banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Wajib Tahu! Pengertian Google Meet Serta Fitur dan Fungsinya

  • Bagikan
Wajib Tahu! Pengertian, Fungsi dan Fitur Google Meet
Google Meet
banner 468x60

BeriTanda.ID – Di masa Pandemi seperti sekarang ini membuat aktivitas harus diakukan secara daring atau online. Oleh sebab itu penggunaan Google Meet sebagai salah satu sarana untuk membuat video converance semakin sering digunakan.

Hal ini membuat banyak orang mau tidak mau harus dapat memanfaatkan teknologi agar dapat berkomunikasi dengan mudah. Di tambah kebijakan work from home dari pemrintah juga membuat sebagian aktivitas kita menjadi terhambat.

banner 336x280

Kondisi inilah yang membuat banyak orang mulai beralih untuk memanfaatkan layanan video converance untuk berkomunikasi. Baik itu untuk organisasi, perusahaan, pendidikan bahkan pada sektor pemerintahan.

Nah, salah satu aplikasi atau layanan untuk membuat video converance yang cukup mudah dan ramah untuk digunakan adalah Google Meet.

Tapi, sebelum lebih jauh tentang bagaimana cara menggunakan layanan ini lebih baiknya kita pahami dahulu tentang apa itu Google Meet? Bagaimana fungsi Google Meet? Dan juga fitur-fitur apa saja yang ada pada Google Meet?

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi seputar Google Meet yang akan kita bahas secara singkat namun tidak mengurangi maknanya.

 

Pengertian Google Meet

Google Meet merupakan layanan dari Google yang digunakan untuk membuat video converance. Pada dasarnya layanan yang satu ini merupakan gabungan atau perpaduan dari dua layanan lain dari Google. Yaitu Google Hangouts dan Google Chat.

Layanan ini dapat diakses secara publik, baik itu menggunakan perangkat Smartphone maupun pada perangkat desktop melalui web browser. Layanan ini sendiri memiliki dua versi, yakni versi freemium (gratis) dan versi premium (berbayar). Pada setiap versinya juga memiliki kelbihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada versi gratisnya Google Meet hanya bisa menampung untuk 100 pengguna atau peserta. Sdangkan pada versi berbayarnya mampu menampung 100 sampai dengan 250 pserta. Selain itu, untuk bisa menggunakannya syarat yang kamu perlukan kamu harus memiliki akun Google.

Sedangkan pada keamanan, host atau biasa yang membuat room mempunyai akses penuh dalam meeting. Host dapat menolak, menerima atau mengeluarkan pengguna yang bergabung dalam meeting room.

 

Manfaat & Fitur Google Meet

Layanan ini hadir untuk membantu kita dalam melakukan pertemuan secara daring (online). Selain itu, layanan ini juga hadir dengan berbagai macam fitur dan manfaatnya. Diantaranya adalah:

  1. Pengguna yang ingin bergabung dalam sebuah video converance atau meeting bisa melalui aplikasi (Android atau iOS) dan juga web browser,
  2. Untuk keperluan presentasi, layanan ini menghadirkan fitur shared screen yang memungkinkan penggunanya dapat berbagi layar pada desktop,
  3. Sudah terintegrasi dengan Google Calender, sehingga dapat membantu mempermudah pengguna ketika ingin membuat jadwal rapat,
  4. Memiliki fitur Chat, untuk memprmudah pengguna ketika ingin mengirim pesan atau berdiskusi dengan pengguna lain pada saat pertemuan sedang berlangsung,
  5. Akses penuh terhadap room meeting dimiliki oleh Host, dimana hanya host yang memiliki hak untuk menerima atau menolak pengguna untuk masuk dalam meeting,
  6. Dengan adanya paket G Suite membuat kita mempunyai akss ke berbagai fitur seperti attendance tracking, recording, cloud system, dan retntion.

 

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Salah satu kelebihan dari konten creator baik itu dalam bentuk artikel, gambar dan video adalah mengulik kelebihan dan kekurangan sebuah layanan.

Begitu pula dengan Google Meet, karena setiap aplikasi atau layanan onlin sudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan kekurangan dan kelebihannya?

 

1. Kelebihan

  • Mudah digunakan, meskipun kamu pertama kali menggunakannya, kamu tidak akan terlalu mengalami kesulitan. Karena layanan ini cukup ramah pengguna,
  • Mudah untuk bergabung, untuk bergabung kdalam room meet, kamu cukup memiliki akun Google, dan kamu sudah dapat bergabung ke dalam meeting,
  • Terintgrasi dengan Layanan Google yang lain, kelebihan yang paling mencolok dari Google Meet ini adalah sudah terintegrasinya dengan layanan yang lain. Salah satunya seperti Google Drive, kamu dapat menyimpan hasil rekaman atau dokumen yang kamu butuhkan.

 

2. Kekurangan

  • Versi gratis belum mendukung recording, salah satu fitur dari Google Meet adalah merekam hasil rapat online. Namun, fitur ini belum dapat dinikmati bagi pengguna gratisan, fitur ini hanya tersedia untuk kamu yang menggunakan versi berbayar,
  • Fitur shared screen terksan lambat, salah satu fitur untuk kebutuhan presentasi adalah dengan fitur shared screen atau berbagi layar. Hanya saja ketika kamu menggunakan fitur ini, perangkat kamu akan mengalami lag atau lelet. Hal ini terjadi, kemungkinan besar karen fitur ini memerlukan perngkat dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Sehingga buat kamu yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi pas-pasan fitur ini tidak dapat brjalan secara maksimal.
  • Belum bisa mengubah BackGround, beda halnya dengan Zoom Meting yang menyediakan fitur untuk mengganti background, Google Meet tidak menyediakan fitur tersebut. Jadi, kamu tidak bisa tampil lebih menarik dengan mengganti background,
  • Belum tersedia Googl Meet untuk Desktop, bagi kita pengguna desktop (latop atau komputer) kita hanya bisa menggunakan Googl Meet ini melalui web browser. Karena hingga saat ini masih belum menyediakan layanan atau aplikasi khusus untuk versi desktop.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Googl Meet. Dengan artikl singkat tersebut, smoga mudah dipahami.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan