banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Apa itu Clickbait? Kenali 3 Kekurangan dan Kelebihannya

  • Bagikan
Apa itu Clickbait? Kenali Kekurangan dan Kelebihannya
banner 468x60

BeriTanda.ID– Jika kamu adalah seorang yang aktif menggunakan internet, mungkin kamu pernah melihat judul berita atau artikel dengan kata-kata yang cukup sensasional. Itu yang di sebut apa itu clickbait.

Sebagian besar pengguna internet yang aktif membaca artikel atau berita tentu clickbait adalah judul yang cukup mengganggu. Karena ada banyak konten yang mengandung unsur clickbait ini malah condong kepada berita yang agak negatif. Namun, pada kenyataannya clickbait tidak seburuk dari kelihatannya loh.

banner 336x280

Pada dasarnya penggunaan judul dengan clickbait ini merupakan salah satu taktik pembuat konten di internet untuk meningkatkan audience atau pembaca. Nah, kenapa taktik ini cukup efektif dalam meningkatkan audiens di internet? Di bawah ini kita akan ulas tuntas tentang apa itu clickbait serta kekurangan dan kelebihannya.

Apa Itu Clickbait?

Apa itu clickbait? Jika diterjemahkan secara bahasa clickbait terdiri dari dua suku kata yakni “click” yang berarti klik dan “bait” yang berarti umpan. Maka secara bahasa “clickbait” dapat kita artikan sebagai umpan klik. Dengan begitu dapat diartikan bahwa Clickbait merupakan judul dari sebuah konten yang dibuat sangat menarik dengan tujuan agar orang atau pembaca melakukan klik terhadap konten tersebut.

Keberhasilan suatu konten clickbait dilihat dari banyaknya klik pada konten tersebut. Clickbait dapat kita temukan di berbagai macam konten yang ada di internet. Mulai dari berita, blog pribadi, hingga konten video Youtube. Setidaknya ada beberapa ciri sebuah judul konten bisa dibilang sebagai clickbait, yaitu:

  1. Judul bersifat kalimat provokatif dan mengundang rasa penasaran
  2. Judul cenderung melibatkan emosi pembaca
  3. Menggunakan gambar yang menarik serta mudah diingat oleh pembaca

Pada dasarnya clickbait tidaklah melanggar peraturan, terutama yang masih memiliki relevansi antara judul dengan isi konten yang dibagikan. Namun, tidak jarang ada pembuat konten yang seharusnya menyajikan fakta yang objektif, malah membuat konten yang tidak ada relevansi sama sekali dengan judul.

Kelebihan dan Kekurangan Clickbait

Setelah mengetahui tentang apa itu clickbait maka selanjutnya akan lebih bak jika mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Memang dalam penggunaanya clickbait masih terdapat perdebatan dalam penggunaannya sebagai konten yang layak konsumsi publik. Ada yang berpendapat bahwa penggunaan clickbait tidak bermasalah apabila masih memiliki relevansi terhadap konten. Namun, sebagian ain juga menganggap clickbait ini adalah sesuatu yang bermasalah.

Nah, supaya lebih jelas tentang keuntungan serta kerugiannya berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan dari clickbait dalam membuat judul dan isi konten.

Kelebihan Clickbait

1. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Sejalan dengan apa itu clickbait, membuat konten dengan judul clickbait akan membuat orang lebih tertarik untuk melakukan klik dari konten tersebut. Sebab seperti yang kita tahu dari ciri clickbait, selain mengundang penasaran mereka berharap akan menemukan jawaban dari konten tersebut.

Dengan begitu, semakin banyak klik yang didapat maka rasio CTR pun ikut meningkat. CTR sendiri menunjukan bahwa konten tersebut relevan dan sedang dibutuhkan oleh pengguna atau audiens. Dengan begitu, Google akan menempatkan konten tersebut pada posisi yang baik dari hasil pencarian.

2. Meningkatkan Pageviews

Sama halnya dengan meningkatkan CTR, dengan judul clickbait maka pageview (jumlah halaman yang dilihat oleh pengguna) juga akan mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya pageviews tersebut akan membuat konten kamu dianggap bermanfaat untuk pembaca. Pada akhirnya mesin pencari seperti Google akan memberi rekomendasi konten tersebut kepada pembaca melalui hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Page).

3. Berpotensi Brand

Selain baik pada CTR dan page views, kelebihan lain dari clickbait ini juga dapat meningkatkan brand kamu. Faktanya konten dengan judul clickbait yang menarik serta sesuai dengan isi konten, akan membuat orang untuk membagikan konten tersebut.

Pasalnya clickbait memiliki potensi social-share yang cukup tinggi. Sehingga hal ini sangat efektif untuk mendorong orang lain untuk menyebarkannya. Potensi inilah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness.

