Bebas Baret! Ini Cara Merawat Body Mobil yang Benar

Sudahkah Anda cara merawat body mobil dengan benar? Pastikan body tetap terawat dan kinclong karena jika rusak Anda harus bersiap dengan biaya cat mobil yang tidak murah. Bukan hanya terhindar dari baret Anda pun jadi lebih nyaman berkendara dengan mobil yang mengkilap.

Perawatan yang dimaksud bukan hanya rutin memoles tetapi juga bagaimana cara Anda mengendarai mobil dengan baik. Seperti apa perawatan yang benar tersebut, Anda bisa menyimak cara-cara mudah ini.


4 Cara Merawat Body Mobil Bebas Baret yang Wajib Dilakukan

Mengapa penggunaan mobil berpengaruh terhadap body mobil? Pasalnya cat mobil dapat menurun kualitasnya jika Anda tidak menggunakannya dengan baik. Panas terik matahari langsung, perubahan cuaca yang ekstrim, kelembaban hingga goresan dengan benda lainnya jadi penyebab utama kerusakan.

Supaya Anda terhindar dari masalah goresan atau cat yang mulai memudar, beberapa perawatan berikut ini bisa dilakukan dengan rutin.

Baca Juga:
  • Ketahui Lebih Banyak Tentang Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Jiwa
  • Kenali 4 Fakta Menarik Asuransi Mobil Terbaru 2022

  • 1. Selalu Menggunakan Lap Bersih saat Mencuci

    Anda kerap mencuci mobil sendiri? Hati-hati dengan kain lap yang digunakan. Seringkali kain lap mengandung pasir atau debu kasar yang bisa menimbulkan goresan pada body mobil. Sekilas tampilannya memang tidak terlihat namun jika dilakukan terus menerus baret akan semakin kasat mata.

    Jenis kain yang dipilih harusnya halus dan tidak menyimpan pasir. Biasanya kain seperti kanebo atau microfiber dipilih untuk mencuci. Anda tidak bisa menggunakan kain bekas pakaian dan handuk bekas. Kain-kain ini bisa saja mengandung pewarna dan tidak bisa membersihkan body mobil secara maksimal.


    2. Minimalisir Parkir di Pinggir Jalan Ramai

    Masalah baret kerap terjadi karena Anda salah memilih tempat parkir. Misalnya saja yang sering terjadi adalah parkir di pinggir jalan. Jika terpaksa Anda sebaiknya mempersingkat waktu parkir. Selalu parkir di tempat yang sudah disediakan dan beratap sehingga teduh.

    Parkir di pinggir jalan memudahkan body mobil rusak akibat kendaraan lain atau benda lainnya. Jika goresan yang terjadi cukup parah maka mau tidak mau Anda harus memperbaikinya di bengkel cat.


    3. Jangan Lupa untuk Memoles Mobil

    Setiap body mobil selalu dilapisi dengan clear coat dan bagian inilah yang akan terkena goresan ringan pertama kali. Supaya goresan atau baret halus hilang maka Anda harus rutin memoles mobil. Memang tidak ada waktu pasti berapa kali dalam setahun Anda harus memolesnya.

    Namun setidaknya jika mobil kerap digunakan dan sering mengalami baret ringan maka Anda harus rutin memolesnya beberapa kali dalam setahun. Jangan terlalu sering juga karena pemolesan bisa mengikis lapisan clear coat ini terlalu cepat.


    4. Membilas Mobil setelah Terkena Hujan

    Tidak hanya kain yang kotor, baret juga kerap terjadi karena lumpur atau pasir yang menempel pada mobil setelah kehujanan. Jadi akan lebih baik jika Anda membilas mobil setelah terkena hujan.

    Biarkan semua pasir dan lumpur hilang baru mobil bisa dicuci keesokan harinya. Lumpur yang mengering juga bisa menjadi pemicu kerusakan pada lapisan cat mobil. Tujuannya agar ketika dicuci tidak ada kotoran yang menempel dan akhirnya menimbulkan baret.


    Akhir Kata …

    Selain memperhatikan perawatan mobil Anda juga harus rutin melakukan servis dan tune up. Tujuannya untuk membuat mesin mobil selalu terawat bukan hanya body saja. Ada berbagai biaya tune up mobil dan jenisnya yang bisa Anda kenali terlebih dahulu sebelum memilih.

    Permasalahan yang kerap terjadi pada mobil selalu berbeda. Khususnya mobil yang sudah berusia lebih lama. Bukan hanya sekedar ganti oli dan filter saja, tetapi butuh pengecekan secara menyeluruh serta penggantian komponen yang sudah aus atau rusak. Jadi pastikan baik perawatan luar dan dalam mobil tetap Anda jaga sehingga nyaman dikendarai.

    Dilihat 57 kali

    Tinggalkan komentar

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.