banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bagi Pemula Terbaru 2021

  • Bagikan
Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bagi Pemula Terbaru 2021
Tips Memilih Laptop
banner 468x60
BeriTanda.ID – Laptop untuk saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi sebagian kalangan, baik itu dalam dunia pekerjaan maupun dalam dunia pendidikan. Hal ini tentu membuat kita harus lebih memperhatikan hal-hal yang penting sebelum membeli laptop bagi pemula.Karena kesalahan dalam memilih saat membeli laptop akan membuat kamu kerepotan di kemudian hari. Sebagai sebuah kebutuhan primer bagi sebagian kalangan, laptop menjadi sebuah barang yang sangat dibutuhkan. Desainer, programmer, gamer, blogger, developer dan lain lain hari ini lebih sering menggunakan laptop.

Selain sifat laptop yang mudah untuk dibawa kemana-mana, memang tidak menutup kemungkinan juga membantu pekerjaan-pekerjaan kita. Namun, hingga saat ini masih banyak yang merasa kesulitan ketika ingin membeli laptop.

banner 336x280

Pasalnya kita perlu memperhatikan spesifikasi dan tentu budget yang sesuai dengan dompet kita. Oleh sebab itu, pada ulasan berikut ini kita akan membahas secara singkat tentang beberapa tips penting sebelum membeli laptop bagi pemula.

 

Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bagi Pemula

Pada dasarnya hal yang paling mendasar ketika ingin membeli laptop untuk pemula adalah memperhatikan sistem operasi yang digunakan. Karena sebagian besar pengguna laptop lebih sering menggunakan Windows sebagai sistem operasi.

Maka alangkah lebih baiknya jika kamu juga menanyakan hal ini saat pertama kali ingin membeli laptop. Lalu, tips apalagi yang perlu kita tahu dan penting sebelum membeli laptop? Berikut ulasan singkatnya.

 

1. Perhatikan Spesifikasi Laptop yang Kamu Butuhkan

Tips penting sebelum membeli laptop yang paling utama, alangkah baiknya jika kamu sedikit paham tentang spesifikasi laptop seperti apa yang sedang kamu butuhkan. Dan akan kamu gunakan sebagai apa nantinya setelah kamu membeli laptop tersebut.

Tentunya kamu ingin membeli laptop dengan kualitas maksimal dan harga yang cukup bersahabat bukan? Oleh sebab itu, kita akan memisahkan beberapa spesifikasi laptop yang dapat kamu jadikan panduan saat kamu membeli laptop.

Baca Juga: Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

Untuk pemilihan spesifikasi laptop, kamu dapat sesuaikan dengan kebutuhanmu. Berikut beberapa contoh spek laptop yang disesuaikan dengan keperluan.

 

– Bagi Pelajar atau Mahasiswa

Bagi kamu yang saat ini masih sebagai pelajar atau mahasiswa, biasanya akan menggunakan laptop sebagai sebatas untuk mengerjakan tugas. Atau juga biasa digunakan untuk bermain game yang memiliki ukuran ringan.

Nah, tentu kamu perlu memilih spek laptop yang tidak jauh dari keperluan kamu. Sebagai rekomendasi, spesifikasi yang cocok bagi pelajar atau mahasiswa kamu cukup menggunakan laptop dengan spesifikasi ringan.

Yakni dengan Processor minimal menggunakan Core i3 dan dengan dukungan RAM 2 GB dirasa sudah sangat cukup untuk mengoperasikan Windows 8 keatas. Dan tentu sudah sesuai dengan kebutuhan seorang pelajar atau mahasiswa

 

– Bagi Pegawai atau Pekerja Kantoran

Sama halnya dengan pelajar atau mahasiswa, kelas spesifikasi yang dibutuhkan untuk pekerja kantoran juga tidak perlu terlalu tinggi. Dengan Processor Core i3 dan dukungan RAM 4 GB sudah lebih dari cukup untuk kamu yang pekerja kantoran.

Karena pada umumnya, pekerja kantoran lebih sering menggunakan aplikasi Office. Semisal Office Word, Office Power Point, Office Excel dan lain-lain. Tentu dengan mengoperasikan program ini kamu tidak perlu membeli laptop dengan spesifikasi yang terlalu tinggi.

 

– Untuk Desain Grafis dan Gaming

Berbeda dengan mahasiswa dan pekerja kantoran, buat kamu yang bekerja di bidang desain grafis atau kamu yang suka bermain game berat tentu spesifikasi laptop yang kamu butuhkan juga cukup tinggi.

Pada umumnya spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk desain grafis atau gamer memakai processor Core i7 dan dengan dukungan RAM minimal 4GB serta dilengkapi dengan VGA GTX 680. Dengan spesifikasi tersebut tentu kamu sudah mampu untuk menjalankan aplikasi desain grafis ataupun untuk game-game yang cukup berat.

 

2. Ukuran Laptop Sesuai Dengan Keinginanmu

Hal yang cukup penting sebelum membeli laptop berikutnya adalah soal ukuran. Di mana ukuran ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Buat kamu yang lebih sering membawa laptop saat bepergian tentunya kamu perlu memilih laptop dengan ukuran sedang tentunya.

Namun, jika jarang melakukan perjalanan kamu bisa memilih dengan ukuran yang lebih besar. Nah, berikut beberapa kriteria ukuran layar pada laptop.

  1. Ukaran 11 hingga 13 inchi, biasa ukuran ini lebih cocok buat kamu yang hobi bepergian dan tentu tidak memakan tempat serta lebih ringan.
  2. Ukuran 14 hingga 15 inchi, biasa digunakan buat kamu yang melakukan pekerjaan ringan dan tentu ukuran yang lebih umum dimasyarakat dalam penggunaanya.
  3. Ukuran 15 hingga 17 inchi atau lebih, biasa buat kamu yang ingin menikmati hasil desain secara maksimal serta buat kamu yang hobi bermain game, sangat cocok dengan ukuran layar sebesar ini.

 

3. Pemilihan Keyboard dan Touchpad pada Laptop

Faktor utama ketika menggunakan laptop adalah soal kenyamanan dan kemudahan saat memakainya. Oleh sebab itu penting sebelum membeli laptop sebaiknya kamu juga memperhatikan keyboard serta touchpad.

Tentunya memilih keyboard yang nyaman saat melakukan pengetikan. Serta memilih touchpad dengan kualitas yang mudah digunakan dan nyaman untuk dipakai.

 

4. Hybrid atau Konvensional

Berbeda dengan model laptop sepuluh tahun yang lalu, saat ini penting sebelum membeli laptop kamu juga harus memperhatikan gaya atau model laptop tersebut. Di mana hari ini kamu dapat memilih jenis hybrid atau konvensional.

Jika kamu ingin membeli jenis laptop sekaligus tablet kamu bisa memilih alternatif laptop hybrid. Jadi kamu bisa melepas keyboard ketika ingin menggunakannya sebagai tablet dan bisa memasangnya kembali jika diperlukan.

Namun, jika kamu membutuhkan laptop konvensional, maka kamu bisa memilih yang biasa saja. Karena pada umumnya laptop jenis hybrid memiliki harga yang lebih mahal ketimbang laptop konvensional,

 

5. Nama Brand Laptop

Kenapa nama brand menjadi salah satu hal yang cukup penting sebelum membeli laptop? Alasannya kamu memikirkan lokasi service center merk laptop yang kamu gunakan. Karena semakin mudah service center laptop kamu ditemukan, maka akan semakin mempermudah kamu ketika nanti ada kerusakan pada laptop kamu. Atau juga dapat mempermudah kamu mengklaim garansi nantinya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Acer Terbaru 2021

Selain itu dengan memperhatikan merek kamu dapat membandingkan kualitas produk dari merek-merek laptop tertentu. Oleh sebab itu kamu perlu mencari referensi tentang merk laptop sebelum kamu ingin membelinya.

 

Akhir Kata …

Memilih laptop sebelum melakukan pembelian merupakan hal yang sangat perlu kamu lakukan. Karena apabila tidak sesuai dengan apa yang kamu butuhkan khawatir nantinya kamu akan mengalami penyesalan setelah membelinya. Oleh karena itu perlu yang namanya melihat spesifikasi, harga, ukuran serta merek laptop yang ingin kamu beli.

Dalam melakukan pembelian laptop sebaiknya kita lebih berhati-hati. Nah, itulah sedikit ulasan tentang Tips Penting Sebelum Membeli Laptop Bagi Pemula Terbaru.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan