banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

6 Tips Menjaga Privasi di Internet Dengan Mudah

  • Bagikan
6 Tips Menjaga Privasi di Internet
banner 468x60

BeriTanda.ID – Di era yang serba digital ini, data pribadi semakin mudah untuk diakses dan dilihat oleh siapa saja. Menjaga privasi di internet merupakan hal yang wajib dilakukan bagi para peselancar dunia maya. Privasi merupakan suatu yang bersifat penting dan sensitif. Privasi dapat dikatakan penting karena dengan privasi, kita dapat saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan sosial.

Namun, imbas dari perkembangan teknologi iitu sendiri malah membuat privasi sering kali diremehkan. Bahkan tidak jarang pengguna internet yang membiarkan privasi yang bersifat data-data pribadi tersebar secara meluas. Padahal, sebagai seorang individu kita wajib dan memiliki kendali atas data-data yang kita miliki. Agar nantinya tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

banner 336x280

Setiap orang tentu memiliki privasi yang berbeda-beda dan tentunya tidak mau diketahui oleh orang lain. Nah, oleh sebab itu kita perlu menjaga data privasi kita agar tidak tersebar di Internet.

 

Cara Menjaga Privasi di Internet

Kabar baiknya, berikut ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga privasi di internet. Mulai dari menjaga privasi akun sosial media sampai dengan pembuatan sandi yang sulit untuk ditebak.

 

1. Membatasi Pembagian Informasi Pribadi di Media Sosial

Langkah pertama dan wajib buat kamu yang tentunya lebih aktif di media sosial (medsos) adalah menjaga informasi pribadi yang terpublish di media sosial kamu. Artinya, jangan terlalu terbuka dalam membuat postingan serta hindari hal-hal yang bersifat pribadi.

Selain menjaga informasi pribadi di media sosial, kamu juga perlu mengecek keamanan pada akun media sosial kamu. Langkah mudahnya dapat kamu lakukan dengan menggunakan password yang cukup sulit untuk ditebak.

 

2. Hindari Mengupload Foto Dokumen Penting

Pastikan untuk menjaga foto-foto atau gambar yang kamu bagikan. Jangan biarkan foto dokumen yang bersifat pribadi seperti kartu identitas, tiket atau dokumen lainnya ke internet. Karena, bisa jadi data tersebut akan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini cukup terbukti dalam menjaga privasi di internet.

 

3. Hindari Penggunaan WiFi terbuka

Penggunaan WiFi di tempat umum sebenarnya cukup beresiko, karena dapat menyebabkan privasi kamu bocor ke internet. Meskipun cukup jarang terjadi, namun tetap harus ada yang namanya kewaspadaan.

Dengan terkoneksi ke jaringan WiFi yang terbuka, biasanya semua data berupa password dan data lainnya cukup mudah untuk di rekam oleh orang lain yang menggunakan jaringan WiFi sama. Maka dari itu lebih baik untuk mengunakan jaringan internet yang cukup aman dan terpercaya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terhubung ke WiFi Paling Ampuh

 

4. Hindari Pertemanan Dengan Orang Tak Dikenal

Sosial media, memang dapat membantu kamu untuk mencari teman baru. Namun, hal ini juga cukup berbahaya, karena dapat mengarahkan kepada tindakan kriminal.

Oleh sebab itu, selalu memfilter pertemanan kamu kepada orang-orang yang kamu kena atau kamu percayai. Memang, menerima pertemanan pada akun sosial media cukup membuat kita semakin dikenal. Namun, tak jarang akibat menerima pertemanan sembarang orang justru dapat merugikan kita.

 

5. Gunakan Kata Sandi Yang Sulit Ditebak

Penggunaan sandi yang asal-asalan akan mempermudah akun kamu untuk di bobol. Maka dari itu, hindari penggunaan password yang mudah ditebak seperti angka yang berurutan, kosa kata umum, tanggal lahir, dll.

Salah satu agar akun kamu aman dan dapat menjaga privasi di internet, maka gunakan password dengan minimal 8 karakter dan penggunaan kombinasi angka serta huruf untuk memperkuat password.

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021

 

6. Simpan data Akun Email dan Data Pribadi Lainnya Secara Manual

Manual yang dimaksud disini adalah pengunaan yang benar-benar manual. Hindari menyimpan data pribadi kamu pada cloud atau awan seperti Google Drive, OneDrive dan lain-lain.

Alangkah lebih baiknya simpan data-data pribadi tersebut kedalam buku catatan harian kamu. Agar hanya kamu dan orang-orang yang benar-benar kamu ijinkan untuk melihatnya. Tentunya cara ini sedikit membantu kamu dalam menjaga privasi di internet

 

Akhir Kata …

Nah, demikian ulasan singkat tentang bagaimana cara menjaga privasi di internet dengan mudah. Pastikan selalu kamu lakukan langkah-langkah di atas agar data pribadi kamu tidak mengalami kebocoran.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.