Kekurangan Clickbait

1. Merusak Brand Perusahaan

Menggunakan clickbait secara berlebihan ditambah tidak adanya relevansi terhadap konten malah akan membuat pembaca merasa tertipu dan menimbulkan kekesalan. Hal ini bakal membuat orang menjadi malas untuk mengunjungi chanel atau website tersebut. Tentunya hal ini akan merusak nama perusahaan. Karena dengan judul clickbait tanpa adanya relevansi isi konten akan membuat konten tersebut berita palsu atau HOAX.

2. Bounce Rate Meningkat

Bounce Rate merupakan sebuah persentase pengunjung website yang langsung meninggalkan halaman website tersebut. Hal ini adalah musuh bagi blogger dan pemilik website yang tentunya harus dihindari. Karena semakin tinggi angka bounce rate suatu website maka akan semakin buruk penilaian untuk mesin pencari.

Begitu juga yang menjadi salah satu kerugian menggunakan judul clickbait. Semakin kamu membuat judul clickbait disertai dengan isi konten yang tidak relevan maka akan semakin besar kemungkinan pembaca langsung meninggalkan website tersebut. Alasannya, karena pembaca menyadari bahwa isi konten tidak sesuai dengan judul.

3. Merugikan Pembaca

Jelas bukan? Dari judul clickbait dengan konten yang tidak sesuai tentu bakal merugikan pembaca. Niat pembaca yang ingin mendapat informasi yang bermanfaat, karena konten yang tidak sesuai justru membuat pembaca merasa kesal akibat judul yang tidak selaras dengan isi konten.

Mengapa Clickbait Cukup Bermasalah?

Sebagaimana yang kta tahu tentang apa itu clickbait maka dapat dikatakan kalau clikbait bakal bermasalah. Kebanyakan pembuat konten dengan taktik clickbait mereka akan lebih mengharga klik pada konten ketmbang menghaslkan serta memberkan informasi yang bermanfaat. Artinya dapat dikatakan pembuat konten tersebut tidak peduli dan konten yang mereka buat, tentang kualitas atau tidak berkualitasnya konten tersebut.

Meskipun mungkin hanya menjengkelkan dan tidak berbahaya. Namun, clickbait bisa jadi benar-benar berbahaya apabila digunakan bersama dengan pemuatan berita palsu (HOAX). Ditambah dengan fakta penelitian yang membuktikan bahwa 8 dari 10 orang akan melakukan klik pada konten dengan judul clickbait tentu menjadi semakin berbahaya.

Cara Menghindari Clickbait

Setelah mengetahui apa itu clickbait tentunya akan lebih efektif jika tahu bagaimana cara menghndarnya. Karena clickbait ini memang membuat sebuah judul yang cukup sensasional serta menarik untuk di klik, maka sebagai pembaca yang budiman tentu perlu lebih waspada terhadap kebohongannya. Setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari konten clickbait. Namun, yang akan kita hindari adalah konten yang tidak relevan dengan isi kontennya dan tentunya tidak menyebarkan kebohongan.

1. Selalu Memperhatikan Judul Konten

Karena tujuan utama dari clickbait ini adalah membuat judul konten yang semenarik mungkin. Supaya kamu tidak terpancing pada clickbait yang merugikan maka langkah penting sebelum membaca konten tersebut perhatikan judul terlebih dahulu.

Judul dengan kata-kata yang provokatif, terlalu melebih-lebihkan dan tidak masuk akal patut kamu curigai. Karena biasanya judul seperti itu sering tidak sesuai dengan isi konten yang diharapkan.

2. Membaca Isi Konten

Untuk membuat konten berita, biasanya pembuat konten akan memanfaatkan judul yang memancing pembaca. Dan tak jarang orang langsung percaya hanya dengan melihat judul berita tersebut.

Dengan kamu membaca isi konten dari berita tersebut, tentunya kamu dapat memastikan apakah sesuai dengan judul atau tidak konten tersebut. Jika memang judul hanya sebagai pancingan saja segera tutup dan tidak mengunjunginya kembali.

3. Cek Kredibilitas Konten

Selain dari judul dan juga isi konten yang perlu diperhatikan dalam menghindari clickbait, cara yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah mencari kembali dengan sumber terpercaya. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengukur portal berita yang kredibel. Atau kamu dapat juga mencari berita yang serupa untuk membuktikan kebenarannya.

Akhir Kata …

Demikian ulasan tentang apa itu clickbait serta kekurangan dan kelebihannya. Clickbait merupakan sebuah strateg yang digunakan pembuat konten untuk menarik perhatian orang. Namun, tidak jarang yang menyalahgunakan clickbait ini untuk keuntungan pribadi dan justru akan berdampak buruk.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Sumber:
https://www.dewaweb.com/ (di akses pada 18/09/2021)
https://www.merdeka.com/  (di akses pada 18/09/2021)
https://www.niagahoster.co.id/ (di akses pada 18/09/2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.