banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

4 Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Cepat

  • Bagikan
Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Cepat
Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Cepat
banner 468x60

BeriTanda.ID – Penggunaan Android secara berebihan sering sekali menyebabkan penurunan performa pada smartphone yang kita gunakan. Kamu pasti sering mengalami lag atau Android macet secara mendadak? Itu artinya kamu perlu meningkatkan kinerja Android agar performa pada smartphone kamu kembali seperti semula.Banyak sekali penyebab yang membuat penurunan pada performa Android, seperti banyaknya aplikasi yang terinstall, terlalu banyak file sampah atau aplikasi yang dipasang tidak sesuai spesifikasi android kamu.

Nah, lalu bagaimna cara mengembalikan performa Android kamu agar terasa lebih ringan? Suatu kebruntungan kamu sudah membaca artikel ini. Karena artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara untuk meningkatkan kinerja Android agar lebih cepat.

banner 336x280

Sebelum kita memasuki topik yang lebih mendalam alangkah baiknya kamu juga perlu tahu apa yang menyebabkan Android kamu lemot, lag, atau macet dadakan.

 

Penyebab Menurunnya Kinerja Android

Jika kamu pengguna awam, mungkin kamu pernah melakukan sesuatu pada smartphone Android kamu secara sengaja ataupun tidak disengaja yang membuat performa Android kamu menurun. Nah, sebelu kita membahas tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja Android mari kita lihat dulu beberapa penyebab menurunnya performa Android.

 

1. Menginstall Aplikasi secara Berlebihan

Kamu banyak menginstall game atau aplikasi-aplikasi lainnya? Bahkan, aplikasi tersebut sangat jarang digunakan. Kebiasaan pengguna Android membiarkan aplikasi yang sudah tidak dipakai tetap trinstall supaya nantinya bisa digunakan lagi.

Itu salah, karena hal tersebut akan memaksa kinerja Android kamu secara berlebihan.

 

2. Menginstall Aplikasi di Luar Kemampuan Android

Tidak semua aplikasi atau game yang ada ada Play Store dapat bekerja di Android kamu. Kamu juga peru memprhatikan minimum spesifikasi dari aplikasi yang ingin kamu install. Apakah sudah sesuai dengan spesifikasi Android kamu?

Install Genshin Impact di Android yang memiliki kapasitas RAM 2GB itu sangat mustahil untuk diakukan loh.

 

3. File Sampah yang Menumpuk

Berbeda dengan Handphone jaman dulu yang masih menggunakan Java atau Symbian, smartphone Android sama halnya seperti komputer. Maka dari itu sisa-sisa dari hasil kerja aplikasi juga akan menjadi file sampah atau chace.

Menumpuknya file sampah pada smartphone kamu akan mmbuat kinerja Android kamu semakin berat.

 

4. Sinyal Android Tidak Stabil

Tidak jarang pengguna Android mengeluh smartphone seperti habis dari neraka dan menyebabkan lag berlebihan. Mungkin salah satu penyebabnya karena sinyal pada Android kamu tidak stabil.

Berdasarkan pengalaman, pada lokasi yang kurang sinyal menyebabkan Android menjadi lebih panas, ngelag dan daya baterai cepat habis.

 

Cara Meningkatkan Kinerja Android

Setelah kita tahu beberapa penyebab dari menurunnya performa smarphone kamu, lantas apa yang perlu kamu lakukan?

Ada dua solusi untuk mengatasinya. Pertama, kamu dapat mengganti atau membeli Android baru dengan spesifikasi yang kamu butuhkan. Kedua, simak beberapa langkat tips berikut untuk meningkatkan kinerja Android kamu menjadi seperti semula.

 

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara pertama yang wajib kamu lakukan untuk mempercepat kinerja Android adalah dengan memilah aplikasi yang terpasang pada Android kamu. Kemudian hapus aplikasi yang menurut kamu sudah tidak di perlukan lagi atau yang tidak kamu pakai dalam jangkat waktu lama.

Kenapa harus menghapus aplikasi? Karena pada dasarnya aplikasi akan menguras memori penyimpanan kamu. Selain itu beberapa aplikasi juga memiliki fitur autostart yang juga dapat memberatkan pada RAM.

 

2. Tidak Berlebihan dalam Menggunakan Pernak-pernik Pada Android

Kamu pengen Android kamu terlihat lebih keren? Serius, smartphone kamu bakal kelihatan lebih keren kalau tidak lag, atau macet-macet.

Tidak ada salahnya buat kamu yang ingin mempercantik smartphone seperti menggunakan launcher, widget dan lain sebagainya. Hanya saja kalau berlebihan malah akan menurunkan performa Android kamu.

Untuk mempercepat kinerja Android gunakan aplikasi dan widget sewajarnya saja serta sesuaikan dengan kemampuan smartphone kamu. Karena selain android kamu jadi ngeleg, mempercantik secara berlebihan juga dapat menguras baterai dan penggunaan RAM.

 

3. Meningkatkan Kinerja Android dengan Aplikasi Pembersih

Junk File, File Sampah atau chace sangat berpengaruh pada performa smartphone kamu. Karena semakin banyak file sampah yang menumpuk akan smakin membuat smartphone kamu menjadi semakin berat.

Solusinya untuk dapat menghapus file sampah dan meningkatkan kinerja Android kembali, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih. Pada Android developer biasanya menyertakan aplikasi pembersih pada smartphone mereka. Hal ini akan mempermudah kita untuk menghapus file sampah.

Tapi, kamu juga bisa menginstall aplikas pembersih sampad di Play Store. Salah satu aplikasi yang dapat menjad rekomndasi adalah CCleaner. Kenapa CCleaner? Karena selain ukurannya yang cukup kecil, CCleaner juga mudah untuk digunakan.

 

4. Berikan Space Memori pada Android

Memori penyimpanan yang penuh juga mempengaruhi performa Android kamu. Maka dari itu berikan sedikit ruang untuk Androidmu bernapas.

Hapus file-file yang tidak sudah tidak kamu prlukan dan luangkan memori sekitar 15 sampai 20 persen dari kapasitas memori kamu.

 

Akhir Kata …

Seperti yang sudah dijelaskan, pada dasarnya penggunaan smartphone secara berlebihan akan membebani dan menurunkan performa pada smartphone kamu. Maka dari itu gunakan Android kamu sewajarnya saja. Selalu pastikan juga bahwa penggunaan smartphone kita sesuai dengan spesifikasi dan memori yang ditanamkan.

Nah, itulah tips cara meningkatkan kinerja Android agar lebih cepat. Semoga Bermanfaat.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan