banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh 2021

  • Bagikan
Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh
banner 468x60

Mengatasi HP Tiba-tiba Mati – Smartphone sudah bisa dibilang sebagai salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan sekarang ini. Bagaimana tidak? Sebagian besar masyarakat modern hampir tidak bisa terlepas dari perangkat smartphone tersebut. Baik itu bagi kalangan anak-anak, remaja, bahkan hingga dewasa. Fungsinya yang fleksibel membuat HP android khususnya bisa membantu berbagai aktivitas harian pengguna.

Sayangnya, terkadang smartphone android mengalami masalah error atau kerusakan. Salah satunya adalah HP tiba-tiba mati dengan sendirinya, padahal kita tidak menekan tombol Powernya. Lantas, bagaimana cara mengatasi HP tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan lagi tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

banner 336x280

 

Penyebab HP Android Tiba-tiba Mati dengan Sendirinya

Sebelum lanjut ke cara untuk mengatasi masalah HP sering mati tiba-tiba, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Adapun penyebab HP android yang tiba-tiba mati tersebut, di antaranya:

  • HP Overheat atau suhunya terlalu panas.
  • Memainkan HP sambil dicharging.
  • Menjalankan beberapa aplikasi dan game secara bersamaan, apalagi game online yang berat.
  • Sistem android mengalami error atau bugs.
  • Baterai habis, bisa juga baterai bocor atau rusak.
  • Penggunaan charger bukan ORI.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Cepat

 

Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab HP tiba-tiba mati di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk caranya sendiri, sebagai berikut:

 

1. Mendiamkan HP Sejenak

Mungkin karena HP terlalu lama dimainkan sehingga membuat suhu panasnya meningkat drastis dan menyebabkan overheat. Pada kondisi ini terkadang membuat kinerja HP tidak normal yang akhirnya membuatnya mati secara tiba-tiba.

Bisa juga karena Anda menjalankan banyak aplikasi dan game secara bersamaan sehingga membuat HP hang dan mati. Mendiamkan HP selama beberapa waktu menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan performanya. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

 

2. Mengecas HP Menggunakan Charger ORI

Kemungkinan lainnya karena daya baterai HP habis dan tidak Anda sadari karena saking asyiknya mengoperasikan HP. HP akhirnya mati dan tidak bisa dihidupkan lagi karena daya baterainya yang sudah habis. 

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda lakukan charging HP tersebut hingga dayanya terisi penuh 100%. Pastikan Anda menggunakan charger ORI atau bawaan HP agar baterainya terisi sempurna dan cepat.

Apabila memang charger ORI hilang, sebaiknya membeli charge yang harganya mahal di konter terdekat. Charger mahal umumnya memiliki kualitas bagus. 

 

3. Ganti Baterai HP

Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi HP yang mati secara tiba-tiba, cara ketiga ini bisa dijadikan alternatif. HP yang mati dan tidak bisa dihidupkan, coba Anda ganti baterainya dengan baterai lain. Pastikan Anda mengetesnya menggunakan baterai yang sama dengan yang ada di HP.

Selain baterai, Anda juga bisa mencoba mengganti kabel charger atau adaptor charger dengan charger yang normal. Mungkin saja yang terjadi ini dikarenakan charger yang rusak sehingga tidak bisa mengisi baterai HP, yang akhirnya membuat HP mati dan tidak bisa dihidupkan.

 

4. Lakukan Factory Reset HP

Jika yang terjadi adalah HP mati tiba-tiba, dan kondisi ini dialami secara berulang-ulang, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan factory reset. Mungkin saja terdapat error pada sistem android sehingga Anda perlu mengembalikannya ke setelam awal pabrik.

Untuk melakukan factory reset pada HP android ini sendiri, yakni:

  • Pertama hidupkan HP dengan tekan dan tahan tombol Power + Volume Up/Down selama beberapa detik. Lepaskan tekanan pada tombol jika sudah muncul tampilan di layar.
  • Nantinya Anda akan dibawa ke halaman Recovery Mode
  • Masuk ke opsi Wipe Data
  • Kemudian pilih Yes, Wipe All Data.
  • Selanjutnya pilih Reboot System Now.

Setelah melakukan factory reset, maka seluruh data di ponsel terhapus dan kembali seperti pertama kali membeli dari konter. 

 

5. Lakukan Flashing HP

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi HP tiba-tiba mati sendiri yakni dengan melakukan flashing HP. Dengan Flashing akan memperbarui sistem operasi atau firmware pada HP sehingga segala jenis error di dalamnya akan teratasi.

 

Akhir kata …

Itu tadi beberapa cara mengatasi HP tiba-tiba mati sendiri yang paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.