif

Khusus buat kamu yang berprofesi sebagai programmer atau IT Developer, ketika membuat sebuah program atau aplikasi kita wajib mempertimbangkan dampak negative dan positif dari karya kita tersebut. Apabila dirasa lebih banyak dampak negatif, alangkah lebih baiknya untuk tidak dilanjutkan.

8. Tidak Memperjual Belikan Hasil Karya Orang Lain

Banyak sekali pengguna komputer yang gagal paham dengan kode etik yang satu ini. Ketika kita membeli sebuah program atau karya milik orang lain sudah sewajibnya bagi kita untuk menjaga program tersebut dan tidak di jual Kembali. Sebagai contoh, missal kita membeli sebuah template website atau blog, tentu kita tidak diperbolehkan untuk menjualnya kembali. Walaupun template tersebut sudah milik kita, namun hak cipta masih milik pembuat template tersebut.

9. Mempertimbangkan Baik dan Buruknya dalam Menggunakan Komputer

Asalkaan itu tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain kode etik menggunakan komputer yang satu ini sudah kamu lakukan.

10. Melakukan Pembajakan Program Komputer

Banyak dari kita yang sudah mengetahui bahwa softwere atau aplikasi yang kita gunakan pada komputer kita adalah softwere bajakan. Namun, masih tetap banyak dari kita yang menyebar luaskan dengan cara menduplikat untuk dapat digunakan oleh orang lain. Secara tidak langsung kita sudah melanggar kode etik menggunakan komputer dalam menggunakan komputer dengan cara menggunakan softwere bajakan tersebut.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan singkat dari 10 Kode Etik Menggunakan Komputer yang wajib kita tahu. Semoga dapat memberikan gambaran dan manfaat bagi diri kita.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.