7 Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui

Manfaat Bermain Game – Stigma negatif tentang bermain game masih sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Anggapan bahwa bermain game hanya sebagai hiburan semata membuat game seakan tidak memberi manfaat. Bahkan tak jarang orang yang tidak sependapat dan tidak memiliki hobi tersebut menganggap hanya buang-buang waktu.

Namun, tahukah kamu bahwa bermain game juga membawa manfaat tersendiri. Bahkan tak jarang orang tidak menyadari manfaat bermain game. Sayangnya manfaat-manfaat tersebut masih jarang dapat dipahami dan jarang diketahui orang. Sehingga tidak heran jika mereka beranggapan tidak ada manfaat bermain game.

Nah, berikut ini adalah manfaat bermain game yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Bahkan mungkin manfaat-manfaat berikut ini dapat kita praktekan di dunia nyata.

 

Manfaat Bermain Game

Semua tindakan, pekerjaan, maupun kebiasaan jika kita bisa melihat dari sisi positifnya mungkin akan dapat membuat orang terkejut. Tak terkecuali dari sisi positif bermain game itu sendiri. Karena dari manfaat bermain game berikut ini pastinya banyak yang tidak menyadari sisi positif tersebut.

 

1. Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris

Aku mendengar dan aku lupakan. Aku melihat dan aku mengingat. Aku melakukan dan aku mengerti. (Konfusius)

Setidaknya seperti itulah ungkapan seorang filsuf yang bernama Konfusius. Sama halnya kebiasaan kita menonton film dengan bahasa Inggris. Dari bermain game juga kita dapat mengasah kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Setidaknya kamu memahami apa yang dibicarakan dalam game tersebut.

Karena seperti yang kita tahu, bahwa hampir setiap game pasti menggunakan bahasa Inggris sehingga terkadang mau tidak mau kita juga harus paham agar bisa menjalankan misi dalam game tersebut. Dari sinilah manfaat bermain game, dari mulai ingin memahami apa yang dibicarakan. Maka tanpa kita sadari kita akan mencari tahu dialog yang berbahasa Inggris tersebut.

 

2. Belajar Mengatur Strategi

Untuk beberapa orang mungkin akan menganggap bermain game itu asal main baku hantam saja. Padahal ada manfaat bermain game yang dimana kita diharuskan untuk mengatur strategi untuk dapat mengalahkan musuh. Tak hanya itu, terkadang kita harus mempertimbangkan kombinasi setiap unit yang kita pakai agar serangan tersebut mampu menghancurkan pertahanan lawan.

Tak hanya dalam bermain game, manfaat kamu belajar mengatur strategi ini juga tentunya cukup dibutuhkan di dunia nyata bukan? Seperti strategi apa dan kombinasi orang yang seperti apa agar kamu dapat menyelesaikan pekerjaanmu dengan cukup efisien.

 

3. Tidak Mudah Menyerah

Jangan cepat puas saat kamu berhasil, jangan mudah menyerah saat kamu gagal, karena semuanya masih dapat berubah.

Itulah ungkapan yang pas untuk para pemain game. Terkadang kita hanya membutuhkan satu kali serangan untuk dapat mengalahkan musuh. Tapi, tidak jarang kita harus berkali-kali mati dan mengulang permainan hanya untuk mengalahkan bos dalam game tersebut.

Belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama adalah salah satu dari manfaat bermain game. Melawan bos dalam game juga membutuhkan semangat dan mental baja. Karena mati, mati, mati, dan mati akan membuat semangatmu semakin membandel dan tidak mudah menyerah.

Tentunya sifat tidak mudah menyerah tak hanya di dalam game saja, tentunya harus kamu manfaatkan pula pada kehidupan nyatamu.

 

4. Menjadi Problem Solver Yang Baik

Kamu yang terbiasa mengatasi masalah dalam game, seperti menyelesaikan puzzle, atau mengatur keuangan dalam game. Tentunya kamu akan mencari cara untuk memecahkan masalah-masalah tersebut. Karena semuanya tergantung keputusanmu dalam permainan untuk memecahkannya. Kebiasaan ini menjadi salah satu manfaat bermain game dalam menyelesaikan masalah dengan cukup baik.

 

5. Meningkatkan Ketangkasan Manual

Game survival yang membutuhkan kemampuan dalam bertahan hidup dan harus menganalisis situasi dan kondisi. Hal ini dapat melatih ketangkasan seseorang dengan apa yang disebut dengan muscle memory. Dimana secara tidak sadar terkadang kamu akan melakukan hal yang sama pada saat berada dalam situasi tertentu dengan ketangkasan tersebut.

Ketangkasan ini juga akan dapat diaplikasikan pada kehidupan nyata. Dimana saat kamu berada pada situasi yang sama maka ketangkasan yang kamu dapat dari bermain game akan kamu gunakan di kehidupan nyatamu.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game

 

6. Belajar Apapun Yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Banyak yang beranggapan bahwa game hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Namun, tak jarang game juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar yang cukup baik. Banyak manfaat bermain game yang kamu dapatkan seperti belajar tata letak kota, manajemen, arsitektur, dll.

Bahkan tidak jarang banyak anak yang lebih cepat tanggap belajar sejarah, hanya karena game yang dimainkan terdapat nama karakter tokoh yang sama. Karena tidak jarang bahwa pembuat game juga menyisipkan konten-konten yang memiliki unsur sejarah.

 

7. Belajar Mengatur Keuangan

Manfaat bermain game selanjutnya ini lebih pada kepribadian masing-masing. Namun, dalam game kamu akan belajar bagaimana kamu harus mengelola aset yang terbatas ini cukup baik. akibat keterbatasan tersebut, kamu akan belajar menggunakannya berdasarkan skala prioritas.

Dalam sebuah game terkhusus RPG, tentunya akan memerlukan equipment yang bagus agar bisa bermain dengan baik. Namun, dengan keterbatasan aset yang kamu miliki tentunya kamu akan menyesuaikan dan secara tidak sadar langsung memperkecil pengeluaran keuanganmu.

Dengan manajemen keuangan inilah, tentunya akan dapat kamu aplikasikan juga di dunia nyata dan pastinya dapat membantu dalam kehidupanmu.

 

Akhir Kata …

Itulah manfaat bermain game yang jarang diketahui banyak orang. Manfaat ini tentunya bukan berarti menjadi alasan kamu untuk selalu bermain game secara terus-menerus. Tentunya kamu juga harus menyeimbangkan, baik itu bermain game, bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.345 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.