Harus Tahu! 14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel – Siapa yang tidak tahu Microsoft Excel? Buat yang terbiasa menggunakan komputer atau laptop tentunya tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Terkhusus buat kamu yang menggunakan Windows tentunya lebih sering mendengar aplikasi ini.

Aplikasi Microsoft Excel ini adalah aplikasi yang paling umum dan paling sering digunakan untuk mengolah, membuat, menganalisis dan meringkas data. Aplikasi ini sangat penting untuk digunakan di perusahaan. Karena baik fitur dan tampilan sangat menarik dan mudah dipahami.

Nah, pada ulasan berikut ini kita akan sedikit membahas tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel yang tentunya penting buat kamu yang mulai ingin menggunakan Excel. Tapi sebelum itu, kita akan sedikit mengulas juga tentang apa itu Microsoft Excel dan beberapa fungsinya. Supaya kamu tidak hanya tahu kelebihan dan kekurangan tapi juga tahu fungsinya.


Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel

Pertama-tama sebelum berbicara tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, kamu wajib tahu apa itu Microsoft Excel. Karena tidak mungkin rasanya kamu mencari kelebihan Excel tanpa tahu apa itu Excel. Berikut pengertian dan fungsi Microsoft Excel yang diulas secara ringkas.


1. Apa Itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi atau software yang dibuat oleh Microsoft Corporation dan digunakan pada sistem operasi Windows dan Mac OS. Microsoft Excel digunakan untuk membantu dalam mengelola angka agar lebih cepat dan efisien. Di mana aplikasi Microsoft Excel tersusun dalam lembar kerja yang terdiri dari berbagai baris dan kolom.

Microsoft Excel merupakan salah satu dari sekian banyak program aplikasi yang terdapat di Microsoft Office, di mana pada Excel lebih dikhususkan sebagai aplikasi pengelola angka. Maka tidak heran lagi buat kamu yang menggunakan Windows pasti aplikasi Excel ini bersanding dengan dua temannya, yakni Microsoft Word dan Microsoft Power Point. Karena memang ketiga aplikasi tersebut adalah aplikasi yang sangat penting untuk pekerja kantoran.

Microsoft Excel cukup digemari oleh penggunanya karena selain sebagai aplikasi yang paling umum digunakan, juga karena fitur Formula dan Function yang cukup lengkap. Kalau istilah sederhananya rumus-rumus yang bisa kita gunakan pada Microsoft Excel cukup lengkap.

Formula dan fungsi ini yang nantinya kita gunakan untuk membantu kita dalam mengerjakan berbagai proses perhitungan agar semakin cepat dan efisien. Karena dengan formula Excel kamu bisa melakukan perhitungan mulai dari yang paling sederhana hingga rumus yang sangat kompleks.

Baca Juga:

  • 4 Rumus Menghitung Umur di Excel yang Mudah
  • 5 Langkah Mudah Menghilangkan Garis Cell Pada Excel
  • 2 Cara Convert File Excel ke PDF yang Paling Mudah

  • 2. Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel

    Jika kamu bekerja membuat sebuah laporan yang berkaitan dengan angka, seperti keuangan dan lain-lain. Maka Excel adalah solusi tercepat untuk membuat pekerjaanmu semakin gampang. Karena dengan fungsi utama Excel adalah untuk mempermudah pekerjaan kamu dalam mengelola angka. Setidaknya, berikut ini beberapa fungsi yang kamu dapatkan saat menggunakan Microsoft Excel, antara lain adalah:

    1. Sebagai aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data, baik itu membuat, mengatur, menganalisa, meringkas data, dan lain sebagainya.
    2. Berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
    3. Membantu dalam menyelesaikan perkara logika dan matematika.
    4. Mempermudah dalam membuat berbagai macam grafik dan diagram.
    5. Berfungsi untuk membuat catatan keuangan, anggaran serta laporan keuangan.
    6. Melakukan analisa riset harga.
    7. Dapat digunakan untuk membuat daftar hadir serta nilai pada sekolah maupun universitas.
    8. Dapat digunakan untuk melakukan konversi uang dengan cepat.
    9. Mempermudah dalam melakukan perhitungan dari hasil penelitian.
    10. Dan masih banyak fungsi-fungsi yang lainnya.

    Nah, dari beberapa fungsi diatas setidaknya Microsoft Excel sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan kamu. Misal, seperti manfaat Microsoft excel berikut ini:

    1. Bidang Akuntansi, sangat bermanfaat untuk menghitung laba/rugi, melihat besarnya keuntungan dalam satu bulan, menghitung gaji dan lain sebagainya.
    2. Penghitungan Matematis, sangat bermanfaat untuk mencari hasil penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, menghitung rata-rata, dan lain sebagainya.
    3. Membuat Grafik, sangat bermanfaat untuk membuat grafik seperti angka kelahiran di desa, grafik kunjungan, grafik nilai raport, dan lain-lain.
    4. Operasi Tabel, meskipun dengan Microsoft Word kamu bisa membuat tabel, tapi dengan Microsoft Excel kamu tidak akan merasa kesulitan saat ingin input data. Karena di Excel kamu bisa membuat hingga ribuan kolom dengan mudah.

    Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

    Nah, setelah kamu mengetahui apa itu Microsoft Excel maka sekarang kita bisa sedikit mengulas tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel. Karena meskipun Microsoft Excel penuh dengan segudang manfaat dan fungsi tentunya tetap memiliki beberapa kekurangan.

    Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel:


    1. Kelebihan Microsoft Excel

    Apa saja kelebihan Excel? Berikut kelebihan Microsoft Excel yang wajib kamu tahu:


    Data Lebih Terorganisir

    Salah satu kelebihan Microsoft Excel adalah kemampuannya yang mampu mengatur jumlah data yang besar dengan sangat teratur. Di mana tampilan embar kerjanya terlihat sangat rapi dan grafik yang di tampilkan juga menarik.

    Maka dari itu, dengan tampilan data yang lebih terorganisir ini membuat kita dapat menganalisa data sekaligus mudah mencerna hasil kerja kita. Terutama jika kita menginginkan tampilan berupa grafik, presentasi, atau data visual lainnya.


    Formula Excel Cukup Lengkap

    Salah satu fungsi Excel adalah mempermudah kamu dalam mengelola angka. Baik itu berupa hitungan sederhana sampai hitungan yang sangat kompleks. Nah, salah satu kelebihan Microsoft Excel yang paling saya sukai adalah kehadiran formula atau rumus-rumus yang sangat lengkap. Jadi, menghitung dengan Microsoft excl jauh lebih cepat dan mudah ketimbang menggunakan kalkulator.

    Hanya saja, kelebihan yang satu ini tergantung dengan kemampuan kita dalam mengoperasikan Microsoft excel. Karena rumusnya yang sangat banyak dan sangat kompleks, maka tak jarang kalau kadang kita juga cukup kesulitan mengingat rumus-rumus Excel.


    Terintegrasi Dengan Microsoft Office

    Salah satu keuntungan lebih kamu menggunakan Microsoft Excel ini karena sudah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office yang lainnya. Terkhusus dua sahabatnya yang selalu sudah terinstall di komputer kamu.

    Saat kamu menggunakan Microsoft Word atau PowerPoint misalnya. Kamu dapat dengan mudah membuat dan menambahkan presentasi yang dinamis hanya dengan mengimpor dari Microsoft Excel. Jadi, tidak harus membuatnya secara ulang.


    2. Kekurangan Microsoft Excel

    Sayangnya dengan kelebihan Microsoft Excel yang cukup super itu, Microsoft Excel juga mempunyai beberapa kekurangan layaknya aplikasi lain. Tapi setidaknya kekurangan tersebut juga wajib kita tahu, agar kita dapat sedikit mengatasinya.

    Berikut ini adalah kekurangan Microsoft Excel yang wajib kamu tahu!


    Sulit Untuk Pemula

    Nah, kalau kekurangan Microsoft Excel yang ini tergantung dari penggunanya. Jika kamu banyak latihan menggunakan Microsoft Excel tentunya kekurangan ini dapat teratasi. Tapi, sayangnya belajar Microsoft Excel tak semudah dengan dua sahabatnya Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint. Menggunakan Microsoft Excel kamu butuh usaha lebih agar dapat mengerti.

    Karena banyak penggunaan formula atau rumus Excel hanya untuk mendapatkan hasil yang sempurna, tak jarang kamu akan dibuat pusing. Tentunya perbanyak latihan agar tidak semakin frustasi saat menggunakan Microsoft Excel untuk pekerjaan.


    Memakan Waktu

    Hampir sama dengan kekurangan Microsoft Excel yang pertama, kekurangan yang kedua ini juga bisa disebabkan karena kurang paham dalam menggunakan Microsoft Excel. Meskipun tidak menutup kemungkinan yang paham juga masih memakan waktu lama. Terutama saat pertama kali membuat laporan.

    Karena banyaknya data yang harus dimasukkan kemudian menyesuaikan dengan perhitungan terkadang akan memerlukan banyak waktu lebih.


    Harga Microsoft Excel Mahal

    Pada dasarnya Microsoft Excel ini tidak bisa kita gunakan dengan gratis loh. Meskipun dengan kekuatan Crack membuat kamu bisa menggunakannya secara gratis, sebenarnya itu menjadi aplikasi ilegal. Sedangkan pada versi aslinya untuk menggunakan aplikasi ini kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam.


    Akhir Kata …

    Nah, itulah kekurangan dan kelebihan Microsoft Excel yang sangat wajib kamu ketahui sebelum benar-benar terjun dan menggunakan Microsoft Excel dalam dunia kerja.
    Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

    Dilihat 1.741 kali

    24 pemikiran pada “Harus Tahu! 14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel”

    1. Ada juga fungsi lainnya yang saya sering pakai adalah, membuat formulir. Mulai dari formulir aplikasi karyawan, formulir serah terima, dan banyak lagi.

