6 Tips Menjaga Keamanan Android Paling Ampuh

Menjaga Keamanan Android – Tidak sedikit pengguna Android yang mengalami peretasan pada perangkat mereka. Meskipun sudah diberikan sistem keamanan oleh developer dari smartphone itu sendiri, tetap saja banyak pengguna yang ponselnya berhasil diretas tanpa disadari. Padahal menjaga keamanan android cukup penting untuk kita lakukan, agar hal-hal yang mengandung privasi tidak mengalami kebocoran.

Nah, untuk menjaga keamanan android kita sendiri ada beberapa tips yang dapat kita lakukan. Baik itu dengan cara sederhana seperti memberikan pola atau kata sandi pada ponsel, sampai memasang antivirus pada perangkat smartphone kita. Untuk selengkapnya berikut ini ulasan tentang bagaimana tips menjaga keamanan android yang bisa kamu lakukan.

 

Tips Menjaga Keamanan Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menjaga keamanan pada android kita adalah sebuah kewajiban. Hanya saja terkadang kita juga secara tidak sengaja malah memberikan celah pada peretas itu sendiri.

 

1. Matikan Koneksi WiFi Saat Tidak Digunakan

Adanya jaringan WiFi gratis saat ini memang sangat menguntungkan kita untuk sedikit menghemat kuota internet. Tapi, pernahkah kamu berpikir bahwa WiFi publik cukup aman untuk kita gunakan? Nyatanya, pada saat kita menggunakan WiFi umum seperti di kafe, kampus atau tempat lainnya cukup berbahaya untuk keamanan pada perangkat kita.

Bisa jadi disaat bersamaan pada jaringan WiFi yang sama ada orang iseng yang sedang mengkses perangkat kamu melalui WiFi umum tersebut. Meskipun jarang terjadi, tetap saja kita mesti waspada dan setidaknya meminimal resiko dari gangguan peretas yang mungkin pada saat itu tidak kamu ketahui.

 

2. Aktifkan Fitur Lockscreen

Memasang kunci seperti pola, pin, atau password cukup penting untuk menjaga keamanan Android kamu. Tentunya tidak hanya melindungi dari orang-orang yang ingin membajak smartphone kamu. Tapi juga dapat sedikit mengamankan perangkat dari jangkauan anak-anak yang saat ini sudah melek teknologi.

Gunakan lockscreen yang memang hanya kamu yang mengetahuinya. Seperti kombinasi angka dan huruf atau membuat pola yang sulit untuk ditebak. Dengan begitu, kamu dapat sedikit menjaga keamanan pada android kamu.

 

3. Jangan Mengunduh Aplikasi Sembarangan

Memiliki smartphone tentunya tak lengkap jika tidak mengunduh aplikasinya. Namun, tetap waspada saat kamu ingin mengunduh sebuah aplikasi. Terutama aplikasi-aplikasi hasil dari modifikasi. Karena bukan sebuah rahasia lagi aplikasi-aplikasi mod biasanya juga disisipi malware untuk dapat menyusup pada perangkat kamu. Maka dari itu, berhati-hatilah saat ingin mengunduh sebuah aplikasi untuk perangkat android kamu.

Alangkah baiknya jika kamu mengunduh pada situs resminya atau dapat melalui Google Play Store. Selain lebih terpercaya, dengan mengunduh di situs resminya dapat sedikit mengurangi resiko peretasan pada perangkat kamu.

 

4. Mematikan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Bluetooth biasa digunakan untuk kita mengirim serta menerima file. Bahkan sekarang ini juga dapat digunakan untuk musik dengan menghubungkan bluetooth ke Sound System yang sudah dilengkapi fitur bluetooth. Hanya saja, selalu pastikan untuk mematikan Bluetooth pada saat kamu sudah tidak menggunakannya.

Bayangkan ketika kita sedang menyalakan bluetooth, kemudian ada perangkat yang tidak dikenal ingin terkoneksi ke perangkat kamu. Di tambah kamu secara tidak sengaja mengizinkan perangkat tersebut. Hal ini cukup berbahaya, karena setelah itu si perangkat yang tidak dikenal bisa melakukan aksi pembajakan. Jadi, berhati-hatilah menggunakan Bluetooth agar keamanan Android kamu dapat terjaga.

 

5. Lakukan Scan Virus Berkala

Masih banyak pengguna Android yang tidak menggunakan antivirus, selain membuat berat sistem aplikasi antivirus cukup memakan memori. Padahal menggunakan aplikasi antivirus ini cukup penting untuk menjaga keamanan Android.

Bayangkan pada saat kita browsing secara tidak sengaja kita mengakses situs yang sudah tersisipi virus atau malware. Tentu saja jika dibiarkan akan cukup berbahaya buat keamanan perangkat kamu. Maka dari itu pastikan untuk selalu melakukan scan virus pada perangkat kamu. Untungnya saat ini beberapa perangkat android sudah menyertakan antivirus bawaan, jadi kamu tidak harus menginstal aplikasi antivirus yang tidak jelas.

Baca Juga: 14 Jenis Virus Pada Komputer Yang Wajib diWaspadai

 

6. Berhati-Hati Saat Menjelajah Internet

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya pada poin ke-4, bahwa saat browsing pun android kamu cukup rawan diretas. Terutama ketika mengakses sebuah website yang mengharuskan kamu untuk mengisi formulir pribadi. Jika dirasa tidak perlu, sebaiknya jangan lakukan pengisian formulir pada website yang aneh-aneh.

Jika kamu adalah seseorang yang aktif mengakses dunia maya, saat browsing pastikan alamat website sudah menggunakan HTTPS bukan HTTP. Penambahan huruf S pada HTTP sebuah website menandakan bahwa situs tersebut sudah terenkripsi dan semua informasi kamu tetap bakalan aman (contoh: HTTPS://BERITANDA.ID).

Baca Juga: Apa Itu Cyber Crime? Wajib Tahu Cara Mencegah dan 11 Jenisnya

 

Akhir Kata …

Itulah beberapa cara untuk menjaga keamanan android kita agar aman dari pembajakan. Lakukan tips-tips diatas, maka setidaknya dapat mengurangi resiko perangkat android kamu diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.484 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.