3 Perbedaan Kualitas HD dan SD pada Video Yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan Kualitas HD dan SD – Pernahkah kamu mencoba mencari tahu apa itu HD dan SD pada kualitas video atau gambar? Tahukah kamu bahwa terdapat perbedaan kualitas HD dan SD, baik itu dari segi kualitas maupun ukuran file antara keduanya. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan kualitas tersebut.

Hal ini sering kita jumpai saat ingin mendownload sebuah video maupun gambar. Namun, tak jarang dari kita yang belum begitu tahu dan paham antara tipe kedua kualitas tersebut. Dan hanya menganggap bahwa HD hanya lebih besar jika dibandingkan dengan kualitas SD.

Nah, berikut ini kita akan sedikit mengulas tentang perbedaan kualitas HD dan SD pada video maupun gambar. Tak Cuma HD dan SD ada pula selain kedua kualitas ini yang lebih tinggi. Selengkapnya sima ulasan berikut ini.

Baca Juga:

5 Perbedaan SSD dan HDD dari Harga sampai Keunggulan

Apa itu Kualitas HD dan SD?

1. HD (High Definition)

HD merupakan kependekan dari High Definition, adalah sebuah kualitas pada file memiliki resolusi sebesar 720 pixel. Baik itu pada file gambar maupun video. Resolusi HD merupakan resolusi yang saat paling sering digunakan karena memiliki kualitas yang cukup baik namun tetap dalam ukuran yang normal.

Saat ini sudah banyak monitor maupun TV yang mendukung resolusi HD ini. Biasanya monitor yang menggunakan video dengan kualitas HD ini disebut dengan HDTV. Sedangkan untuk ukuran file, HD tentunya lebih besar jika dibandingkan dengan kualitas SD.

2. SD (Standard Definition)

Jika dibandingkan dengan HD tentunya SD memiliki kualitas yang lebih rendah. SD adalah kependekan dari Standard Definition yang juga merupakan kualitas urutan terendah jika dibandingkan dengan deretan kualitas yang lainnya. Video atau gambar SD memiliki kualitas 480 pixel. Resolusi SD sendiri saat ini semakin jarang digunakan, baik itu pada monitor atau TV.

Namun, biasanya dijadikan rekomendasi ketika ingin mendownload video dengan ukuran file rendah tapi dengan kualitas yang cukup baik. Jika dibandingkan dengan kualitas HD, kualitas SD memiliki ketajaman warna yang kurang. Maka tak heran jika ukuran file lebih rendah jika dibandingkan dengan kualitas diatasnya.

Perbedaan Kualitas HD dan SD

Berdasarkan dari pengertian kedua jenis kualitas diatas, dapat kita simpulkan perbedaan kualitas HD dan SD, yakni:

  1. Ukuran File
    Pada ukuran file HD memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan file dengan kualitas SD.
  2. Ukuran Pixel
    Pada kualitas HD, ukuran pixel yang digunakan adalah 720 pixel. Sedangkan pada kualitas SD menggunakan ukuran pixel yang lebih rendah, yakni 480 pixel.
  3. Kualitas File
    Jika dilihat baik dari ukuran file maupun pixel, tentunya dapat kita ketahui bahwa kualitas HD memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan kualitas SD.

Baca Juga:

Perbedaan Port USB 2.0 dengan USB 3.0 Yang Wajib Diketahui

FHD, UHD, dan 4K

Selain HD dan SD, juga terdapat beberapa jenis kualitas lain yakni FHD (Ful High Defition), UHD (Ultra High Definition), dan 4K. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. FHD (Full High Definition)

FHD atau kependekan dari Full High Definition merupakan kualitas video ataupun gambar yang lebih tinggi yang menggunakan kualitas HD. Pada FHD gambar maupun video memiliki kualitas yang sangat bagus dan memiliki resolusi sebesar 1080 pixel.

2. UHD (Ultra High Definition)

UHD atau Ultra High Definition memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan FHD. Pada tampilan gambar FHD pun akan terlihat lebih nyata. UHD memiliki kualitas dengan resolusi sebesar 2160 pixel dan memiliki frame rate yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan HD. Ukuran resolusinya pun cukup tinggi yakni sekitar dua kali FHD, sehingga biasa juga disebut sebagai Quad HD.

3. 4K

Kualitas 4K merupakan hasil pengembangan dari UHD. Pada dasarnya memiliki kualitas yang sama dengan UHD. Namun memiliki resolusi yang sedikit berbeda. Jika pada UHD biasa menggunakan resolusi 3840 x 2160 pixel, maka pada kualitas 4k memiliki resolusi 4096 x 2160 pixel.

Akhir Kata …

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan kualitas HD dan SD serta kualitas FHD, UHD, dan 4K yang harus kamu ketahui.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.344 kali

21 pemikiran pada “3 Perbedaan Kualitas HD dan SD pada Video Yang Harus Kamu Tahu”

  1. tapi sepengalaman saya kalau buat youtuber atau blogger masih banyak yang prefer SD demi ukuran yang lebih ringkas biar loading page time lebih irit.

    Balas
  2. sekarang lebih banyak yang menggunakan kualitas HD yaa.. tentu aja sih karena gambarnya lebih jernih dan tajam. Apalagi era sosmed gini, orang2 berlomba2 bikin konten, pasti pinginnya yang kialitas tinggi..

    Balas
  3. Wah, pembahasan yang lengkap dan menarik mengenai resolusi video atau gambar.

    Keren Kak, kalau saya biasanya untuk download Video gunakan resolusi 360p aja, soalnya lebih hemat penyimpanan dan gambar juga cukup baik, juga ini resolusi kalau Teddy ingin nonton Anime Series, kalau Movie, biasanya Teddy Download yang 480p Kak, agar jadi lebih tajam aja warnanya.

    Terima Kasih telah berbagi Kak.

    Balas
  4. Aku banget nih yang ga tau perbedaan hd dan sd. Kalau mau download video pasti milih ukuran yang kecil. Sip deh mulai sekarang milih yang kualitasnya enak ditonton yaitu hd.

    Balas
  5. Pantas kalau nonton film dengan kualitas UHD atau 4k itu rasanya memuaskan banget di mata.. ternyata memang resolusinya sangat tinggi. Cuma jadi lebih boros kuota internet.

    Balas
  6. Jadi lebih tercerahkan pengetahuan masalah kualitas video. Selama ini kalau saya, selain pertimbangan kualitas pasti juga harus memperhatikan ukuran file.

    Balas
  7. Nah aku baru tahu nie tentang Hd dan SD. Selama ini cuma nurut paksu aja, apa kata suami ya udah aku ngikut aja. Lewat artikel ini aku banyak dapat informasi baru tentang HD dan SD.

    Balas
  8. wah menarik informasinya, simpel dan informatif bagi yang awam tentang kualitas resolusi video/gambar, terima kasih…

    Balas
  9. Karena kegiatan merekam dan bikin video hingga saat ini masih menggunakan hp. Maka saya harus puas dengan hasil FHD. Itupun sudah ciamik kak resolusinya

    Balas
  10. Alhamdulillah makin banyak ilmu nih soale kemarin” sy tuh nggak tahu SD dan HD dengan detail, tahu.y ya HD resolusi.y bagus, itu aja

    Balas
  11. Baca ini dapat ilmu, saya selama ini enggak paham yang seperti ini, walau sering dengar kata HD dan SD. Oo, dari segi kualitas HD lebih unggul ya Mas, walau SD masih sering digunakan juga karena lebih hemat ya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.