banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Jadi Favorit Hacker: Teknik Phising dan Cara Mencegahnya

  • Bagikan
Ilustrasi Phising
banner 468x60

BeriTanda.ID – Teknik Phising merupakan salah satu jenis peretesan atau hacking yang digunakan untuk mendapatkan username dan password dari pengguna dengan cara yang tidak sah. Nama Phising sendiri berasal dari kata “Fishing” yang berarti memancing.

Sama seperti pengertiannya yaitu memancing, teknik ini cara kerjanya adalah dengan memancing atau mengarahkan pemilik akun untuk memberikan akun pribadinya.

banner 336x280

Biasanya pelaku atau hacker membuat website atau aplikasi tiruan yang cukup mirip dengan perusahan aslinya. Tujuannya supaya pengguna percaya dan kemudian memasukkan username dan password mereka. Nah, inilah yang disebut teknik phising.

 

Jenis Teknik Phising

Selain dengan membuat website tiruan yang mirip dengan aslinya, ada juga jenis phising dengan menggunakan email palsu atau yang lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis teknik phising yang sering digunakan para peretas untuk mencuri akun pribadi kamu.

 

1. Phising dengan Website Palsu

Teknik yang satu ini paling banyak digunakan oleh peretas dan juga banyak memakan korban. Seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya, peretas bakal membuat website tiruan yang terlihat sangat mirip sampai kamu tidak dapat membedakan dengan yang lainya.

Nah, pada saat itu juga ketka kamu memasukan email atau username serta password kamu pada kolom login, maka pada saat itulah kamu sudah memberikan data akun kamu kepada pelaku peretas. Tentunya cukup merugikan bukan? Apalagi jika ada kaitannya dengan keuangan.

 

2. Phising dengan Email Palsu

Hampir sama seperti website palsu, teknik phising dengan email palsu ini juga akan dibuat mirip dengan email asli milik perusahaan. Oleh sebab itu, jika kita tidak teliti maka kita bakal jadi salah satu korban jenis phising yang satu ini.

Biasanya peretas akan mengirim ke alamat email kamu dan mengarahkan kamu untuk memberikan identitas akun pribadi kamu. Maka dari itu jika dirasa mencurigakan jangan langsung memasukan username dan password pada link palsu tersebut.

 

3. Phone Phising

Tidak hanya website dan email, sekarang teknik phising juga dapat dilakukan melalui nomor telepon. Teknik satu ini biasa menggunakan cara dengan mengirim sebuah pesan kepada korban melalui SMS, WhatsApp atau Telegram.

Biasanya peretas akan mengirim pesan mirip seperti kalimat developer dan nantinya akan meminta data pribadi, nomor verifikasi, atau biasanya melalui link yang sudah disiapkan sebelumnya untuk menjebak korban.

Baca Juga: Cara Memastikan Akun WhatsApp Kena Sadap atau Tidak

 

Cara Mencegah Serangan Teknik Phising

Setelah melihat beberapa jenis teknik phising tentunya kamu sudah memiliki gambaran bagaimana caranya mencegah dari serangan phising ini. Salah satu yang harus kita lakukan adalah teliti sebelum login.

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021

Kamu juga bisa melakukan dengan cara membuat password yang cukup kuat dan aman. Namun, cara itu tetap bakalan tidak berlaku apabila kamu masih kurang teliti sebelum login. Maka dari itu berikut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mencegah dari serangan phishing.

  1. Perhatikan URL/Link yang kamu akses sebelum melakukan login akun. Pastikan bahwa nama domain website tersebut adalah benar yang ingin kamu akses.
  2. Selalu waspada jika mendapat email yang kurang jelas asal-usulnya. Apalagi jika pesan tersebut meminta password atau email kamu. Maka, segera hapus pesan tersebut untuk lebih amannya.
  3. Pada saat kamu mengakses website, berhati-hati ketika ada pop-up muncul dan menyuruh kamu untuk menginstall sebuah aplikasi. Karena biasanya terdapat file phising dalam aplikasi tersebut.
  4. Pastikan website yang kamu akses sudah terpasang SSL (Secure Socket Layers). Jika kamu menggunakan Firefox atau Chrome, pastikan ada tanda gembok pada kolom alamat website. SSL ini digunakan untuk keamanan website ketika akan login pada sebuah akun.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah beberapa teknik phising yang cukup populer saat ini serta beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya. Segera lakukan beberapa cara tersebut agar kamu tidak menjadi salah satu korban phising nantinya.

Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.