banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

5 Tips Terhindar dari Penipuan Melalui WhatsApp

  • Bagikan
Tips Terhindar dari Penipuan Melalui WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp
banner 468x60

BeriTanda.ID – Aksi penipuan memang kerap sering terjadi, modus menang undian atau minta tolong melalui SMS atau telepon sudah kerap terjadi baik sekarang maupun tahun-tahun yang lalu. Seiring perkembangan teknologi dan informasi bahkan kini tak segan-segan penipuan melalui WhatsApp (WA).

Penipuan dapat ditemukan dengan berbagai macam bentuk, baik itu seperti berita bohong atau phising. Selain dari itu ada juga kasus penipuan yang bertujuan untuk mendorong korban melakukan Tindakan ang diinginkan oleh si penipu.

banner 336x280

Hingga secara tidak sadar banyak sudah orang yang berhasil tertipu dengan teknik pishing tersebut. Sembarang klik link atau tautan yang tidak jelas sumbernya. Hal ini dapat beresiko pada pembajakan pada akun hingga penyalahgunaan data pribadi.

Nah, lalu apa-apa saj yang perlu kita perhatikan agar dapat terhindar dari penipuan melalui WhatsApp? Berikut beberapa tips supaya terhindar dari penipuan WA seperti yang di lansir oleh cnnindonesia.com.

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021

 

Tips Terhindar dari Penipuan Melalui WhatsApp

1. Melakukan Verifikasi Dua Langkah

Salah satu fitur yang ditawarkan WhatsApp dalam menjaga dari aksi penipuan di WhatsApp adalah verifikasi dua Langkah. Cara kerja fitur ini adalah dengan mendaftarkan berupa PIN sebanyak enam angka untuk dapat masuk ke akun WA kamu. Selain itu kamu juga dapat menggunakan opsi memasukan alamat email.

Dengan begitu WhatsApp akan meminta kamu untuk memasukan PIN secara berkala. Apabila kamu lupa kode PIN yang telah dibuat, WhatsApp akan mengirimkan enail notifikasi ke alamat email yang telah didaftarkan untuk menyetel ulang PIN. Pastikan juga hindari membagikan atau memberitahukan PIN kamu kepada siapa pun.

Jika kamu merasa tidak meminta menyetel ulang PIN pastikan abaikan jika ada email masuk yang meminta untuk menyetel ulang PIN. Karena bisa saja yang memintanya adalah pelaku penipuan. Seperti seseorang yang sedang berusaha mengakses nomor telepon WA kamu.

Untuk cara mengaktifkan fitur ini caranya cukup mudah yaitu:

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Lalu pilih opsi Akun
  3. Kemudian pilih opsi Verifikasi Dua Langkah
  4. Silahkan ikuti instruksi berikutnya.

 

2. Batasi Pengguna yang Dapat Melihat Profil

Cara kedua untuk menghindari penipuan di WhatsApp adalah dengan melindungi privasi kamu. Salah satu caranya adalah dengan membatasi orang yang dapat meihat profil kamu. WhatsApp juga menyediakan fitur untuk memilih siapa saja yang dapat melihat profil di WA kita.

Untuk cara mengaturnya

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Pilih Akun
  3. Kemudian lanjut ke Privasi
  4. Pilih opsi Kontak Saya

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Privasi di Internet Dengan Mudah

 

3. Blokir dan Laporkan Pesan WhatsApp Tidak Dikenal

Jika menerima sebuah pesan dari nomor yang tidak dikenal denga nisi pesan yang menurut kamu mencurigakan atau memberikan link atau tautan untuk dikunjungi, kamu tidak harus membalas atau membuka tautan tersebut. Bisa kamu abaikan atau juga dapat langsung laporkan dan blokir nomor tersebut.

 

4. Log Out dari WhatsApp Web

Kamu sering menggunakan WhatsApp lewat computer atau laptop? Pastikan jika itu bukan laptop pribadimu keluarkan (Log Out) dari WhatsApp Web. Terlebih jika menggunakan computer umum, karena WhatsApp web di jaringan terbuka atau wifi public lebih rentan terkena hack.

Sebisa mungkin pastikan kamu menghindari menggunakan wifi public Ketika membuka WhatsApp web dan selalu pastikan segera mungkin untuk Log Out setelah selesai menggunakan WhatsApp web.

 

5. Perhatikan Gaya Bahasa dan Tulisan Pesan

Perlu diperhatikan, biasanya penipu selalu menyamar atau berperan seperti orang yang sudah kamu kenal. Atau bisa juga dengan memberikan sebuah kejutan seperti menang undian atau hal-hal yang tidak masuk akal lainnya.

Jika berpura-pura menjadi orang yang kamu kenal dan meminta bantuan seperti transfer uang, perhatikan gaya Bahasa yang dipakai pelaku. Kamu pastinya cukup pahan dengan cara gaya Bahasa teman atau kerabat kamu.

 

Akhir Kata …

Itulah Tips Terhindar dari Penipuan Melalui WhatsApp. Pastikan privasi anda selalu aman, abaikan pesan yang dirasa aneh. Lebih lanjut blokir nomor WA yang menurut kamu cukup mencurigakan.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.