Pengertian dan 5 Manfaat Artificial Intelligence Yang Wajib Kamu Tahu

Pengertian dan Manfaat Artificial Intelligence – Kemajuan teknologi semakin menjadi-jadi dan cukup sulit untuk dimengerti. Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau yang biasa juga disebut dengan kecerdasan buatan adalah bukti betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Teknologi AI saat ini cukup mempengaruhi kita pada berbagai sektor kehidupan di seluruh dunia. Ditambah dengan manfaat Artificial Intelligence sendiri yang telah menjadi faktor utama munculnya teknologi-teknologi terbaru seperti Internet of Things (IoT), robotik, big data, chatbot, dll.

Di perusahaan sendiri dapat diprediksi teknologi AI akan terus mengalami peningkatan, karena banyak manfaat Artificial Intelligence ini untuk perkembangan perusahaan mereka. Seperti mengurangi human error, mengurangi jumlah sumber daya manusia (SDM) yang digunakan dan lain sebagainya.

Baca juga: Harus Tahu! Pengertian Cloud Storage dan 3 Keuntungannya

 

Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

AI atau kependekan dari Artificial Intelligence merupakan sebuah program kecerdasan yang dibuat dan dikembangkan untuk diterapkan pada suatu sistem. Teknologi AI dirancang agar dapat berpikir seperti manusia, dimana teknologi ini dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa AI adalah sebuah sistem komputer yang dapat meniru cara berpikir manusia dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dimana bertujuan agar pekerjaan tersebut dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Karena kecerdasan inilah, banyak orang yang memanfaatkan teknologi tersebut. Banyak yang beranggapan kehadiran Artificial Intelligence ini dapat menggeser peran manusia dalam dunia pekerjaan. Hal ini tentunya akan mendatangkan manfaat tersendiri karena pekerjaan seseorang tersebut dapat menjadi lebih ringan.

 

Manfaat Artificial Intelligence

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari kehadiran teknologi AI, seperti meminimalisir kesalahan atau membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Nah, berikut ini adalah lima manfaat Artificial Intelligence yang harus kamu ketahui.

 

1. Meminimalisir Human Error

Tak dapat dipungkiri dalam suatu pekerjaan pasti akan mengalami Human Error. Bahkan tak jarang kita juga sering mengalami kesalahan tersebut, seperti salah input data atau menghitung uang. Kesalahan tersebut dalam pekerjaan adalah hal yang lumrah, namun akan berdampak pada pekerjaan apabila terus dibiarkan.

Salah satu manfaat Artificial Intelligence dapat mengatasi kesalahan tersebut. Karena teknologi AI yang dirancang oleh komputer, tentunya akan memiliki akurasi yang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi kesalahan tersebut.

 

2. Melakukan Pekerjaan Secara Otomatis

Mungkin sampai saat ini masih cukup banyak perusahan yang masih menggunakan cara manual untuk melakukan sebuah pekerjaan. Seperti pencatatan data menggunakan kertas dan pena.

Mungkin saat ini masih terlihat biasa dan tidak ada kendala sama sekali. Tapi bagaimana dimasa yang akan datang? Tentunya akan sangat tidak efektif dan cukup ribet untuk dikerjakan. Di sini kehadiran AI menggantikan pencatatan tersebut lebih mudah dan dapat melakukan pekerjaannya secara otomatis.

 

3. Menghemat Sumber Daya Manusia (SDM)

Kenyataan pahit memang, karena kehadiran AI ini dapat menggeser peran manusia dalam melakukan pekerjaan. Karena manfaat Artificial Intelligence yang satu ini akan membuat peran manusia tergantikan oleh robot. Maka dari itu selain memanfaatkan AI dalam kehidupan manusia kita juga mesti menambah wawasan di bidang teknologi.

Karena jika berbicara tentang teknologi, terutama pada sektor bisnis tentunya manfaat ini akan sangat berguna. Karena dapat menekan biaya pengeluaran perusahaan yang disebabkan banyaknya SDM yang digunakan. Tentunya akan berbeda jika terdapat banyak SDM yang dipekerjakan. Karena perusahaan harus memikirkan gaji karyawan atau tunjangan-tunjangan lain.

 

4. Pekerjaan Lebih Cepat

Di dalam proses AI ada yang dikenal dengan istilah learning, reasoning and self correction. Dimana ketiga poin tersebut menjadikan Artificial Intelligence memiliki pengetahuan yang cukup luas. Hal ini lah yang menjadikan AI dapat berjalan dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam rentang waktu yang lebih cepat.

Hal ini disebabkan karena teknologi AI memiliki kemampuan untuk belajar dan mengatasi masalahnya sendiri tanpa memerlukan bantuan manusia.

 

5. Dapat Bekerja Secara Berulang

Manfaat Artificial Intelligence selanjutnya adalah dapat digunakan dimana saja dan juga dapat bekerja secara berulang-ulang. Selain itu pekerjaan yang dilakukan oleh teknologi AI ini akan dikerjakan sampai selesai. Sehingga membuat pekerjaan yang semakin efektif.

Berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Yang biasanya akan sedikit membutuhkan waktu untuk beristirahat sebelum melakukan pekerjaannya kembali.

 

Akhir Kata …

Itulah pengertian singkat serta beberapa manfaat artificial intelligence yang harus kamu tahu agar nantinya dapat bersaing didunia pekerjaan yang segala sesuatunya dapat dikendalikan dengan teknologi. Karena sejatinya teknologi akan selalu mengalami perkembangan. Maka dari itu kita harus siap untuk dapat beradaptasi dengan teknologi tersebut.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 919 kali

22 pemikiran pada “Pengertian dan 5 Manfaat Artificial Intelligence Yang Wajib Kamu Tahu”

  1. makin ke sini teknologi udah makin canggih aja
    kadang sampe megap-megap sendiri merhatiin pesatnya teknologi hehe
    meski banyak memberikan kemudahan tapi nggak bisa dipungkiri juga ya kalo peran teknologi menggeser peran manusia

    Balas
  2. Ketika artificial intelligence berkembang pesat, salah satu dampaknya adalah akan berkurangnya pekerjaan yang biasanya dikelola manusia. So, kompetitor manusia dalam lapangan pekerjaan nantinya bukan lagi manusia, tapi AI

    Balas
  3. Kalo menurut saya pribadi, mesin pun bisa juga error..
    Terbukti saat penggunaan aplikasi tertentu, terkadang ditemukan bug..
    Tapi kenyataan ini memang tidak bisa dipingkiri menuntut manusia untuk lebih adaptif dan mau terus cepat belajar..

    Balas
  4. Wow…keren,mantaps banget ya si Artificial Intelligence. But btw, perusahaan yang seperti apa kak yang pakai teknologi AI ini? apakah semua lini perusahaan bisa memakainya?

    Balas
  5. AI sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi pekerjaan rush hour. Bisa dibayangkan jika semua dijalankan manusia, aduh bisa se-stress apa itu. Pekerjaan juga lebih cepat diatasi karena AI bisa melakukannya secara berulang.

    Balas
  6. sebagai penikmat drama kerajaan, kerasa banget nih manfaat AI

    adegan perang gak perlu menggunakan ribuan pemain agar nampak asli, cukup menggunakan AI

    sehingga asyik banget nontonnya

    Balas
  7. Semoga berkembangnya teknologi AI ini tidak mengurangi kesempatan tenaga kerja yang masih mencari pekerjaan, tapi justru membuka peluang baru dan menambah kesempatan kerja…

    Balas
  8. Informasi Artificial Intelegence bermanfaat untuk menambah literasi teknologi di masa serba digital. Pengelola social media juga memanfaatkan AI, hampir beberapa sektor AI mulai dipergunakan.

    Balas
  9. Tertarik dengan AI, tapi kudu sabar. Dudu, apalagi yang memilih sebagai developer. Seru sih, sekali lagi memang butuh kesabaran. Kalau dilihat dari potensinya, AI ini banyak orang yang ngincar.

    Balas
  10. Dunia saat ini memang sedang berlomab2 untuk menciptakan AI ya. Keren AI ini bisa mempermudah manusia dalam segala aktivitas. Robot di Jepang aja sudah mulai diperbanyak ya.

    Balas
  11. Perkembangan teknologi cukup dibilang sangat pesat. bahkan kita sebagai masyarakat umum sering tertinggal jauh dengan perkembangan tersebut. Meski butuh keinginan kuat utk dapat mengikuti perkembangan tersebut.

    Balas
  12. Gak bisa dipungkiri emang kemajuan teknologi itu bakal membantu banget sih buat manusia tapi emang salah satu efek yang ditakutkan itu akan mengurangi lapangan pekerjaan untuk manusia itu sendiri, semoga ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya aja sih

    Balas
  13. Artificial intelligence yang paling banyak digunakan sekarang, terutama di aplikasi android adalah bisa menirukan wajah seseorang, atau deep face. Teknologi ini punya banyak kelebihan dan juga kekurangan, dan keduanya bergantung pada si pemakai. Nice article buddy.

    Balas
  14. Memang peran artificial intelligence nanti dapat menggantikan peran manusia, jadi setidaknya kita harus siap dan lebih cerdas nanti dalam menyikapi hal tersebut.

    Balas
  15. Setuju banget. Karena teknologi akan terus berkembang, kita sebagai SDM juga tidak boleh kalah. Harus terus upgrade kualitas ya. Aku baru tahu tentang AI ini, makasih penjelasannya.. jadi termotivasi untuk lebih baik lagi.

    Balas
  16. Salut banget sih ya kak. Kebanyu banget juga sih dg kemajuan dan perkembangan teknologi saat ini. Melek teknologi kayaknya emang sudah keharusan ya

    Balas
  17. Artificial Inteligent adalah upaya manusia menciptakan otak buatan dengan algoritma yang sangat rumit. puncak AI adalah terciptanya robot yang mampu menggantikan pekerjaan manusia sehingga manusia bisa mencapai tujuannya lebih cepat dan mudah karena bantuan ini.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.