Ketahui Lebih Banyak Tentang Asuransi Mobil, Asuransi Kesehatan dan Jiwa

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor adalah mendaftarkan mobilnya ke perusahaan asuransi. 

Perusahaan asuransi menyediakan beberapa jenis jaminan asuransi, salah satunya adalah asuransi mobil yang bisa memberikan penggantian atas kerugian yang Anda alami akibat kehilangan, kecelakaan, menjadi korban huru-hara, maupun terkena bencana alam.

Lebih detail tentang asuransi mobil dapat Anda ketahui dalam ulasan berikut. Selain memberikan proteksi terbaik untuk kendaraan kesayangan, Anda yang belum memiliki perlindungan bagi keluarga dapat memilih asuransi terbaik dari Allianz Life.


Mengenal Asuransi Mobil

Saat kendaraan Anda akan diasuransikan, pastikan untuk memilih perusahaan asuransi terbaik dan pilih produk asuransi mobil yang paling tepat untuk Anda. Agar tidak salah pilih, perhatikan artikel ini karena akan dijelaskan lebih detail tentang asuransi mobil.

Asuransi mobil termasuk ke dalam asuransi umum, asuransi ini memberikan Anda manfaat 

pertanggungan ganti rugi atas risiko yang terjadi saat berkendara, seperti kecelakaan, tabrakan, pencurian mobil, terkena bencana alam seperti banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya.  

Asuransi mobil sangat penting karena Anda sebagai pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan mobil  dalam jumlah yang cukup besar jika mobil mengalami kerusakan.

Asuransi mobil terdiri dari dua jenis yang bisa Anda pilih salah satunya, yakni asuransi mobil All Risk (Comprehensive) yang manfaat pertanggungannya meliputi semua jenis kerusakan baik kerusakan kecil sampai kerusakan besar, dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO) yang manfaat pertanggungan hanya dapat diklaim jika kerugian yang Anda alami senilai dengan lebih dari 75% harga mobil.

Jika Anda ingin mendapatkan jaminan ganti rugi dari asuransi mobil, tentunya Anda perlu membeli polis asuransi dan membayarkan premi atau biaya asuransi setiap bulannya sesuai yang tercantum di dalam polis asuransi tersebut.

Biaya asuransi yang dibayarkan untuk setiap kendaraan ini berbeda-beda, bergantung pada kategori kendaraannya dan wilayah tempat kendaraan terdaftar nomor pelatnya. 

Penentuan rate premi tersebut dibagi berdasarkan beberapa kategori berikut ini:

  • Kategori 1: Kendaraan yang memiliki harga maksimal Rp125 juta.
  • Kategori 2: Kendaraan yang memiliki harga antara Rp125 juta-Rp200 juta.
  • Kategori 3: Kendaraan yang memiliki harga antara Rp200 juta-Rp400 juta.
  • Kategori 4: Kendaraan yang memiliki harga antara Rp400 juta-Rp800 juta.
  • Kategori 5: Kendaraan yang memiliki harga tidak kurang dari Rp800 juta.
  • Wilayah 1 meliputi area Sumatera serta Kepulauan yang ada di sekitarnya.
  • Wilayah 2 meliputi DKI Jakarta,  Banten, serta Jawa Barat.
  • Wilayah 3 meliputi Seluruh wilayah Indonesia, namun tidak termasuk wilayah 1 dan wilayah 2. 

Asuransi Allianz Life

Selain jaminan asuransi untuk mobil, Anda juga perlu jaminan asuransi untuk diri sendiri, yakni asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Salah satu perusahaan yang menyediakan jenis asuransi jiwa dan kesehatan adalah Asuransi Allianz yang merupakan produk asuransi dari salah satu anak perusahaan Allianz Group yaitu PT. Asuransi Allianz Life Indonesia. 

Asuransi terbaik dari Allianz Life menyediakan beberapa pilihan polis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran yang Anda miliki. 

Beberapa produk dari asuransi Allianz beserta manfaat pertanggungannya yaitu sebagai berikut:

  • Asuransi Kesehatan menanggung biaya rawat inap, pembedahan, dan rawat jalan.
  • Asuransi Jiwa Unit Link berupa santunan meninggal dunia dan manfaat investasi.
  • Asuransi Jiwa Unit Link Syariah juga berupa santunan meninggal dunia beserta manfaat investasi, hanya saja menggunakan prinsip syariah.
  • Asuransi Jiwa-Kumpulan berupa santunan meninggal dunia untuk karyawan perusahaan
  • Asuransi Jiwa Mikro menanggung biaya santunan meninggal dunia dengan premi yang cukup terjangkau.
  • Asuransi Haji Syariah berupa santunan jika terjadi risiko kecelakaan saat mengikuti ibadah haji.
  • DLPK-Kumpulan berupa jaminan dana pensiun.
  • Bancassurance berupa produk asuransi kerja yang sama seperti perusahaan perbankan
  • Asuransi Tambahan (Rider) merupakan asuransi pelengkap yang pembeliannya terpisah dari polis dasar.

Sama halnya dengan asuransi mobil, baik asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan juga mengharuskan Anda membayar premi setiap bulannya. 

Baca Juga: Kenali 4 Fakta Menarik Asuransi Mobil Terbaru 2022

Besarnya biaya premi yang perlu Anda bayar setiap bulannya juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti jenis asuransi yang Anda ambil, profil tertanggung (usia, jenis kelamin, dan riwayat penyakit),  jenis dan nilai aset yang diasuransikan, cakupan pertanggungan baik pertanggungan utama maupun pertanggungan tambahan (rider).

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan asuransi mobil, asuransi jiwa dan kesehatan. Semoga bermanfaat!

Dilihat 288 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.