10 Cara Ampuh Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game

Android Lag Saat Bermain Game – Bermain game banyak dijadikan kebanyakan orang untuk mengisi waktu luang. Namun, tak jarang dari kebanyakan orang juga menjadikan game sebagai salah satu rutinitas karena hobi atau suatu pekerjaan. Terlebih lagi game yang dapat dimainkan bersama teman kita, baik itu secara offline maupun online.

Namun, tak jarang bermain game justru malah menambah stres akibat game yang kita mainkan mengalami lag, lemot, atau patah-patah. Hal ini biasa juga dibarengi dengan kinerja Android yang semakin lambat. Alhasil malah membuat game yang sedang kita mainkan menjadi kacau.

 

Penyebab Android Lag Saat Bermain Game

Penyebab utama lag pada android biasanya disebabkan karena kinerja SoC (System-on-Chip) yang berlebihan. SoC atau processor yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuan akan membuat respon lebih lambat seperti biasanya. Misal seperti saat kita membuka banyak aplikasi secara bersamaan (multitasking).

Selain karena chipset atau processor yang bekerja secara berlebihan, beberapa kondisi berikut ini juga dapat membuat hp Android lag saat bermain game,

  • Baterai Hp lowbat,
  • Mode penghemat daya hidup,
  • Bermain game sambil mengecas Hp,
  • Game belum terupdate,
  • File sampah dan cache menumpuk,
  • Banyaknya aplikasi yang terinstall pada android,
  • Membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

 

Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masalah utama yang menjadi penyebab android lag saat bermain game akibat dari chipset yang tidak memadai. Tidak cocoknya game dengan spesifikasi hp memang cukup sulit untuk diatasi.

Namun, setidaknya berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk dapat mengatasi lag pada hp kamu saat bermain game.

 

1. Pastikan Bermain Game Saat Baterai Hp Penuh

Beberapa kasus penyebab android lag saat bermain game diakibatkan karena kondisi baterai lowbet. Hal ini diakibatkan kebiasaan pada hp android ketika baterai low akan secara otomatis mengaktifkan mode hemat daya. Sehingga menyebabkan performa hp kamu menjadi turun.

Cara mengatasinya tentunya dengan memastikan bahwa kondisi baterai kamu setidaknya masih tersisa 60% atau lebih agar tidak terjadi lag secara mendadak akibat lowbat. Dan pastikan pula tidak melanjutkan game bersamaan dengan mengecas hp.

 

2. Hindari Bermain Game Sambil Mengisi Daya Hp

Baterai low memang menyebabkan android lag saat bermain game, tapi bermain game sambil mengisi daya juga sama saja dapat menyebabkan lag pada hp kamu. Beberapa perangkat android saat ini akan menurunkan performanya saat sedang mengisi daya, hal ini bertujuan agar pengisian daya menjadi lebih efisien. Oleh sebab itu, selalu pastikan kondisi baterai penuh saat digunakan.

Selain membuat lag pada hp, bermain game sambil mengisi daya juga dapat berpengaruh pada kondisi umur baterai kamu. Karena pada saat mengisi daya dan bermain game secara bersamaan akan mengakibatkan baterai cepat panas dan hal ini akan berpengaruh pada umur elemennya.

 

3. Matikan Mode Hemat Daya

Mengaktifkan mode hemat daya memang sangat membantu agar daya baterai kamu tahan lama. Karena pada saat mengaktifkan mode hemat daya android akan menurunkan pekerjaan chipset untuk mengolah data, sehingga chipset tidak menguras banyak daya baterai pada hp kamu.

Namun, hal ini juga berpengaruh pada performa saat bermain game. Hal ini juga akan menyebabkan android lag saat bermain game. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu matikan sementara mode hemat baterai ini saat ingin bermain game, dan menghidupkannya kembali setelah selesai bermain.

