8 Aplikasi yang Wajib Install Pada Laptop dan Komputer

Aplikasi yang Wajib Install – Menginstall aplikasi pada laptop merupakan kewajiban setiap pengguna laptop. Terutama untuk laptop atau komputer yang baru di Install Ulang. Karena tanpa adanya aplikasi tambahan tentunya produktivitas kamu dalam menggunakan laptop akan terasa kurang. Maka dari itu, perlu menginstall aplikasi tambahan untuk mengatasi kendala tersebut.

Sayangnya pada saat setelah melakukan install ulang atau membeli laptop baru, kita bingung aplikasi apa yang cukup dibutuhkan. Karena pada dasarnya, semakin banyak aplikasi juga akan membuat performa laptop kamu mengalami penurunan.

Nah, pada artikel kali ini sedikit kita akan membahas tentang apa saja aplikasi yang wajib install pada laptop dan komputer kamu.

 

Aplikasi yang Wajib Install

Ada beragam aplikasi yang dapat kamu install untuk membantu produktifitas kamu dalam menggunakan komputer atau laptop. Ada aplikasi yang wajib install ada pula aplikasi yang sifatnya hanya optional saja. Namun, setidaknya ada sekitar 8 aplikasi penting yang wajib kamu install pada laptop barumu.

Berikut ini adalah aplikasi yang wajib install pada laptop atau komputer kamu.

 

1. Aplikasi Browser

Browsing adalah aktivitas yang wajib kamu lakukan ketika menggunakan laptop. Karena dengan browsing ini kamu akan mendapatkan informasi baru, mencari referensi atau mengirim pesan email ke teman kamu. Maka dari itu aplikasi browsing menjadi aplikasi yang wajib install pada laptop baru kamu.

Meskipun pada Windows sendiri sudah menyediakan aplikasi browsing Microsoft Edge dan Internet Explorer. Hanya saja akan sedikit lebih baik jika kamu menggunakan aplikasi yang umum dan cukup mudah digunakan.

Nah, aplikasi browsing bisa kamu install adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox. Selain mudah untuk digunakan, kedua aplikasi ini terdapat plugin atau extension yang dapat menambah produktifitas kamu saat browsing. Pastikan pilih salah satu, agar laptop atau komputer kamu tetap nyaman saat digunakan.

 

2. Aplikasi Antivirus

Pada Windows sudah ada bawaan aplikasi antivirus yakni Windows Defender. Tetapi alangkah lebih baiknya jika kamu juga menginstall aplikasi antivirus tambahan seperti Malwarebytes atau Kaspersky. Agar menambah keamanan laptop atau komputer kamu.

Antivirus sendiri merupakan aplikasi yang wajib install pada laptop kamu, karena komputer atau laptop memiliki resiko terkena virus yang akan merusak sistem atau mengambil data-data pribadi kamu. Dengan adanya aplikasi antivirus maka virus-virus yang mencoba masuk pada komputer kamu akan otomatis dihapus oleh antivirus tersebut.

Baca juga:

 

3. Aplikasi Archive Manager

Meskipun jarang digunakan oleh pengguna laptop atau komputer yang tergolong awam. Namun, keberadaan Archive manager ini juga merupakan aplikasi yang wajib install pada laptop kamu. Karena pada suatu saat kamu yang produktivitas kerjanya menggunakan komputer akan tiba saatnya harus mengkompres atau menjadikan beberapa file dalam satu file berformat .zip atau .rar.

Maka dari itu, keberadaan aplikasi Archive Manager ini akan sangat dibutuhkan. Sebagai rekomendasi aplikasi compress yang cukup recomended yaitu WinRar atau 7Zip.

 

4. Aplikasi Pengelola Dokumen (Office)

Office atau aplikasi yang berguna untuk mengolah dokumen adalah aplikasi yang wajib install dan cukup penting untuk sebuah laptop. Karena pada umumnya, tanpa adanya aplikasi pengolah dokumen ini 90 persen laptop kamu tidak akan berguna.

Dengan adanya aplikasi pengolah dokumen segala pekerjaanmu akan dengan mudah teratasi. Seperti membuat surat, presentasi, atau laporan keuangan. Tanpa adanya aplikasi ini pekerjaan-pekerjaan tersebut akan sangat sulit teratasi.

Sebagai rekomendasi aplikasi yang dapat kamu gunakan adalah Microsoft Office, untuk pilihannya, setidaknya pilih tiga aplikasi penting di Microsoft Office. Yakni, Microsoft Office Word, Microsoft Office PowerPoint, dan Microsoft Excel.

Sebagai alternatif kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengolah data WPS Office, karena selain gratis masih cukup mudah untuk digunakan.

 

5. Aplikasi PDF Reader

Aplikasi PDF Reader akan cukup berguna buat kamu yang ingin membuka file dengan format PDF. Selain itu biasanya aplikasi ini juga digunakan untuk melihat hasil penyimpanan dalam format .pdf dan memastikan apakah dapat digunakan atau di print. Untuk itu kamu perlu menginstall aplikasi pdf reader ini, seperti Adobe Reader atau Nitro Pdf Reader.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Konversi PDF ke Word

 

6. Aplikasi Desain Grafis

Hobi membuat gambar aneh-aneh? Atau biasa membuat brosur atau pamflet kegiatan? Aplikasi yang wajib install pada laptop ke-enam akan mengatasi hobi design kamu. Dengan adanya aplikasi desain grafis produktivitas kamu yang ingin membuat brosur atau template akan teratasi.

Nah, untuk aplikasinya sendiri ada beberapa yang dapat dijadikan rekomendasi, baik itu yang jenis vektor atau bitmap.

  1. Adobe Photoshop (Bitmap)
  2. Adobe Illustrator (Vektor)
  3. Corel Draw (Vector)

Aplikasi diatas adalah aplikasi desain grafis yang paling rekomended untuk masalah design.

Baca juga: 8 Perbedaan Vektor dan Bitmap, Desainer Wajib Tahu

 

7. Aplikasi Media Player

Tak lengkap rasanya saat lelah bekerja tanpa adanya refreshing otak dengan menonton video atau sekedar mendengarkan musik. Maka dari itu Media Player menjadi pilihan aplikasi yang wajib install pada laptop. Berikut ini aplikasi yang cukup recomended dan sering saya gunakan.

  1. GOM Player (Pemutar Video)
  2. VLC Player (Pemutar Video)
  3. AIMP (Pemutar Musik)
  4. Winamp (Pemutar Musik)

 

8. Aplikasi Cloud Storage

Saat ini penggunaan cloud storage cukup penting untuk menunjang aktifitas kamu. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu khawatir lagi saat bepergian jauh dan lupa tidak membawa laptop. Karena dengan cloud storage ini kamu masih bisa mengakses data dimanapun dan kapanpun aslah terkoneksi dengan jaringan internet.

Maka dari itu, kamu wajib menginstall aplikasi cloud storage pada laptop agar kamu bisa menguploadnya dengan mudah. Jadi, tidak perlu panik lagi jika tidak menggunakan komputer atau laptop yang biasa kamu gunakan.

Untuk aplikasi cloud storage yang bisa kamu gunakan adalah OneDrive atau Google Drive.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan singkat tentang aplikasi yang wajib install pada laptop atau komputer kamu. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut kamu dapat semakin produktif dalam melakukan pekerjaan kamu.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.320 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.