      Balas
    2. Kalau mengilah data banyak Excel ini cenderung berat dan kadang bikin hang laptop tua (curhat) tapi aku paling suka excel sih, untuk penawaran, bikin laporan lebih mudah diolah.

      Balas
    3. Jelas dan lengkap sekali penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel ini. Makasih sharing-nya, Kak
      Aku awam soal Excel dan nyaris enggak pakai, hanya pakai Word dan sesekali Power Point.Kalau suamiku karena pekerjaannya terkait akuntansi jadi tiap hari nguliknya Excel ini:)

      Balas
    4. Yeah… Microsoft excel ini paling berjasa dalam mengola data-data penelitian dulu. Selain praktis, juga user friendly… Makasih ya Pak reviewnya

      Balas
    5. Masih belum profesional pakai exel. Beda sama suami saya yang udah ahli banget sama exel. Mungkin karena kerjaannya di business plan perusahaannya. Hahahaha.

      Balas
    6. saya termasuk yang gaptek menggunakan Microsoft Excel, hehehe

      mungkin karena gak menggunakan setiap hari

      beda dengan Microsoft words yang harus dipakai tiap hari

      Balas
    7. Aku termasuk orang yang ga begitu mahir sib pake Excel. Ga begitu paham rumus-rumusnya. Tapi aku suka pake Excel sebagai pengganti kalkulator 😀

      Balas
    8. Excel sebagai aplikasi pengolah angka memiliki akurasi yang sangat bagus, itu sebabnya perannya begitu cukup membantu di dunia kerja/bisnis.

      Balas
    9. Dulu sering banget pakai excel buat ngitung-ngitung laba rugi dan bagi hasil pas jualan pulsa joinan bareng teman. Gampang dan langsung ketahuan angka hasil akhirnya. Sekarang nggak pernah main excel lagi.

      Balas
    10. Saya termasuk orang yang cukup kesulitan belajar Microsoft Excel waktu SMA. Karena satu-satunya kesempatan belajar hanya waktu itu. Sementara secara otodidak tidak ada kebutuhan dan dorongan untuk mencobanya. Sekarang butuh juga keterampilan mengelola Ms. Excel ini untuk keperluan data walau sederhana saja.

      Balas
    11. Hai kak,thanks banget loh dengan artikel ini.Sangat membantu untukku yang gaptek di bidang komputer.Hanya tau memakainya. Setiap program memang ada plus minusnya,tetapi Excel lebih banyak plusnya ya kak

      Balas
    12. Dari dulu sampai sekarangpun, saya masih sering pakai Excel Kak. Langganan banget dengan aplikasi ini. Meskipun pakainya hanya sebatas penggunaan level dasar.

      Balas
    13. KUakui Microsoft Excel memang ga mudah dikerjakan, kecuali niat mempelajarinya secara mendalam seperti kursus dan diterapkan sehari2 pasti bisa. Suamiku nih yang oke lumayan jago urusan excel hehehe 😀 Njelimet awalnya sih tapi lama2 terbiasa.

      Balas
    14. Excel memang yang terbaik. Sangat membantu kita dalam mengerjakan berbagai hal. Terima kasih atas artikelnya yah gan. Keren nih artikel.

      Balas
    15. makasi infonya, ga pernah menyelami Microfoft sejauh ini. ternyata ada kelebihan dan kekurangannya. aku sih biasa gunakan ms word dan excel itu kerjaan atau file pribadi. sekarang jadi nambah pengetahuan.

      Balas
    16. Sejauh ini excell membantu dalam pekerjaan office dan dokumentasi meskipun ada kelebihan dan kekurangan, mantap artikelnya

      Balas
    17. Bagi saya informasi mengenai excell bermanfaat karena ada plus minus, sejauh ini excell membantu merapikan dokumen berupa angka

      Balas
    18. Dulu saya bingung pertama kali pakai ms Excel namun karena kebutuhan pekerjaan ya harus belajar. Walau sampai skrng masih banyak rumus yg belum sya tahu sih

      Balas
    19. Excel ini sangat berguna ya, kemudahan export file itu yang bikin orang terbantu.
      jika kita mau berusaha pasti kekurangannya bisa kita taklukkan juga ya pada akhirnya 🙂

      Balas
    20. Saya pernah lihat orang yang bisa membuat grafik dengan excel, dan jadi tahu ternyata excel itu aslinya komplit. Dan perlu kursus aagar tahu itu.

      Balas
    21. Ternyata masih banyak banget fungsi Excel yang belum saya tau nih, apalagi formulanya. Terima kasih informasinya bermanfaat sekali.

      Balas
    22. Excel ini salah satu software yang gila sih. Semakin dipelajari, semakin banyak manfaatnya. Nggak cuma pengolah angka, tpi juga untuk kebutuhan kata lebih sistematis

      Balas

    Tinggalkan komentar

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.