 

4. Update Game

Tidak hanya pada hp kamu, penyebab android lag saat bermain game juga bisa disebabkan karena ada bug pada game yang kamu mainkan. Oleh karena itu, biasanya developer game akan melakukan update pada game tersebut agar pengguna semakin nyaman memainkannya.

Versi game yang sudah tidak kompatibel dengan perangkat kamu menjadi susah untuk digunakan. Jadi, selalu pastikan bahwa game yang kamu sukai selalu terupdate agar tidak mengalami lag saat dimainkan.

 

5. Hapus Aplikasi Tidak Berguna di Android Kamu

Banyaknya aplikasi yang terinstall akan membuat memori internal cepat penuh. Hal ini tidak hanya membuat android lag saat bermain game, tapi juga pada penggunaannya sehari-hari. Oleh sebab itu, pastikan bahwa aplikasi yang terpasang pada smartphone kamu memang benar-benar kamu butuhkan.

Dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak kamu gunakan tentunya akan membuat memori internal semakin lega. Sehingga hal ini juga akan membantu meringankan kinerja android kamu.

 

6. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Smartphone merupakan perangkat yang bekerja menggunakan jaringan internet. Maka dari itu, kondisi internet yang tidak stabil juga akan mengakibatkan performa pada android menurun. Tidak hanya pada game online, bahkan pada game offline pun juga dapat berdampak akibat jaringan internet yang kurang stabil.

Untuk game offline agar tetap lancar dimainkan, kamu dapat mematikan koneksi internet pada android kamu. Hal ini terbukti ampuh mengatasi android lag saat bermain game pada saat jaringan internet tidak stabil.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

 

7. Update Perangkat Lunak

Tidak hanya game saja yang kamu update, perangkat lunak pada android juga perlu melakukan update. Pada umumnya brand hp akan memperbaharui versi perangkat lunaknya. Hal ini bertujuan agar sistem pada perangkat dapat bekerja lebih efisien.

Maka dari itu, dengan melakukan update pada perangkat lunak hp kamu akan bekerja lebih baik dan mungkin juga mendapatkan fitur tambahan baru.

 

8. Turunkan Kualitas Grafik

Terkadang penyebab android lag saat bermain game juga diakibatkan karena performa android yang tidak sesuai dengan game. Hal ini berakibat pada penurunan FPS saat bermain game. Maka dari itu selalu pastikan bahwa hp benar-benar kuat untuk bermain game.

Selain itu, hal ini juga bisa diatasi dengan menurunkan kualitas grafiknya. Menyesuaikan pengaturan grafik dengan kemampuan android terbukti dapat mengatasi lag saat bermain game.

 

9. Bersihkan File Sampah dan Cache pada Android

Menumpuknya file sampah dan cache pada android akan sangat mengganggu dan menurunkan performa dari perangkat android. Oleh sebab itu, segeralah menghapus file sampah dan cache pada android agar performa dapat kembali seperti semula.

Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih yang biasanya sudah disediakan oleh vendor android kamu. Lakukan pembersihan secara berkala agar performa android tetap terjaga dan android tidak lagi mengalami lag saat bermain game.

Baca Juga:4 Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Cepat

 

10. Restart Android Sebelum Bermain Game

Biasanya, smartphone dengan life time (waktu hidup) yang cukup lama akan cukup menyita memori dan kinerja SoC. Hal ini karena ada kemungkinan android menjalankan berbagai macam program pada sistem latar belakang.

Maka dari itu, dengan melakukan restart sistem akan dimulai ulang. Sehingga hal ini membuat smartphone tidak lagi menjalankan program yang tidak perlu.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan singkat tentang bagaimana cara mengatasi android lag pada saat bermain game. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini, seperti yang telah disebutkan diatas.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 728 kali

Satu pemikiran pada “10 Cara Ampuh Mengatasi Android Lag Saat Bermain Game”

  1. Ping-balik: 7 Manfaat Bermain Game Yang Jarang Diketahui » BeriTanda.ID

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.