10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak

Penyebab Laptop Cepat Rusak – Untuk kebanyakan kalangan, laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan primer. Karena saat ini, hampir semua kegiatan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan laptop. Maka dari itu, tidak jarang semua kalangan baik itu siswa, mahasiswa atau pekerja kantoran mewajibkan untuk memiliki laptop.

Berkat kemudahannya yang bisa kita gunakan dimanapun dan kapanpun menjadikan laptop sebagai pilihan utama ketimbang komputer konvensional. Namun, sebagaimana dalam sebuah teknologi, tentunya akan ada aja kerusakan yang terjadi. Baik itu yang disebabkan akibat kesalahan pada laptop atau bisa jadi akibat kebiasaan buruk kita yang menjadi penyebab laptop cepat rusak.

Sayangnya, hari ini penyebab laptop cepat rusak lebih banyak terjadi akibat kecerobohan atau kebiasaan buruk kita. Seperti tidak menjaga kebersihan laptop atau menggunakannya pada permukaan yang empuk. Nah oleh karena itu, pada ulasan berikut ini kita akan membahas beberapa kebiasaan buruk penyebab laptop cepat rusak yang sering kita abaikan atau sepelekan.

 

Hal Sepele Penyebab Laptop Cepat Rusak

Sembrono dalam menggunakan laptop tentunya akan membuat laptop kesayangan kita menjadi cepat rusak. Nah oleh karena itu, kita perlu tahu hal sembrono yang menjadi penyebab laptop cepat rusak agar kita dapat mengatasinya. Berikut ini adalah daftarnya!

 

1. Menggunakan Laptop Sambil Makan

Pernahkah kamu mengerjakan suatu pekerjaan baik itu tugas kuliah atau pekerjaan kantor menggunakan laptop bersamaan dengan makan camilan? Jika pernah, sebaiknya hal seperti ini segera dihentikan. Karena bisa jadi hal sederhana tersebut malah menjadikan penyebab laptop cepat rusak.

Kenapa demikian? Tentunya hal sepele yang kamu lakukan bakal membuat keyboard laptop kamu menjadi tersumbat akibat makanan yang masuk pada sela-sela keyboard tersebut. Hal ini akan berpotensi pada kerusakan keyboard lebih jauh lagi apabila tidak sering kita bersihkan. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak melakukan kebiasaan ini.

Baca Juga: Berikut 6 Ciri-ciri Motherboard Rusak

 

2. Meletakkan Benda Cair di Dekat Laptop

Selain makanan, minuman lebih memiliki potensi untuk merusak laptop. Lebih dari 60 persen penyebab laptop cepat rusak diakibatkan oleh tumpahan air. Hal ini karena tidak jarang saat orang menggunakan laptop meletakkan gelas minumannya di dekat laptop. Hanya saja jika secara tidak sengaja kita menyenggol gelas tersebut, tentunya besar kemungkinan cairan tersebut bisa terkena laptop.

Air yang masuk pada laptop pastinya akan membuat komponen-komponen di dalamnya rusak dan membuat kinerja terganggu. Apabila sudah terlanjur tersiram, sebaiknya untuk segera mematikan laptop dan langsung membersihkan airnya. Tapi, lebih baiknya hindari kebiasaan menaruh gelas minuman dekat dengan laptop kesayanganmu.

 

3. Menggunakan Laptop di Bawah Sinar Matahari Langsung

Tak hanya benda cair, paparan sinar matahari secara langsung juga dapat menyebabkan laptop kesayangan kamu cepat rusak. Menggunakan laptop di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung akan membuat suhu pada laptop kamu menjadi cepat panas. Akibatnya akan membuat kerusakan pada komponen, baik itu dari motherboard, baterai, SSD atau komponen lainnya.

Apabila kamu terpaksa menggunakan laptop di luar ruangan, sebaiknya pastikan kamu berada pada tempat yang teduh. Alangkah lebih baiknya menggunakan cooling pad (kipas) agar dapat terhindar dari overheating.

Baca Juga: 5 Perbedaan SSD dan HDD dari Harga sampai Keunggulan

 

4. Terlalu Lama Memakai Mode Sleep

Mode Sleep memang sangat berguna bagi kita untuk memberi jeda kita dalam melakukan pekerjaan. Karena dengan mode sleep ini pekerjaan kita tidak akan hilang untuk sementara, dan dapat segera kita lanjutkan kembali.

Namun, kebiasaan ini jika dilakukan dalam waktu yang cukup lama malah akan menjadi penyebab laptop cepat rusak. Maka dari itu, hindari terlalu lama menggunakan mode sleep karena kebiasaan ini akan merusak daya tahan baterai pada laptop. Tidak hanya pada baterai, kebiasan ini juga bakal berpengaruh pada kerusakan motherboard. Jadi, pastikan untuk mematikannya setelah pekerjaanmu selesai.

 

5. Menutup Laptop Dalam Keadaan Masih Menyala

Kebiasaan buruk satu ini lebih parah ketimbang kamu yang biasa menggunakan mode sleep. Tahukah kamu, jika kebiasaan menutup laptop dalam keadaan menyala cukup berbahaya untuk keamanan serta performa laptop kamu.

Oleh sebab itu, hindari kebiasaan tersebut sebisa mungkin dan lakukan shutdown secara normal. Pastikan juga pada saat mematikan (shutdown) laptop bahwa laptop tersebut sudah benar-benar dalam keadaan mati, barulah menutupnya dengan baik.

 

6. Kesalahan Pada Saat Charger Laptop

Apa yang kamu lakukan terlebih dahulu saat ingin mengecas laptop? Memasukan charger ke stop kontak terlebih dahulu atau memasang charger pada laptop? Nyatanya kesalahan sepele ini akan berakibat fatal pada kerusakan motherboard. Hal itu disebabkan akibat lonjakan arus listrik pada colokan yang masih belum stabil.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan dengan memasukan charger pada stop kontak terlebih dahulu. Kemudian baru kamu dapat memasang charger pada laptop.

 

7. Kebiasaan Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Layar laptop kamu muncul garis-garis vertikal atau horisontal? Mungkin salah satunya diakibatkan karena kebiasaan kamu meletakkan benda berat diatas laptop saat sedang tidak digunakan. Sebaiknya hindari kebiasaan meletakan benda berat diatas laptop kamu. Karena kebiasaan ini beresiko pada kerusakan layar laptop kamu.

Mengingat harga layar laptop sendiri cukup mahal, tentunya kamu tidak ingin laptop cepat rusak hanya gara-gara kebiasaan buruk ini.

 

8. Meletakan Laptop pada Permukaan Empuk

Menggunakan laptop pada permukaan empuk seperti kasur, sofa atau pada pangkuan pada dasarnya dapat menjadi penyebab laptop cepat rusak. Hal ini dikarenakan sirkulasi udara dari bawah laptop menjadi terhambat dan membuat panas pada laptop terperangkap. Akibatnya akan membuat laptop menjadi overheating.

Maka dari itu hindari penggunaan laptop yang membuat sirkulasi udara pada laptop menjadi terhambat. Karena selain membuat laptop menjadi overheating juga akan mengakibatkan komponen pada laptop cepat rusak.

Baca Juga: 11 Tips Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet

 

9. Meletakkan Benda Magnet di Dekat Laptop

Seperti pada umumnya, mendekatkan benda yang memiliki sifat magnetik ke benda-benda elektronik seperti laptop dapat menyebabkan kerusakan pada laptop. karena didalam laptop juga terdapat komponen yang memiliki sifat magnet. Maka dari itu, mendekatkan magnet ke laptop dapat menyebabkan komponen magnet pada laptop menjadi terganggu dan akan mengalami kerusakan.

 

10. Jarang Membersihkan Laptop

Membersihkan laptop merupakan hal wajib yang harus kita lakukan sebagai pemilik laptop. kebiasaan buruk jarang membersihkan laptop akan berakibat fatal pada kerusakan laptop. Alasannya, jarangnya membersihkan laptop akan membuat debu dan kotoran menempel pada laptop dan akan mengakibatkan sirkulasi udara terganggu. Hal ini tentunya menjadi penyebab laptop cepat rusak.

Maka dari itu, sebaiknya kamu haus rutin membersihkan bagian luar laptop paling tidak seminggu sekali. Sedangkan bagian laptop setidaknya enam bulan sekali agar debu yang menempel pada komponen tidak mengganggu kinerja serta performa pada laptop.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan tentang kebiasaan buruk yang menjadi penyebab laptop cepat rusak. Dengan kamu meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk diatas setidaknya dapat memperpanjang usia laptop kesayangan kamu.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.063 kali

Satu pemikiran pada “10 Kebiasaan Buruk Penyebab Laptop Cepat Rusak”

  1. Artikel yang sangat menarik, untuk pengetahuan mengenai perilaku yang dapat merusak laptop dapat diakses di https://qr.ae/pGBcUU

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.