banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

4 Langkah Awal Belajar Microsoft Word Untuk Pemula

  • Bagikan
4 Langkah Awal Belajar Microsoft Word Untuk Pemula
4 Langkah Awal Belajar Microsoft Word Untuk Pemula
banner 468x60

BeriTanda.ID – Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika pertama kali menggunakan Microsoft Word untuk pemula adalah setidaknya dapat mengatur lembar kerja sesuai dengan keinginan. Ada beberapa bagian dalam mengatur lembar kerja itu sendiri, yakni:

  • Mengubah jenis font
  • Mengatur Margin
  • Mengatur Spasi
  • Mengubah Orientasi dan Ukuran Kertas

Nah, pada ulasan kali ini kita akan membahas secara singkat tentang empat poin diatas. Ulasan ini juga merupakan satu dari rangkaian beberapa tutorial lengkap tentang Microsoft Office Word loh. Untuk kamu yang ingin lebih banyak tahu bagaimana bekerja dengan Microsoft Word kamu bisa langsung cek di link berikut.

banner 336x280

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word

 

Buatlah sebuah artikel dengan ketentuan
– Jenis Font: Times New Roman
– Ukuran Font: 12
– Rata:  kanan kiri
– Margin: 4 4 3 3
– Spasi: 2
– Kertas: A4

Tentu kamu yang saat ini sebagai pelajar atau mahasiswa pastinya tidak asing dengan spesifikasi tugas seperti diatas bukan? Nah. Kali ini kita akan membahasnya satu persatu

 

1. Mengubah Jenis Font di Microsoft Word

Sebelumnya pastikan kamu sudah membuat lembar kerja di aplikasi Microsoft Word. Buka aplikasi Microsoft Office dan buat lembar kerja baru.

Mengubah jenis font ini biasa dilakukan karena untuk menyesuaikan pengaturan yang sudah ditentukan. Seperti pada contoh sebelumnya, sebagai contoh kita akan membuat sebuah dokumen dengan jenis font Times New Roman dengan ukuran 12.

Untuk mengubah nya pastikan kamu berada pada Tab Menu Home

Mengubah Jenis Font di Microsoft Word

Perhatikan pada bagian/ribbon Font dan yang bergaris hijau pada gambar. Pada bagian kanan yang memiliki terdapat kata “Calibri (Body)” adalah jenis font yang saat ini kamu gunakan. Untuk mengubahnya klik pada bagian font tersebut dan pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kemudian, di sebelahnya yang terdapat angka “11” adalah ukuran font yang saat ini kamu gunakan. Klik dan atur sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

NB: Jika sebelumnya kamu telah mengetik kata pada lembar kerja dan ingin mengubahnya, maka terlebih dahulu kamu harus memblok teks yang ingin kamu ubah jenis fontnya. Jika kamu mengubah keseluruhan bisa menggunakan perintah Shortcut Ctrl + A untuk memilih semua teks.

 

2. Mengatur Margin pada Lembar Kerja Microsoft Word

Langkah selanjutnya setelah merubah jenis font adalah dengan mengubah margin pada lembar kerja. Margin sendiri merupakan batasan atau jarak dari sisi luar dokumen sampai pada teks. Margin sendiri terdapat empat bagian yakni, margin atas (Top), margin kiri (Left), margin bawah (Bottom), dan margin kanan (Right).

Sebagai contoh, kita akan membuat lembar kerja dengan margin 4 4 3 3. Ini artinya kita akan membuat ukuran margin. Margin atas 4 cm, Margin kiri 4 cm, Margin bawah 3 cm, dan Margin kanan 3 cm.

Untuk mengubahnya masuk pada tab menu Layout > Margin > Custom Margin.

Mengatur Margin pada Lembar Kerja Microsoft Word

Setelah itu maka akan muncul jendela baru Page Setup. Ubah margin sesuai dengan yang kamu inginkan. Kemudian klik OK.

Page Setup

 

3. Mengatur Rataan & Spasi Teks Pada Microsoft Word Untuk Pemula

Terdapat empat kategori rataan pada Microsoft Word, yakni Left (kiri), Center (tengah), Right (kanan) dan Justify (kanan-kiri). Untuk mengaplikasikannya cukup mudah, baik itu mengubah mengatur rataan maupun spasi.

Pastikan kamu berada pada tab Menu Home dan fokus pada ribbon atau bagian Paragraph.

Mengatur Margin pada Lembar Kerja Microsoft Word

Untuk mengatur rataan kamu bisa menggunakan ikon yang bergaris bawah hijau pada gambar. Sesuai dengan urutannya, yaitu kiri, tengah, kanan, dan kiri-kanan.

Sedangkan untuk mengatur spasi kamu dapat mengklik ikon yang bergaris warna jingga pada gambar diatas. Kemudian pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan.

NB: Jika sebelumnya kamu telah mengetik kata pada lembar kerja dan ingin mengubahnya, maka terlebih dahulu kamu harus memblok teks atau objek terlebih dahulu sebelum mengubahnya. Jika kamu mengubah keseluruhan bisa menggunakan perintah Shortcut Ctrl + A untuk memilih semua teks.

 

4. Mengubah Ukuran Kertas

Mengatur ukuran kertas biasanya digunakan guna saat kamu ingin mencetak dokumen. Dengan mengubahnya sesuai dengan yang kamu butuhkan, maka akan menghasilkan ukuran kertas yang sama pada saat dicetak.

Untuk mengubahnya, pastikan berada pada tab menu Layout kemudian klik Size. Maka akan tampil jenis-jenis kertas, selanjutnya sesuaikan dengan ukuran kertas yang kamu butuhkan.

Mengatur Margin pada Lembar Kerja

 

Akhir Kata …

Pada dasarnya dalam ulasan kali ini adalah langkah-langkah dasar yang paling umum digunakan pengguna Microsoft Word untuk pemula. Selain itu langkah-langkah seperti merubah font, mengatur margin, spasi, dan ukuran kertas sangat wajib untuk diketahui tak terkecuali para pemula.

Nah, itulah ulasan singkat buat kamu yang baru pertama kali menggunakan Microsoft Office Word. Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat

 

Artikel ini adalah artikel pertama dari rangkaian Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word.

Sebelumnya: Membuka dan Membuat Dokumen Baru Serta Fungsi-fungsi Dasar Pada Microsoft Word

Selanjutnya: Cara Menggunakan Heading di Microsoft Word

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.