banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Membuka dan Membuat Dokumen Baru Serta Fungsi-fungsi Dasar Pada Microsoft Word

  • Bagikan
Membuka dan Membuat Dokumen Baru Serta Fungsi-fungsi Dasar Pada Microsoft Word
Membuka dan Membuat Dokumen Baru Serta Fungsi-fungsi Dasar Pada Microsoft Word
banner 468x60

BeriTanda.ID – bagi kamu yang menggunakan Windows tentu tidak asing lagi dengan Aplikasi Microsoft Word ini. Microsoft Office Word atau yang lebih akrab dengan nama Microsoft Word adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi pengolah kata.

Kepopuleran aplikasi ini memang sudah tidak diragukan lagi. Ditambah dengan kelengkapan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi pengolah kata ini pekerjaanmu tentu akan semakin terbantu.

banner 336x280

Namun, meskipun banyak fitur yang disediakan terkadang juga membuat pengguna terkhusus yang masih pemula sedikit kesulitan saat ingin menggunakan Microsoft Office Word ini.

Nah, maka dari itu pada ulasan kali ini, kita akan mencoba mengulik fitur-fitur dari Microsoft Office ini, dan tentu kita akan mencoba membuat sebuah lembar kerja baru nantinya.

Ulasan ini juga merupakan satu dari rangkaian beberapa tutorial lengkap tentang Microsoft Office Word loh. Untuk kamu yang ingin lebih banyak tahu bagaimana bekerja dengan Microsoft Word kamu bisa langsung cek di link berikut.

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word

 

Membuka dan Membuat Lembar Kerja Pada Microsoft Word

Sebelum kamu memahami tentang fungsi-fungsi Microsoft Word lebih jauh, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana membuat atau membuka dokumen baru pada Microsoft Word.

Nah, pertama-tama mari kita coba untuk membuat dokumen baru di Microsoft Office Word pada Windows kamu, caranya:

  1. Buka Aplikasi Microsoft Word dengan cara klik Start, kemudian gunakan kolom pencarian dan masukkan kata word
  2. Buka aplikasi Word yang tampil dari hasil pencarian tersebut, disini saya menggunakan contoh pada Windows 10 dan Microsoft Word 2019.

Cari Aplikasi Microsoft Word

Setelah kamu membuka aplikasi Microsoft Office Word maka akan muncul jendela Office word. Untuk membuat dokumen baru kamu bisa menggunakan menu New, sedangkan untuk membuka dokumen yang telah kamu buat kamu bisa dengan menu Open.

Jendela Microsoft Office Word

  1. Pada no. 1 (New) kamu dapat menggunakannya untuk membuat dokumen baru dengan klik New, kemudian klik Blank document (untuk membuat lembar kerja kosong.
  2. Pada no. 2 (Open) kamu bisa membuka dokumen yang telah kamu buat. Namun untuk cara yang lebih gampang kamu bisa dengan mencari file dengan format .docx dari File Explorer, setelah ketemu silahkan klik dua kali untuk membukanya.
  3. Pada No. 3 (Recent) kamu bisa melihat beberapa daftar file dokumen terakhir yang pernah kamu kerjakan sebelumnya.

Dengan begitu untuk sekarang kamu sudah dapat membuka atau membuat lembar kerja baru pada Microsoft Office Word.

 

Fitur dan Fungsi Menu Di Microsoft Office Word

Pada tahap ini kita asumsikan kamu sudah pada lembar kerja kosong. Nah, setelah kamu bisa membuat dokumen baru, maka sekarang kamu akan disuguhkan pada lembar kerja kosong.

Pada lembar kerja kosong kamu, kamu akan disuguhi dengan berbagai macam ikon dan menu yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Berikut ini penjelasan singkat tentang fungsi ikon dan menu yang ada pada lembar kerja Microsoft Word.

Lembar Kerja Microsoft Word

  • No. 1, Quick Acces Toolbar: Terletak pada pojok kiri atas. Pada ikon ini terdapat beberapa ikon perintah yang sering digunakan nantinya, seperti Save, Undo, Redo dan lain-lain.
  • No. 2, Title Bar: Terletak pada bagian atas tengah jendela Microsoft Word. Berfungsi untuk menampilkan judul dokumen yang sedang kita kerjakan. Sedangkan jika kamu membuat dokumen baru biasanya akan menampilkan judul “Document”.
  • No. 3, Windows Menu: terletak pada bagian pojok kanan atas jendela aplikasi. Memiliki tiga perintah, yakni minimize, maximize/restore, dan close.
  • No. 4, Tab Menu: kumpulan dari menu-menu yang memiliki fungsi yang berbeda serta digunakan untuk menyesuaikan pengaturan dan tampilan pada dokumen.
  • No. 5, Ribbon Tool/Toolbar: adalah bagian dari isi Tab Menu dan terdapat ikon-ikon yang memiliki berbagai fungsi dan perintah yang lebih spesifik.
  • No. 6, Ruler: merupakan sebuah penggaris yang menampilkan batasan atau margin dalam dokumen.
  • No. 7, Worksheet: atau lembar kerja dokumen merupakan tempat dimana kamu membuat serta menambahkan isi dokumen.
  • No. 8, Scroll Bar: Terdapat pada bagian kanan jendela Microsoft Word. Digunakan untuk menggeser lembar kerja baik secara horizontal (dari kanan ke kiri atau sebaliknya) dan vertikal (dari atas ke bawah atau sebaliknya).
  • No. 9, Page Status: terletak pada bagian pojok bawah kiri jendela Microsoft Office. Berfungsi untuk menampilkan jumlah kata dan halaman pada dokumen serta bahasa yang sedang digunakan.
  • No. 10, Zoom Menu: berada pada bagian pojok bawah kanan jendela aplikasi. Berperan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Word (Zooming).

 

Tab Menu/Menu Bar Di Microsoft Word

Nah, setelah kamu tahu secara singkat tentang fungsi dasar dari menu-menu yang terdapat pada Microsoft Office, maka selanjutnya kita akan sedikit membahas tentang Tab Menu atau Menu Bar.

Pada bagian ini kita akan membahas tentang fitur dan kegunaan dari Tab Menu. Sedangkan penjelasan secara mendalamnya akan kita bahas pada artikel-artikel berikutnya.

Tab Menu

1. Home

Merupakan menu yang pertama kali tampil pada halaman Microsoft Word. Tab Menu Home merupakan elemen paling umum dan sering digunakan untuk bekerja dengan Office Word.

Beberapa ribbon atau bagian yang terdapat pada menu home ini antara lain, Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.

  • Clipboard: pada umumnya berfungsi untuk mengcopy atau memindahkan sebuah elemen dalam lembar kerja atau dokumen.
  • Font: berfungsi untuk mengubah atau menyesuaikan font, baik itu berupa warna, ukuran, jenis atau berbagai efek lainnya.
  • Paragraph: berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan tampilan paragraf pada dokumen.
  • Styles: berfungsi untuk mengubah format teks yang sudah disetting sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan secara tepat tanpa harus mengaturnya kembali secara manual.
  • Editing: berisi beberapa ikon perintah untuk melakukan editing pada dokumen seperti mencari kata, mengganti kata serta memilih atau blok pada teks.

 

2. Insert

Pada tab menu Insert secara keseluruhan memiliki fungsi untuk menambahkan atau memasukkan sebuah objek pada dokumen. Pada Insert terdapat beberapa ribbon atau bagian, yakni, Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols.

  • Pages: berfungsi untuk mengatur serta menyesuaikan pengaturan halaman dokumen.
  • Tables: berfungsi untuk menyisipkan atau membuat sebuah tabel pada dokumen.
  • Illustrations: digunakan untuk menyisipkan sebuah objek seperti gambar, clipart, chart, shape dll.
  • Links: digunakan untuk menghubungkan link, dokumen atau objek tertentu.
  • Header & Footer: berfungsi untuk menyesuaikan tampilan pada bagian atas (header) dan bagian bawah (footer) pada dokumen.
  • Text: digunakan untuk membuat sebuah teks dengan berbagai efek serta bentuk.
  • Symbols: digunakan untuk menyisipkan simbol serta rumus matematika yang lebih spesifik.

 

3. Design

Merupakan menu yang berfungsi dan digunakan untuk menyesuaikan tema dan tampilan pada halaman dokumen. Pada menu ini terdapat dua bagian yakni Document Formatting dan Page Background.

  • Document Formatting: digunakan untuk menyesuaikan tema dan tampilan pada halaman.
  • Page Background: digunakan untuk menambahkan efek pada halaman dokumen.

NB: Pada Word 2007 dan 2010 biasanya menu Design terletak pada menu Page & layout.

 

4. Layout

Hampir mirip dengan Tab Menu Design, Tab Menu Layout juga digunakan untuk menyesuaikan halaman lembar kerja pada Microsoft Word. Terdapat tiga bagian pada menu layout yakni, Page Setup, Paragraph, dan Arrange.

  • Page Setup: berfungsi sebagai pengatur yang berhubungan dengan halaman, seperti margin, ukuran kertas, kolom dan lain-lain.
  • Paragraph: digunakan untuk mengatur jarak paragraf serta spasi pada teks di halaman kerja.
  • Arrange: berguna untuk mengatur objek yang telah kita sisipkan sebelumnya.

 

5. References

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia disebut sebagai referensi. Menu References berfungsi untuk mengatur referensi data kamu yang ada pada dokumen. Contoh seperti, index, catatan kaki, daftar konten dan lain sebagainya.

 

6. Mailings

Digunakan untuk keperluan surat menyurat. Seperti membuat teks pada amplop, membuat tabel dan beberapa fungsi lain yang berkaitan dengan email.

 

7. Review

Pada tab menu Review digunakan untuk pengecekan ulang data-data yang telah kamu buat pada lembar kerja.

 

8. View

Pada menu View biasanya digunakan pada saat semua pekerjaan pada lembar kerja sudah selesai. Digunakan untuk memeriksa dokumen sebelum dicetak.

 

Akhir Kata …

Itulah beberapa penjelasan singkat namun cukup panjang seputar dasar-dasar dari Microsoft Word. Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Artikel ini adalah artikel pertama dari rangkaian Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word.

Selanjutnya: 4 Langkah Awal Belajar Microsoft Word Untuk Pemula

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.