Tetap Produktif Dengan 4 Tips Mengatur Waktu Main Game

Mengatur Waktu Main Game – Bermain game adalah sarana termudah untuk mengisi waktu luang, mengistirahatkan otak sejenak dari pekerjaan yang menumpuk atau sebagai hadiah dari usaha kerja kerasmu. Namun, tidak semua orang berpikir demikian. Nyatanya banyak yang mempunyai hobi bermain game akan sedikit lupa waktu.

Tak jarang ketika sudah asik bermain game kita akan mengabaikan kondisi lingkungan sekitar kita. Sampai-sampai asik dengan dunianya sendiri dan lupa waktu. Kebiasaan tersebut tentunya menjadi dampak negatif yang melekat pada setiap gamers. Acuh tak acuh pada sekitar, tak dapat membagi waktu, sampai yang terburuk menjadi antisosial.

Tentunya stigma-stigma tersebut tidak ingin melekat pada dirimu yang hobi bermain game bukan? Oleh sebab itu, agar hari-harimu tetap produktif sudah seharusnya kita dapat mengatur waktu main game agar tidak mendapatkan dampak negatif tersebut.

Bukankah seorang gamers sudah terbiasa dalam mengatur strategi? Strategi dalam mengatur waktu main game tentunya juga dapat menjadi event misi penting yang dapat kamu lakukan sebagai gamers. Nah, berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatur waktu main game agar hari-harimu tetap produktif.

Baca juga: 7 Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui

 

Tips Mengatur Waktu Main Game

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjadi gamers bijak, baik itu seperti disiplin waktu, tetap mengutamakan kewajiban, atau yang lainnya. Nah, setidaknya ada empat tips yang dapat kamu terapkan untuk mengatur waktu bermain game namun tetap menjadi pro player pada game.

 

1. Prioritaskan Kewajiban

Tidak ada salahnya memiliki hobi bermain game. Tapi setidaknya selesaikan dulu kewajibanmu sebelum lanjut memainkan game yang kamu suka. Jangan sampai bermain game malah membuat prioritas kewajiban kamu jadi berantakan.

Kamu yang masih seorang pelajar atau mahasiswa tetap utamakan pendidikan kamu. Tetap disiplin mengulang dan belajar di rumah, mengikuti rapat organisasi, dan tidak lupa untuk mengerjakan tugas. Setelah selesai barulah kamu bisa melanjutkan main game yang kamu suka.

Buat kamu yang sudah bekerja, tentunya akan sangat tidak baik jika kamu mengabaikan pekerjaan hanya demi bermain game. Maka dari itu, fokuskan pada pekerjaan tersebut dan sedikit lupakan perihal bermain game. Karena jika sudah bermain game, bisa jadi kamu kelupaan soal deadline pekerjaan kamu.

Memprioritaskan hal-hal yang penting terlebih dahulu adalah cara yang mesti kamu lakukan untuk mengatur waktu main game. Karena tidak jarang pula akibat mengabaikan pekerjaan malah membuat kamu gelisah dan tidak fokus menyelesaikan misi di dalam game. Maka dari itu, tetap utamakan kewajiban kamu terlebih dahulu agar setelah itu dapat bermain game dengan konsentrasi tinggi.

 

2. Konsisten Terhadap Waktu Saat Main Game

Sama halnya seperti kamu mengambil bonus harian di dalam game. Konsisten terhadap waktu saat main game juga akan membuat waktu bermain game kamu lebih efektif. Tidak baik jika kita sebagai gamers malah bermain game secara terus-menerus sampai terkesan membuang-buang waktu.

Biasakan untuk memberi batasan dalam bermain game. Misal 30 menit setelah pekerjaan selesai atau bermain kam 2 jam sampai 3 jam sehari.  Biasakan untuk tidak bermain game secara berlebihan. Dan tidak mengganggu jadwal-jadwal kamu yang lainnya.

 

3. Jangan Tergoda Dengan Ajakan Teman Kamu

Bermain game bersama teman memang akan lebih asyik ketimbang kamu bermain solo. Tapi tak jarang teman bermain gma kamu mengajak di saat kamu sedang ada kesibukan lain. Maka dari itu, cobalah untuk tidak selalu menerima ajakan teman kamu. Tetap konsisten terhadap waktu main game kamu.

