banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

  • Bagikan
Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android
freepik.com
banner 468x60

BeriTanda.ID – koneksi internet pada android kamu terasa lambat atau lemot? Koneksi yang lambat pada smartphone Android memang menjadi masalah bagi pengguna. Oleh sebab itu perlu yang namanya trik atau cara untuk mempercepat koneksi internet pada Android agar tidak membuat kamu semakin emosi gila.

Koneksi internet yang lelet atau lemot akan terasa mengganggu aktifitas keseharian kita. Apa lagi seperti yang kita tahu di jaman serba gadget ini koneksi internet adalah suatu yang wajib. Pada saat kita ingin menghubungi orang lain, mencari informasi penting atau mengetahui lokasi melalui peta. Semua itu membutuhkan koneksi internet, dan tentu harus sedikit cepat.

banner 336x280

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk dapat mengatasi koneksi internet yang lemot? Apa saja yang menjadi penyebab koneksi internet kamu menjadi lelet?

Berikut ini ulasan singkat mengenai bagaimana cara mempercepat koneksi internet pada Android.

 

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

1. Membersihkan Cache

Koneksi internet yang lelet tidak hanya terjadi akibat jaringan provider kamu. Namun, bisa juga diakibatkan oleh aplikasi browser yang kamu gunakan. Seperti banyaknya file sampah (cache), atau history pada browser kamu.

Oleh sebab itu perlu dilakukannya pembersihan secara berkala pada browser kamu. Hal ini akan sedikit mengurangi lag dan delet pada browser kamu.

 

2. Jangan Membuka Tab Berlebihan

Salah satu yang menjadi kebiasaan yang justru salah para pengguna gadget adalah membuka tab terlalu banyak saat menggunakan browser. Masalah satu ini tidak hanya berlaku pada smartphone, tapi juga berlaku pada jenis gadget lain seperti laptop dan lain-lain.

Semakin banyak kamu membuka tab pada browser maka selain membuat smartphone kamu lag juga berpengaruh pada koneksi internet kamu. Karena terkadang smartphone kamu akan memaksa mengakses tab-tab yang terbuka secara bersamaan. Alhasil koneksi internet kamu akan lemot.

Jadi, kurang-kurangi kebiasaan buruk yang satu ini agar dapat mempercepat koneksi internet pada Android kamu.

 

3. Lakukan Restart Pada Smartphone

Secara logika merestart smartphone terasa tidak masuk akal. Namun, pada kenyataannya ketika Android kamu sudah lama menyala akan mengalami penurunan performa. Maka dari itu perlu yang namanya restart secara berkala.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya aplikasi yang terbuka di latar belakang. Walaupun terdengar sangat aneh, tapi pada kenyataannya hal semacam ini juga akan sangat mengganggu kecepatan koneksi internet.

Maka dari itu dengan kamu melakukan restart pada smartphone kamu, setidaknya dapat membantu mempercepat koneksi internet pada Android.

Baca Juga: Mengatasi Laptop Restart Sendiri pada Windows 10

 

4. Berpindah Lokasi

Kondisi yang sangat umum terjadi ketika koneksi internet menjadi lelet adalah karena lokasi saat kamu berada sekarang mungkin sedang berada pada lokasi yang kurang jaringan. Biasa hal ini terjadi ketika sedang berada di perkampungan atau desa.

Atau biasa juga terjadi pada lokasi yang agak sulit ditembus udara juga dapat menyebabkan koneksi buruk. Misalnya seperti berada didalam gedung. Oleh sebab itu cara yang dapat kamu lakukan adalah berpindah posisi dari tempat kamu sekarang.

Bisa dengan kamu berada pada lokasi yang terbuka atau pada permukaan yang lebih tinggi. Setidaknya apabila jaringan internet dapat stabil sudah dapat membantu dalam mempercepat koneksi internet pada Android kamu.

 

5. Periksa Kuota Data

Cara di atas sudah kamu lakukan semua dan hasilnya masih kurang maksimal? Koneksi internet kamu masih tetap lemot atau bahkan malah tidak terkoneksi? Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan memeriksa kuota data internet kamu.

Bisa jadi kuota internet kamu sudah habis atau memang kuota yang kamu gunakan berada pada koneksi yang terbatas. Seperti kamu sudah melewati batas penggunaan wajar, biasa ini terjadi buat kamu yang berlangganan kuota internet tipe unlimited.

 

Akhir Kata …

Koneksi internet yang lelet atau lemot memang sangat menyebalkan. Apalagi terjadi pada saat kita sedang membutuhkan koneksi internet yang lancar. Seperti saat ingin menghubungi orang lain atau saat ingin browsing.

Oleh sebab itu perlu adanya cara untuk dapat mempercepatnya kembali, seperti membersih memory pada smartphone, restart perangkat dan juga memeriksa kuota. Nah, itulah ulasan yang cukup singkat mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Android.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan