banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

11 Tips Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet

  • Bagikan
Tips Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet
Ilusrasi Laptop Lelet
banner 468x60

BeriTanda.ID – Mengatasi laptop agar tidak lelet sebenarnya cukup mudah. Hanya saja kamu perlu sedikit teliti pada saat sedang mengatasinya.

Ada dua metode untuk mengatasi laptop yang lelet, yaitu dengan metode perawatan pada softwere dan perawatan pada hardwere.

banner 336x280

Untuk kamu yang suka ngoprek laptop atau suka membongkar pasang laptop, melakukan perawatan hardwere akan lebih terasa menyenangkan.

Tapi buat kamu yang tidak bisa atau belum pernah membongkar laptop saya sarankan untuk melakukan perawatan pada softwere saja. Kecuali kamu punya cukup keberanian untuk tahu lebih banyak tentang hardwere pada laptop.

Tertarik untuk melakukannya? Berikut tips cara mengatasi laptop agar tidak lelet.

 

Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet dengan Perawatan Softwere

Perawatan Softwere pada laptop cukup gampang dilakukan bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan laptop. Namun, tetap saja perlu ketelitian untuk mengatasinya.

 

1. Memindai Antivirus pada Laptop Secara Berkala

Laptok kamu terasa lelet waktu digunakan? Baik itu saat membuat dokumen, browsing atau menggunakan aplikasi lain.

Nah, kemungkinan pertama yang terjadi bisa jadi laptop kamu terinveksi virus. Virus sendiri biasa berasal dari internet pada saat kamu browsing yang masuk ke laptop kamu. Atau bisa juga terjadi pada saat kamu menggunakan flashdisk teman kamu.

Nah, salah satu langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop agar tidak lelet cukup dengan memindai virus menggunakan aplikasi antivirus. Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan windows Windows Defender atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kita rekomendasikan aplikasi antivirus dari pihak ketiga yang cukup ramah pengguna dan tidak ribet yaitu aplikasi SMADAV.

 

2. Bersihkan Cache dengan Aplikasi Pembersih

Cara kedua yang tak kalah mudah adalah melakukan pembersihan pada berkas sampah atau cache yang trdapat pada laptop. Seperti halnya pada smartphone, laptop juga akan lelet jika kamu jarang mebersihkan berkas sampahnya.

Maka dari itu dengan membersihkan file-file sampah tersebut, maka laptop kamu setidaknya akan terasa lebih ringan dan tidak lelet lagi.

Salah satu aplikasi yang cukup terkenal dan juga cukup mudah digunakan adalah CCleaner.

 

3. Hapus Softwere yang Lama Tidak Digunakan

Pada dasarnya laptop juga memiliki batasan, bukan hanya pada memory atau hardisk, tapi juga ada batasan pada RAM.

Apalagi jika laptop yang kamu gunakan menggunakan kapasitas RAM dan harddisk yang kecil. Banyaknya aplikasi yang terinstall pada laptop kamu justru akan membuat laptop kamu semakin lelet.

Oleh karena itu langkah bijak agar laptop tidak lelet adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan. Karena hal tersebut jika dibiarkan menumpuk hanya akan membuat laptop kamu semakin lelet.

 

4. Kurangin Efek Visual pada Windows

Semakin banyak efek visual yang kamu aktifkan, maka hasil yang ditampilkan pada laptop kamu akan terlihat semakin bagus.

Tapi, ada harga yang harus kamu bayar untuk tampilan bagus tersebut. Dengan menggunakan efek visual yang berlebihan maka resource pada laptop kamu banyak terpakai. Apalagi jika spesifikasi laptop kamu tergolong masih kecil. Banyaknya menggunakan efek visual malah bakal membuat laptop kamu semakin lelet.

Maka dari itu, jika spesifikasi laptop kamu belum cukup mumpuni lebih baik menonaktifkan efek visual yang tidak perlu. Dengan begitu kamu dapat sedikit mengatasi laptop agar tidak lelet. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk This PC,
  2. Klik kanan pilih Properties,
  3. Lalu klik Advanced System,
  4. Pada tab Performances, pilih Setting,
  5. Pilih mana efek yang mau diaktifkan dan dinonaktifka sesuai kebutuhan,
  6. Klik OK untuk menyimpan.

