3 Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s, Mudah dan Anti Ribet

Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s – Sama halnya seperti perangkat Android yang ada di pasaran Samsung Galaxy A03s juga terdapat fitur screenshot. Di mana dengan fitur ini kamu bisa menangkap atau mengambil gambar tampilan layar Android kamu. Sama halnya dengan Samsung A12, cara screenshot Samsung Galaxy A03s juga tidak jauh berbeda.

Fitur screenshot pada smartphone besutan Samsung ini sebenarnya bukan hal yang baru lagi. Namun, sampai saat ini masih banyak sebagian dari kita yang belum tahu cara screenshot Samsung. Apalagi ditambah dengan kecanggihan Samsung yang menyediakan beberapa cara untuk mengambil screenshot. Jadi menambah kebingungan kita bukan.

Nah, berikut ini adalah pembahasan singkat tentang bagaimana cara screenshot Samsung Galaxy A03s dengan mudah dan pastinya anti ribet. Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mengambil screenshot tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga:


Cara Screenshot Samsung Galaxy A03s

Fitur screenshot memang merupakan salah satu fitur yang wajib ada untuk perangkat Android di masa seperti sekarang. Dengan adanya fitur ini, kita dapat memanfaatkannya untuk mengabadikan berbagai hal yang cukup penting pada layar Android.

Ada berbagai cara untuk mengambil screenshot Samsung Galaxy A03s, kamu bisa menggunakan tombol fisik, panel Edge, atau fitur screenshot panjang. Nah, berikut ulasan satu persatunya:


1. Screenshot Samsung Galaxy A03s dengan Tombol Fisik

Sama seperti cara screenshot Android pada umumnya, kamu juga bisa mengambil screenshot di Samsung A03s ini dengan menggunakan tombol fisik. Cara ini adalah cara termudah dan tercepat yang bisa kita lakukan. Karena cukup tekan, maka gambar sudah pasti tersimpan.

Caranya, kamu cukup menekan secara bersamaan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan. Maka hasilnya sudah pasti langsung tersimpan pada galeri kamu. Ini dia langkahnya:

  1. Pertama, pastikan bahwa Android kamu dalam kondisi sedang menyala. Karena jika dalam kondisi mati screenshot tidak bisa diambil.
  2. Setelah itu, cari dan pilih tampilan layar kamu yang ingin di screenshot.
  3. Tekan tombol Power + Vol Bawah secara bersamaan, sampai terdengar tombol shutter. Maka bersamaan dengan itu, layar akan berkedip dan secara otomatis gambar hasil tangkapan kamu tersimpan di galeri.

Jadi, pastikan sampai layar berkedip ya. Karena beberapa orang gagal mengambil screenshot Samsung Galaxy A03s karena tidak menahan tombol saat ditekan.


2. Screenshot Samsung A03s dengan Panel Edge

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengambil screenshot Samsung Galaxy A03s, kamu bisa menggunakan fitur Panel Edge yang ada pada smartphone Samsung. Panel Edge ini adalah fitur atau menu khusus untuk membuat pintasan aplikasi yang terdapat pada smartphone Samsung.

Berikut cara screenshot dengan Panel Edge:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone Samsung kamu,
  2. Kemudian pilih Tampilan lalu aktifkan fitur Panel Edge,
  3. Setelah aktif, selanjutnya ketuk pada Panel,
  4. Selanjutnya pilih Pilihan Cerdas, lalu geser dari sisi layar ke tengah dan ketuk ikon Ambil Gambar Layar,
  5. Maka sekarang gambar sudah muncul dan dapat dilihat di menu galeri kamu.

Keren nya cara ini kamu tidak lagi membutuhkan tombol fisik jadi bisa kamu lakukan dengan mudah.


3. Screenshot Panjang Samsung Galaxy A03s

Berbeda dengan screenshot biasa, screenshot panjang memungkinkan kamu untuk mengambil tangkapan layar sampai ke bagian bawah layar. Dengan fitur screenshot panjang ini, bisa digunakan untuk screenshot percakapan yang panjang seperti pada WhatsApp ataupun Telegram.

Sayangnya fitur ini belum tersedia pada Samsung Galaxy A03s. maka dari itu untuk mengambil screenshot panjang Samsung Galaxy A03s kamu memerlukan aplikasi tambahan. Apa aplikasi tambahannya? Berikut aplikasi dan langkah-langkahnya:

  1. Install aplikasi LongShot di Play Store kamu,
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian aktifkan Auto Scroll,
  3. Maka setelah itu akan muncul notifikasi perizinan, ketuk OK. Setelah itu kamu akan diarahkan ke menu Aksesibilitas, lalu pilih aktifkan pada LongShot.
  4. Sekarang buka kembali aplikasi LongShot, dan ketuk kamera yang berwarna biru,
  5. Pada saat diminta untuk mengizinkan perekaman maka pilih Mulai Sekarang,
  6. Setelah itu maka pada layar Android kamu akan muncul tombol melayang Mulai dan Cancel,
  7. Pilih tampilan layar yang ingin kamu screenshot panjang, jika sudah ketuk Mulai,
  8. Maka Android amu akan bergulir dengan sendirinya, setelah itu klik Simpan.

Nah, itu cara untuk mengambil screenshot panjang dengan aplikasi. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk semua Android. Jadi tidak Cuma Samsung Galaxy A03s saja, bisa itu Oppo, Xiaomi, Vivo, atau merek-merek lainnya.


Akhir Kata …

Nah, itulah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot Samsung Galaxy A03s. meskipun cara screenshot nya tidak selengkap smartphone Samsung lainnya. Dengan cara di atas kamu tentunya sudah bisa mengambil layar yang kamu inginkan.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 901 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.