banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Perhatikan 6 Tips Ini Sebelum Menambah RAM Pada Laptop

  • Bagikan
Tips Sebelum Menambah RAM Pada Laptop
banner 468x60
BeriTanda.ID Menambah RAM pada laptop adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa laptop atau komputer kamu. Karena pada dasarnya dengan meningkatkan kapasitas RAM (Random Access Memory) maka akan semakin cepat pula performa laptop.Tapi, apakah menambah RAM juga bisa dilakukan pada Laptop layaknya Komputer? Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika ingin menambah RAM pada Laptop?

Wajib Tahu! Pengertian dan Fungsi RAM Pada Komputer

banner 336x280

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebelum ingin membeli serta menambahkan RAM tersebut pada laptop kesayanganmu.

 

Tips Sebelum Menambah RAM Pada Laptop

1. Pastikan Terdapat Slot RAM Lebih Pada Laptop

 

Sebelum melakukan pembelian, alangkah baiknya sebelum menambah RAM pada Laptop kamu tahu terlebih dahulu apakah laptop yang kamu gunakan saat ini memiliki slot RAM tambahan. Karena perlu kamu ketahui, tidak semua laptop memiliki slot untuk menambah RAM, maka dari itu kamu perlu untuk memastikannya.

Apabila slot RAM yang tersedia hanya satu, maka kamu hanya bisa mengganti RAM di laptop dengan kapasitas yang lebih besar. Namun, apabila ada slot kosong atau lebih dari satu, artinya kamu bisa menambah RAM pada laptop tersebut tanpa harus menggantinya.

 

2. Pastikan Slot RAM Tidak Permanen

 

Kondisi terburuk apabila kamu ingin menambah RAM pada laptop adalah RAM yang terdapat pada laptop kamu permanen atau dalam kondisi tersolder. Karena jika RAM melekat permanen pada motherboard, jangankan untuk menambah RAM untuk menggantinya saja tidak dapat kamu lakukan.

Kenapa RAM tersebut terpasang permanen? Alasan vendor-vendor laptop menggunakan RAM permanent agar kita para penggunanya tidak dapat menggantinya, karena alasan strategi marketing mereka.

 

3. Pastikan RAM Sesuai Dengan Laptop

Setelah kamu memastikan bahwa laptop kamu dapat melakukan penambahan RAM. Maka tahap selanjutnya yang perlu kamu perhatikan sebelum menambah RAM pada laptop adalah dengan memastikan tipe RAM yang kamu beli sudah sesuai dengan motherboard laptop kamu. Karena tidak semua RAM cocok untuk laptop yang kamu gunakan.

Perhatikan tipe RAM yang sesuai dengan motherboard kamu. Apakah menggunakan tipe DDR2, DDR3, atau DDR4. Kamu bisa melakukan pengecekan jenis RAM yang cocok pada laptop kamu melalui brand resmi laptop kamu.

 

4. Perhatikan Sistem Operasi (OS) Pada Laptop

Baik sistem operasi Windows atau Linux, pada dasarnya memiliki batasan dalam membaca memori. Salah satu contoh pada Windows 10 Home Edition 32bit hanya dapat membaca ukuran maksimal RAM 4GB, sedangkan pada versi 64bit nya dapat membaca maksimal 128 GB.

Jadi pastikan terlebih dahulu sistem operasi yang kamu gunakan apakah sesuai dengan kapasitas RAM yang ingin kamu tambahkan. Karena apabila tidak sesuai, RAM tidak dapat bekerja secara maksimal.

 

5. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Apakah kamu membutuhkan RAM yang cukup besar? Tentunya, pastikan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Apabila untuk kebutuhan gaming maka kamu bisa menambahkan hingga kapasitas RAM menjadi 8GB atau lebih. Sedangkan jika hanya untuk kebutuhan desain seperti Photoshop atau CorelDraw maka cukup dengan menambahkan hingga kapasitas 4GB.

 

6. Garansi Laptop

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan sebelum menambah RAM pada laptop adalah garansi. Karena pada dasarnya produsen atau perusahaan laptop akan memberikan pelindung khusus yang terpasang pada baut. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laptop belum pernah dibongkar selama masa garansi. Maka dari itu apabila kamu mengganti atau menambahkan RAM harus siap menanggung resiko kehilangan garansi laptop.

 

Akhir Kata …

Apabila kelim tips sebelum menambah RAM pada laptop diatas sudah kamu lakukan, tentunya sekarang akan lebih siap untuk membeli dan menambahkan RAM baru pada laptop. Tentunya semua itu sudah dengan pertimbangan yang cukup matang.

Perlu diperhatikan pula pemasangan RAM juga tidak begitu sulit, tapi juga perlu ketelitian tersendiri. Karena jika pemasangannya kurang tepat dapat mengakibatkan laptop kamu bank. Namun, jangan khawatir. Jika ini terjadi kamu dapat melakukan pemasangan uang sampai dirasa sudah melakukan pemasangan dengan benar.

Nah, itulah tips yang dapat kamu lakukan sebelum menambahkan RAM pada laptop.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Sumber:
https://www.idntimes.com/ (diakses pada 07/10/2021)
https://www.jalantikus.com/ (diakses pada 07/10/2021)
https://wwwpemmzchannel.com/ (diakses pada 07/10/2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.