banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Harus Tahu! Pengertian Cloud Storage dan 3 Keuntungannya

  • Bagikan
Pengertian Cloud Storage
banner 468x60

BeriTanda.ID Cloud Storage (Penyimpanan Awan) dalam penggunaannya saat ini mulai marak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Berkat fungsi dari penyimpanan awan ini banyak pengguna teknologi yang berbasis internet cukup terbantu. Baik itu dalam memenuhi kebutuhan personal maupun dalam kebutuhan bisnis atau edukasi.

Meskipun sudah banyak yang menggunakan layanan ini, namun tidak jarang yang belum mengetahui apa itu pengertian cloud storage. Bahkan tidak jarang pula yang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sudah menggunakan layanan yang satu ini.

banner 336x280

Nah, sebagai referensi di zaman yang serba teknologi ini tentu hal-hal dasar seperti ini cukup wajib untuk kita ketahui. Baik itu pengertian atau fungsi dari cloud storage (penyimpanan awan) itu sendiri.

 

Pengertian Cloud Storage (Penyimpanan Awan)

Cloud Storage atau yang dalam bahasa Indonesia lebih akrab disebut Penyimpanan Awan merupakan sebuah media penyimpanan yang berbasis online yang mengandalkan koneksi internet untuk dapat mengakses datanya. Artinya dengan kata lain data yang kamu simpan dalam layanan ini akan disimpan dalam server yang dikelola oleh penyedia layanan. Salah satu contoh dari layanan penyimpanan awan ini seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan lain-lain.

Semenjak semakin pesatnya perkembangan internet saat ini, media penyimpanan awan ini mulai cukup digemari oleh banyak pengguna. Sehingga tidak jarang penyimpanan dalam bentuk offline seperti flashdisk atau harddisk mulai ditinggalkan. Dengan menggunakan layanan cloud storage kamu jadi tidak perlu khawatir saat terjadi kerusakan pada harddisk atau penyimpanan offline lainnya. Karena data tersebut tersimpan dalam server, sehingga keamananya cukup terjamin.

 

Cara Kerja Cloud Storage

Cara kerjanya sendiri tidak serumit yang kita bayangkan. Proses kerjanya cukup sederhana, yakni ketika melakukan penyimpanan data pada cloud storage, maka dapat dikatakan bahwa kamu mengirim salinan data ke penyedia layanan melalui jaringan internet. Selanjutnya, kamu akan diberi akses untuk mengunduhnya kembali pada saat kamu sedang membutuhkannya atau ingin melakukan perubahan.

Biasanya layanan penyimpanan awan ini juga dapat terintegrasi pada perangkat yang kamu gunakan. Sehingga kamu hanya butuh koneksi internet agar dapat menggunakannya. Misal seperti Google Drive yang terintegrasi pada smartphone Android kamu, sehingga kamu dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi internet. Contoh lain seperti OneDrive yang sudah langsung dapat digunakan saat kamu menginstal Windows pada komputer atau laptop kamu.

 

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

1. Keamanan File Lebih Terjamin

Keamanan dari kehilangan data saat menggunakan cloud storage bukanlah satu-satunya keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan layanan penyimpanan awan ini. Salah satu yang lebih penting adalah keamanan dari serangan virus. Virus yang menyerang file akan menjadi masalah besar bagi penggunanya, karena file yang terkena virus biasanya akan mengalami korup atau bahkan tidak dapat digunakan.

Salah satu contoh, apabila file tersimpan pada flashdisk maka kemungkinan file rusak akibat virus akan semakin besar. Karena flashdisk lebih sering digunakan banyak komputer yang memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda. Jika menggunakan cloud storage kondisi seperti ini tidak akan terjadi dan file kamu akan aman dari serangan virus.

 

2. Memudahkan Untuk Mengakses File

Berbeda dengan penyimpanan secara offline menggunakan flashdisk atau hardisk. Dengan layanan cloud storage kamu tidak membutuhkan media penyimpanan seperti flashdisk atau perangkat keras lainnya. Hanya dengan koneksi internet kamu sudah dapat mengakses file dimanapun dan kapanpun. Jadi tidak akan ada kejadian dimana tidak bisa mengakses file karena flashdisk ketinggalan atau rusak.

 

3. Lebih Ramah Lingkungan

Dengan layanan penyimpanan awan tentunya kamu akan sedikit dapat menghemat biaya, karena tidak perlu membeli media penyimpanan seperti flashdisk, harddisk atau semacamnya. Selain itu, karena tidak membutuhkan perangkat berbentuk fisik sudah tentu akan sedikit ramah lingkungan. Karena tidak akan meninggalkan limbah.

 

Rekomendasi Cloud Storage Yang Dapat Kamu Gunakan

1. Google Drive

Buat kamu pengguna Android tentu sudah tidak asing lagi dengan Google Drive. Salah satu keuntungan saat menggunakan Google Drive kamu sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Artinya hanya dengan memiliki akun Google kamu sudah bisa menggunakan layanan-layanan Google termasuk Google Drive ini.

 

2. OneDrive

OneDrive adalah layanan storage milik Microsoft. Karena itu, apabila kamu adalah pengguna Windows 8 atau diatasnya maka OneDrive sudah terpasang secara otomatis. Sama seperti Google Drive yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya, OneDrive juga demikian. Saat kamu membuka program Office (Word, Power Point, Excel), maka kamu dapat melihat serta mengubah dokumen yang tersimpan di OneDrive.

 

3. Dropbox

Selain Google Drive dan OneDrive, Dropbox merupakan salah satu layanan penyimpanan awan yang cukup banyak disukai. Selain dapat diakses dari berbagai platform seperti Windows, Linux, Mac, Android, dan lain-lain, Dropbox juga memiliki banyak fitur yang dapat dengan mudah digunakan.

 

4. Cloud Storage Lainnya

Selain ketiga penyimpanan awan diatas, masih banyak beberapa layanan penyimpanan awan yang bisa menjadi rekomendasi kamu, antara lain seperti:

 

Akhir Kata …

Demikian informasi singkat tentang pengertian Cloud Storage beserta cara kerjanya. Media penyimpanan awan saat ini adalah pilihan tepat yang dapat kita gunakan. Selain gratis dan mudah digunakan layanan penyimpanan awan tentu memiliki banyak keuntungan lainnya.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Sumber:
https://www.unida.ac.id/ (diakses pada 07/10/2021)

https://windowsku.com/ (diakses pada 07/10/2021)
https://www.baktikominfo.id/ (diakses pada 07/10/2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.