 

5. Matikan Aplikasi Dari Startup

Pada windows ada sebagian aplikasi yang otomatis aktif tanpa kita buka. Beberapa memiliki fungsi yang kita butuhkan beberapa juga kurang diperlukan. Sayangnya, karna bekerja di latar belakang semakin banyak aplikasi startup yang aktif maka akan membuat laptop kamu semakin lelet.

Ada baiknya kamu menonaktifkan beberapa aplikasi di startup yang tidak diperlukan. Dengan begitu kamu dapat sedikit mengatasi laptop agar tidak lelet.

Cara menonaktifkan aplikasi startup di Windows:

  1. Tekan Windows + R untuk masuk ke Windows Run,
  2. Lalu ketik msconfig dan tekan enter,
  3. Setelah masuk ke tab startup, selanjutnya hilangkan tanda centang pada aplikasi yang tidak kamu butuhkan,
  4. Selesai, sekarang laptop kamu sudah tidak lemot lagi.

 

6. Melakukan Install Ulang Pada Laptop

Masalah laptop lelet belum juga teratasi? Bisa jadi dikarenakan ada sistem yang corupt atau error. Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah menginstall ulang windows supaya semua masalah tersebut dapat teratasi.

 

Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet dengan Perawatan Hardwere

Perawatan dengan softwere masih belum menemui titik temu. Laptop kamu masih terasa sangat lelet? Kemungkinan besar ada yang perlu dilakukan pada Hardwere atau perangka keras laptop kamu.

1. Mengganti Harddisk dengan SSD

Langkah pertama yang harus kamu coba untuk mengatasi laptop agar tidak lelet, coba dengan mengganti harddisk kamu dengan SSD (Solid Stare Drive).

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang Perbedaan SSD dan HDD, SSD memiliki kecepatan baca tulis yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan HDD (harddisk).

Oleh karena itu. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan SSD pada laptop. Namun, harga SSD jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harddisk.

Jadi, pastikan jika ingin menggunakan SSD pilih kapasitas yang sesuai dengan isi dompet kamu.

 

2. Menambah Kapasitas RAM

Cara kedua yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi laptop agar tidak lelet adalah dengan mengupgrade atau menambah kapasitas RAM. Seperti yang kita ketehui bahwa RAM adalah salah satu dari hardwere yang cukup penting dalam komputer atau laptop.

Karena RAM memiliki fungsi sebagai penyimpanan data semenara, maka semakin besar kapasitas RAM laptop kamu makin banyak pula penyimpanan sementara yang dapat dilakukan saat menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Tapi, sebelum menambah kapasitas RAM, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  • Ketersediaan slot RAM di laptop kamu,
  • Jenis atau type RAM yang ada pada laptop kamu,
  • Ukuran dan haraga RAM yang ingin kamu beli,
  • Dan lain-lain.

3. Bersihkan Hardwere Secara Berkala

Perangkat keras atau hardwere yang kotor juga bisa jadi penyebab laptop lelet. Seperti debu yang masuk ke dalam laptop kamu akan membuat laptop jadi cepat panas dan menurunkan performanya.

Oleh karena itu kamu perlu membersihkannya secara berkala untuk mengurangi lelet pada laptop kamu.

 

4. Gunakan Thermal Paste pada Prosesor

Setelah membongkar dan membersihkan hardwere pada laptop kamu, sebelum memasang kembali pastikan sudah memberi Thermal Paste pada prosesor.

Fungsi dari thermal paste ini adalah untuk mendinginkan prosesor pada laptop kamu. Caranya cukup dengan mengoleskan langsung pada prosesor. Tapi tetap harus hati-hati.

Alangkah lebih baiknya kamu bisa membawa ke tukang service untuk menambahkan thermal pase ke laptop kamu.

5. Gunakan Cooling Pad atau Pendingin Laptop

Setelah memasang kembali laptop kamu yang dibongkar sebelumnya. Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop agar tidak lelet bisa dengan menggunakan pendingin laptop.

Kamu bisa membelinya di toko komputer dengan harga yang cukup murah kisaran 50 ribu hingga 100 ribu.

 

Akhir Kata …

Nah, itu tadi adalah tips untuk kamu yang ingin mengatasi laptop agar tidak lelet. Dengan begitu kamu dapat bekerja kembali dengan laptop tanpa harus merasakan lelet.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan