banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

4 Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

  • Bagikan
Cara Mudah Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala
Blank
banner 468x60
BeriTanda.ID – Komputer atau laptop di zaman yang serba teknologi menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi kita saat ini. Dalam penggunaannya tentu akan banyak sekali mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling membuat pusing adalah laptop tidak mau menyala.Kamu juga mengalami masalah yang satu ini? Tenang, jangan panik karena pada ulasan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara untuk mengatasi komputer atau laptop tidak mau menyala.

Sebelum lebih jauh tentang bagaimana cara memperbaikinya, alangkah lebih baiknya kita tahu terlebih dahulu ciri-ciri dari laptop tidak menyala ini. Karena dengan tahunya ciri-ciri tersebut kamu bisa tahu langkah apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

banner 336x280

 

Masalah-masalah Laptop Tidak Mau Menyala

Kasus laptop atau komputer yang tidak mau menyala sebenarnya cukup jarang terjadi. Hanya saja kebanyakan jika masalah yang satu ini terjadi perlu ditangani dengan serius.

Karena biasanya, jika laptop tidak mau menyala akan sedikit memakan waktu dalam memperbaikinya tergantung pada kondisi laptop kamu.

Nah, kondisi-kondisi seperti apa yang dimaksud dari tidak mau menyalanya laptop? berikut beberapa kondisi yang sering dialami pengguna komputer atau laptop yang tidak mau menyala:

  1. Komputer atau laptop mati total atau tidak menyala sama sekali (tidak ada tanda-tanda kehidupan).
  2. Komputer atau laptop menyala, tapi tidak ada muncul gambar sama sekali pada layar monitor.
  3. Komputer atau laptop menyala, tapi kondisi layar monitor blank.
  4. Komputer atau laptop tidak bisa booting (gagal booting).
  5. Komputer atau laptop memunculkan pesan error saat booting.
  6. Komputer atau laptop mengalami stuck atau freeze pada saat booting.

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Setelah kita tahu beberapa kondisi laptop yang tidak mau menyala, maka setelah ini kita akan bahas satu persatu penyebab sekaligus cara mengatasinya.

1. Laptop Tidak Menyala Sama Sekali (Mati Total)

Ciri-ciri utama dari kondisi yang pertama ini adalah tidak adanya tanda-tanda kehidupan. Baik itu monitor yang tidak menyala, lampu indikator serta kipas tidak menunjukan adanya tanda-tanda kehidupan.

Kondisi seperti ini biasa terjadi karena beberapa sebab, seperti:

  • Kabel power rusak
  • Baterai sudah tidak berfungsi
  • Motherboard rusak.

Untuk cara mengatasinya,

  1. Coba ganti kabel power dengan yang baru, karena bisa jadi ada kerusakan pada kabel power tersebut.
  2. Jika kondisi kerusakan ada pada baterai, coba pasang charger laptop kamu. Kemudian coba untuk menghidupkan kembali laptop.
  3. Meskipun kondisi ini cukup jarang, motherboard yang mengalami kerusakan tentu akan membuat laptop kamu mati total. Solusinya bisa dengan mengganti motherboard atau coba bawa kepada teknisi yang menurut kamu terpercaya.

Baca Juga: Berikut 6 Ciri-ciri Motherboard Rusak 

 

2. Laptop Menyala, Tapi Tidak Menampilkan Gambar Sama Sekali

Pada saat kamu menyalakan laptop masih terdengar suara kipas yang berputar? Hal ini menandakan bahwa komputer atau laptop kamu masih dalam kondisi hidup. Tapi pada layar monitor tidak muncul apa-apa. Nah, mungkin salah satu penyebabnya ada di bawah ini.

  • Kartu Grafis rusak.

Nah, coba lakukan hal-hal berikut untuk mengatasinya,

  1. Pastikan bahwa VGA kamu dalam kondisi baik atau tidak ada kerusakan. Pada kasus komputer biasanya juga dapat terjadi akibat kabel konektor ke VGA yang mengalami kerusakan, maka coba untuk mengganti kabel konektor antara VGA ke komputer jika rusak.

 

3. Laptop Menyala, Tapi Monitor Blank

Berbeda dengan kondisi sebelumnya, pada kondisi ini monitor tidak benar-benar mati. Namun, monitor masih menyala, hanya saja mengalami blank atau muncul layar hitam. Nah, mungkin salah satu penyebabnya gara-gara ini.

  • Laptop kotor berlebihan
  • RAM rusak
  • BIOS corrupt

Nah, coba lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya,

  1. Coba bersihkan komputer atau laptop kamu. Lakukan pembersihan secara berkala dan lakukan dengan hati-hati. Jika dirasa kurang berani untuk membersihkannya, coba untuk meminta tolong kepada ahlinya.
  2. Coba cabut RAM dari socket, kemudian coba bersihkan kuningan menggunakan penghapus.
  3. Jika pada laptop kamu mempunyai dua slot RAM coba pasang satu-persatu secara bergantian. Kemudian nyalakan laptop kamu, jika menyala artinya kerusakan ada pada RAM kamu.
  4. Lakukan reflashing pada BIOS laptop kamu.

 

4. Laptop Menyala, Tapi Tidak Bisa Booting

Komputer atau laptop berhasil melewati layar BIOS, namun tidak dapat melanjutkan proses booting dengan normal. Umumnya disebabkan hal-hal berikut ini.

  • Kesalahan pada sistem operasi Windows
  • Hardisk bermasalah

Nah, cara mengatasinya cukup mudah.

  1. Coba untuk melakukan install ulang Windows, dengan mengganti sistem yang baru kondisi kesalahan pada Windows tentu akan dapat teratasi.
  2. Jika setelah melakukan install ulang namun masalah belum juga teratasi, coba dengan menggunakan hardisk baru. Biasanya ini terjadi karena hardisk sudah lemah atau mengalami bad sector.

 Baca Juga: 5 Perbedaan SSD dan HDD dari Harga sampai Keunggulan

 

Akhir Kata …

Demikian ulasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi laptop tidak mau menyala. Pada umumnya, kondisi laptop tidak mau menyala sudah dijelaskan secara singkat diatas. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya kerusakan pada perangkat keras lainnya yang menyebabkan laptop tidak mau menyala.

Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.