Beritahu teman kamu bahwa sedang ada kesibukan lain, atau beritahu kapan kamu bisa login dalam game. Memang mungkin pada awalnya teman bermain kamu akan menganggap kamu mengabaikan mereka. Tapi pada waktunya mereka akan sedikit dapat memahami dengan cara mengatur waktu main game kamu. Tentunya akan membuat mereka tidak lagi memaksamu main game di luar jadwal kamu.

Menolak ajakan mereka bukan berarti kamu kehilangan waktu bermain game bersama mereka lagi. Jadi, tetap konsisten terhadap waktu dan prioritaskan kewajiban kamu.

 

4. Bermain Game Hanya Reward dari Hasil Kerja Kerasmu

Buatlah sebuah prinsip yang menjadikan game seperti hadiah atas hasil kerja kerasmu. Pada saat kamu sedang sibuk belajar atau bekerja tentunya akan menyita waktu bermain game kamu. Untuk itu, jadikan game sebagai hadiah setelah semua tugas-tugasmu selesai dengan sempurna.

Dengan memantapkan tekad seperti itu, maka kamu akan merasa bermain game akan terasa lebih menyenangkan.

 

Akhir Kata …

Itulah empat tips mengatur waktu main game yang dapat kamu terapkan pada kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang ahli strategi dalam game tentunya tips-tips tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Pastikan selalu mematuhi aturan main game kamu.

Terkhusus juga buat ibu-ibu yang memiliki anak yang hobi bermain game. Sangat wajib memberikan pemahan ini, dan tentunya juga memberikan rekomendasi game online untuk anak-anak. Karena kecanggihan teknologi juga dapat berpengaruh pada mindset anak-anak jika salah memainkan game.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.474 kali

18 pemikiran pada “Tetap Produktif Dengan 4 Tips Mengatur Waktu Main Game”

  1. sebelumnya saya termasuk rutin main game pc sepulang kerja. tapi beberapa minggu lalu anak saya masih balita kepalanya bocor karena jatuh saat ajak saya main. itu saya lagi fokus main game pc.

    sejak itu saya kapok dan intensitas main game saya super berkurang. semoga bisa jadi pelajaran bagi siapapun jangan berlebihan dalam main game. secukupnya saja.

    Balas
  2. Terimakasih atas Tips Mengatur Waktu Main Game nya. Sangat bermanfaat sekali untuk saya yang suka tidak kenal waktu saat main game,,, 🙂

    Balas
  3. wah sangat inspiratif dan bermanfaat bagi yang suka bermain game seperti saya wkwk, saya juga nulis artikel blog tentang game, semoga sukses selalu

    Balas
  4. Main game emang kadang suka bikin lupa waktu banget! Untungnya jenis game yang aku mainin bukan yang ramean sama temen-temen lain, kalo engga bisa-bisa bablas terus untuk main game! Kalo aku pribadi sih biasanya membiasakan main game di weekend aja, kalo di hari kerja takut bablas 😆

    Balas
  5. Ya nih adekku gamer banget yang kadang lupa waktu. Padahal jadwal kuliah daring lagi yang padat banget. Memang sih ya main game juga harus punya waktu sendiri asal ngga berlebihan.

    Balas
  6. Bener banget nih tipsnya, karena saya pernah mengalaminya jaman bahela, main game sampai lupa waktu, IPK turun gara-gara main counter strike di warnet kampus.

    Balas
  7. Nah ini dia, bermain game hanya sebagai reward dari hasil kerja keras. Niatnya sih begitu, tapi kadang keterusan. Dan melenceng dari komitmen.

    Akhirnya waktu main game kadang bisa bikin lupa diri. Tipsnya emang pengingat banget buat aku.

    Balas
  8. Nah ini kayanya mesti saya coba deh, soalnya sampe sekarang saya suka gak bisa ngerem kl udah main game. Gak inget waktuuuu bisa sampe 5 jam sehari wkwkwk makasih kak share-nya~

    Balas
  9. Mengatur waktu memang penting banget kalo emang hobi main game, terutama kalo udha berkeluarga. Kalo enggak, bisa jadi pemicu berantem hehehe

    Balas
  10. Kalau sudah hobi, nggak jarang suka lupa diri ya. Namun itu kembali lagi ke bagaimana kita mengelola waktu kita.

    Work hard, play harder. Artinya, walaupun playingnya kenceng, kerja keras tetap harus dilakukan.

    Setuju?

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.