Wajib Tahu! Perbedaan Windows 32bit dan 64bit Serta Kelebihannya

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit – Windows adalah sistem operasi yang cukup banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia. Selain mudahnya untuk digunakan, sistem operasi satu ini memiliki fitur yang beragam serta banyak aplikasi yang dapat dinikmati oleh pengguna Windows.

Berbicara mengenai Windows, sistem operasi ini memiliki dua varian basis, yakni Windows 32bit dan 64bit. Istilah 32bit dan 64bit sendiri dapat mengacu pada kemampuan prosesor atau CPU dalam menerima informasi yang ada didalam komputer tersebut. Nah, untuk kamu yang belum memahami tentang apa itu bit, berikut adalah penjelasan tentang perbedaan Windows 32bit dan 64bit!

 

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit?

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit sendiri sebenarnya dapat kita lihat dari beberapa faktor. Seperti jumlah atau batasan penggunaan RAM, performa processor, atau kemampuan dalam mengakses sebuah data. Nah, berikut penjelasan selengkapnya.

 

1. Jumlah RAM (Random Access Memory)

Dalam menangani penggunaan RAM Windows 32bit dan 64bit terdapat perbedaan pada batasan RAM. Pada Windows dengan basis 32 bit hanya mampu membaca RAM sampai dengan 4 GB. Sedangkan pada basis 64 bit mampu membaca RAM lebih dari 4 GB.

Baca Juga: Perhatikan 6 Tips Ini Sebelum Menambah RAM Pada Laptop

 

2. Performa Processor

Sama halnya dengan batasan RAM, secara performa Windows dengan basis 32bit dalam performanya hanya mampu menjalankan aplikasi-aplikasi ringan. Seperti mengetik, browsing, atau menggunakan aplikasi-aplikasi ringan lainnya. Sedangkan pada Windows 64 bit dapat berjalan lebih baik dalam menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti editing video atau gaming.

Karena sistem 64bit ini merupakan teknologi yang lebih baru jika dibandingkan dengan basis 32bit. Maka dari itu, tidak mengherankan jika performa sistemnya dapat berjalan lebih baik.

 

3. Kemampuan Dalam Mengakses Data

Soal kemampuan windows 32bit dan 64bit dalam memproses data windows dengan basis 64bit akan terasa lebih cepat apabila dibandingkan dengan windows 32bit. Hal ini karena pada windows 32bit dapat memproses data dalam satu kali proses sebesar 32bit. Hal serupa juga berlaku pada windows 64bit yang mampu memproses data sebesar 64 dalam satu kali putaran.

 

4. Kompatibilitas Software

Kecocokan soal aplikasi pada Windows 32bit dan 64bit tentu saja memiliki perbedaan. Seperti yang dijelaskan pada kemampuan processor, pada Windows 64bit memiliki performa yang lebih tinggi. Artinya pada Windows 64bit akan lebih leluasa dalam memilih jenis software atau aplikasi yang ingin dijalankan jika dibandingkan dengan windows 32 bit.

Sederhananya, kamu dapat menjalankan aplikasi berbasis 32bit dan 64bit pada Windows dengan basis 64bit. Sedangkan pada Windows 32bit, kamu hanya dapat menggunakan aplikasi berbasis 32bit dan tidak dapat menjalankan aplikasi 64 bit.

 

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32bit dan 64bit

Jika dilihat dari perbedaan di atas, pasti kamu akan berpikir jika Windows 64bit terlihat lebih unggul. Ya tentu saja, tapi dengan banyaknya keunggulan seperti itu Windows 64bit tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan Windows 32bit dan 64bit yang wajib kamu tahu!

 

1. Kelebihan Windows 32bit dan 64bit

Kelebihan Windows 32bit

  • Dapat berjalan lancar pada komputer atau laptop lawas. Serta menjalankan aplikasi-aplikasi lawas yang relatif ringan.
  • Dapat berjalan secara optimal hanya dengan RAM 2 GB sampai dengan 4 GB.

 

Kelebihan Windows 64bit

  • Lebih cepat dan efisien dalam menjalankan sistem aplikasi windows.
  • Memiliki kinerja dan performa yang cukup baik pada laptop, serta memiliki kecepatan yang cukup tinggi dalam mengakses data.
  • Dapat menjalankan software atau aplikasi pada basis 32bit dan 64bit.
  • Cocok untuk segala jenis aplikasi, mulai dari aplikasi ringan hingga aplikasi beras seperti video editing atau menjalankan game-game yang membutuhkan resource besar.

 

2. Kekurangan Windows 32bit dan 64bit

Kekurangan Windows 32bit

  • Sedikit sekali software-software baru yang bisa dipasang serta dijalankan pada Windows 32bit.
  • Tidak dapat menjalankan aplikasi dengan basis 64bit serta tidak bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan penggunaan RAM lebih dari 4 GB.
  • Tidak cocok menjadi aplikasi berat seperti Adobe Photoshop, Adobe Premier, Corel Draw dan sebagainya.

Kekurangan Windows 64bit

  • Tidak dapat digunakan pada laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi rendah.
  • Tidak dapat berjalan maksimal pada laptop atau komputer dengan kapasitas RAM kurang dari 4GB.

 

Akhir Kata …

Walaupun secara spesifik Windows 64bit terlihat lebih unggul, tapi pada akhirnya baik itu Windows 32 bit maupun 64bit tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengenai penggunaanya kamu biasa menyesuaikan kemampuan laptop serta sesuai dengan kebutuhan kamu.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.440 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.