banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

3 Perbedaan ROM dan RAM pada Android Beserta Fungsinya

  • Bagikan
Perbedaan ROM dan RAM pada Android Beserta Fungsinya
Ilustrasi ROM dan RAM
banner 468x60

BeriTanda.ID – Pernahkah kamu memperhatikan tentang ROM dan RAM pada saat membeli Android? Banyak dari kita pengguna smartphone bingung tentang fungsi serta perbedaan ROM dan RAM pada Android. Padahal keduanya cukup penting untuk diketahui oleh pengguna smartphone.

Kamu cukup penasaran dengan perbedannya? Kalau penasaran, kamu cukup beruntung karena berada pada artikel ini. Sebab pada artikel ini kita akan membahas secara singkat tentang perbedaan ROM dan RAM.

banner 336x280

 

Apa Itu ROM dan RAM?

Sebelum kita membahas tentang perbedaan ROM dan RAM beserta fungsinya, alangkah kalau kita tahu terlebih dahulu tentang apa itu ROM? Dan apa itu RAM?

 

1. Pengertian ROM (Read Only Memory)

Apa itu ROM? ROM atau kependekan dari Read Only Memory merupakan sebuah perangkat keras atau hardwere yang berupa memory. ROM memiliki peran untuk membaca dan menyimpan data pada Android kamu.

Data yang tersimpan pada ROM bersifat permanen. Artinya walaupun Android kamu dalam kondisi mati, data yang disimpan dalam ROM tidak akan hilang dan akan terbaca kembali ketika Android kamu dihidupkan.

Oleh sebab itu ROM memiliki peran penting dalam mempengaruhi kinerja Android kamu. Dan tentunya kecepatan membaca data juga menjadi nilai penting dari ROM yang terpasang pada Android.

Selain menyimpan dan membaca fie sistem, ROM juga dapat digunakan untuk menyimpan dan membaca file eksternal seperti gambar, dokumen, musik, video atau file lainnya.

 

2. Pengertian RAM (Random Access Memory)

Apa itu RAM? RAM atau kependekan dari Random Access Memory merupakan sebuah perangkat keras yang berupa memory dan brpran untuk menyimpan data dari aplikasi atau sistem.

RAM sering sekali dikaitkan denga performa dari perangkat. Biasanya semakin besar kapasitas RAM pada perangkat Android, maka akan semakin responsif pula kinerjanya. Dalam hal ini Android tidak mudah ngelag atau lemot.

Itu semua karena RAM hanya menyimpan data sementara ketika sistem atau aplikasi sedang berjalan. Setelah aplikasi dihentikan maka secara otomatis data-data tersebut akan di hapus dari RAM.

Baca Juga: 5 Perbedaan SSD dan HDD dari Harga sampai Keunggulan

 

Perbedaan ROM dan RAM pada Android

Nah, buat kamu yang sudah tambah penasaran dengan apa perbedaan ROM dan RAM pada Android, berkut uasan singkat mengenai perbedaanya.

 

1. Kapasitas Penyimpanan ROM lebih Besar Ketimbang RAM

Salah satu perbedaan ROM dan RAM yang paling mencolok adalah dari besarnya kapasitas penympanannya. ROM memiiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan RAM.

Biasanya pada Android memiliki ukuran ROM mulai dari 16GB sampai dengan 512GB. Sedangkan RAM hanya memiliki kapasitas kisaran 2GB sampai dengan 16GB.

Kenapa perbedaan ROM dan RAM soal kapasitasnya cukup signifikan? Alasannya karena RAM hanya menyimpan data yang sifatnya sementara, sehingga tidak mmbutuhkan kapasitas yang cukup besar.

Beda halnya dengan ROM yang memiliki sifat permanen baik itu pada data sistem atau data pribadi. Oleh karena itu ROM akan lebih mmbutuhkan kapasitas yang cukup besar untuk dapat menyimpan file sitem ataupun data eksternal.

 

2. Sifat Media Penyimpanan ROM dan RAM Berbeda

Perbedaan ROM dan RAM yang paling mencolok selanjutnya adalah sifat dari medi penyimpanan keduanya berbeda. File yang disimpan pada RAM akan bersifat sementara dan hanya berlaku ketika aplikasi dijalankan. Pada saat kita menutup aplikas tersebut maka file sementara tadi akan dihapus kembali secara otomatis.

Sedangkan pada ROM penyimpanannya bersifat permanen. Yang mana meskipun sudah tidak digunakan kembali ROM tetap bekerja untuk menyimpan file-file tersebut.

ROM tetap akan bekerja walaupun sudah tidak dialiri daya dari Android. Sedangkan RAM membutuhkan aliran daya dari Android untuk dapat bekerja.

 

3. Cara Kerja ROM dan RAM

Dari cara kerjanya RAM memiliki kemampuan yang lebih jika dibandingkan dengan ROM. RAM dapat membaca, menjalankan, serta menulis data pada sebuah aplikasi atau sistem yang sedang dijalankan.

Sedangkan ROM hanya sebatas sebagai penyimpanan data. Oleh sebab itu, ROM hanya dapat membaca data dan tidak dapat mengubah apapun baik melalui sistem ataupun apikasi.

 

Fungsi ROM dan RAM pada Android

Berdasarkan pada pengertian dan perbdaanya, sudah tntu ROM dan RAM memiliki fungsi yang berbeda.

 

1. Fungsi ROM pada Android

ROM (Read Only Memory) memiliki fungsi sebaga penyimpanan data dengan hak akses terbatas. Yakn hanya dapat membaca tanpa dapat membuat atau mmodifikasi sebuah data yang tersimpan pada perangkat Android.

 

2. Fungsi RAM pada Android

RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara untuk mmbantu proses berjalannya aplikasi. Serta ROM dapat melakukan hak akses untuk membaca, membuat dan memodifikasi data pada perangkat Android.

 

Akhir Kata …

Jadi berdasarkan ulasan singkat datas, lebih penting mana? Penting ROM atau RAM? Tentunya kedua perangkat keras ini sama-sama penting untuk perangkat Android. ROM sebagai penyimpanan internal pada Android kamu dan RAM sebagai penunjang untuk kinerja Android kamu.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Prbedaan ROM dan RAM pada Android Beserta Fungsinya.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan