banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Cara Menggunakan Heading di Microsoft Word

  • Bagikan
Cara Menggunakan Heading di Microsoft Word
Cara Menggunakan Heading di Microsoft Word
banner 468x60

BeriTanda.ID – Penggunaan heading dalam pembuatan dokumen di Microsoft Word sangatlah penting. Karena bekerja dengan menggunakan heading di Microsoft Word akan mempermudah untuk dalam membatasi pergantian bahasan antar bab.

Heading merupakan fitur yang terdapat dalam aplikasi Word untuk membuat format sebuah tulisan. Lebih tepatnya dapat dikatakan bahwa heading digunakan untuk mengatur gaya tulisan, baik itu judul, sub judul dan seterusnya.

banner 336x280

Bagi kamu yang sering membuat makalah atau karya ilmiah tentu perlu memahami bagaimana cara menggunakan heading ini. Karena nantinya, selain mempermudah pekerjaanmu secara visual ada trik-trik lain dari Microsoft Word yang memerlukan keahlian dalam menggunakan Heading ini.

Jika pada pembahasan sebelumnya kita membahas tentang pengaturan lembar kerja, maka tidak akan lengkap jika kamu tidak menggunakan trik heading ini. Maka dari itu pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan heading di Microsoft Word.

Ulasan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian tutorial lengkap tentang Microsoft Office Word loh. Untuk kamu yang ingin lebih banyak tahu bagaimana bekerja dengan Microsoft Word kamu bisa langsung cek link dibawah ini.

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word

 

1. Cara Membuat Heading di Microsoft Word

Untuk menggunakan heading ini pada dasarnya cukup mudah untuk dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

  1. Nah, pertama-tama kamu perlu membuat dokumen baru yang akan kita sisipkan heading.
  2. Kemudian pastikan word kamu saat ini berada pada tab menu Home, kemudian klik pada Heading 1 yang terdapat pada ribbon Style.
  3. Setelah itu coba ketik “Heading 1” sebagai contoh.
  4. Selanjutnya coba kamu tekan enter, kemudian klik pada Heading 2 pada ribbon Style.
  5. Setelah itu coba ketik “Heading 2” sebagai contoh subheading kedua.

Contoh Heading di Microsoft Word

Nah, cukup mudah bukan? Dari sini kamu sudah bisa menggunakan heading. Selanjutnya bagaimana jika kamu ingin membuat sub judul yang lebih dalam? Yakni Heading 3, Heading 4 dan seterusnya.

Kamu hanya perlu membuatnya secara manual, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama klik Ikon panah ke bawah (arrow down) pada ribbon style.
    Arrow Down di Heading Microsoft Word
     
  2. Kemudian klik Create a Style.
    Create a Style
     
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru, Create New Style from Formatting, kemudian isi bagian Name dengan Heading 3 (Contoh), kemudian klik OK.
    Create New Style from Formating

 

Nah, dari sini kamu sudah bisa membuat satu heading baru. Hanya saja untuk formatnya belum kita sesuaikan. Selanjutnya kita akan mencoba untuk membuat format tampilannya lebih menarik.

 

2. Mengubah Format Heading Style

Sebelum membuat formatnya lebih menarik, perlu kamu tahu bahwa semua style yang ada pada ribbon style, baik itu Heading, Title, Normal dan sebagainya. Dapat kita sesuaikan formatnya sesuai dengan yang kita inginkan.

Heading di Microsoft Word Belum di Sesuaikan

Gambar diatas adalah contoh sebelum kita memodifikasinya. Nah, berikut langkah-langkah untuk memodifikasi format tampilan pada style serta heading style.

  1. Pilih salah satu style yang ada pada ribbon Style di tab Menu Home.
  2. Kemudian klik kanan dan pilih Modify, maka akan muncul jendela tab baru.
    Modifikasi Heading di Microsoft Word
     
  3. Kemudian atur sesuai dengan format yang kamu inginkan. Di kita coba menggunakan font Times New Roman, ukuran teks 12, teks tebal, dan berwarna hitam. Setelah selesai membuat format klik OK.
    Modify Heading Style

Sekarang coba lihat, style yang sudah dimodifikasi juga akan berefek pada dokumen. Lakukan pada heading dan style yang lain sesuai selera kamu. Berikut ini adalah gambar sederhana hasil modifikasi style.

Heading di Microsoft Word Sudah di Sesuaikan

Setidaknya lebih enak dilihat bukan, jika dibandingkan dengan tampilan sebelumnya. Format dari gambar diatas adalah format umum yang biasa digunakan untuk membuat makalah, karya ilmiah ataupun skripsi.

 

Akhir Kata …

Nah, dengan kamu bisa menggunakan fitur style yang terdapat heading, title, dan format-format tampilan yang lainnya tentu akan lebih mempermudah kamu bukan? Tentunya kamu tidak lagi perlu merubah satu persatu dari lembar kerja kamu.

Itulah ulasan singkat kali ini tentang bagaimana cara menggunakan heading di Microsoft Word. Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Artikel ini adalah artikel pertama dari rangkaian Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word.

Sebelumnya: 4 Langkah Awal Belajar Microsoft Word Untuk Pemula

Selanjutnya: Fungsi Menarik Heading Di Microsoft Word

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.