banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021

  • Bagikan
Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021
Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021
banner 468x60

BeriTanda.ID – Penggunaan password yang sulit ditebak untuk saat ini merupakan langkah wajib yang harus kita lakukan ketika membuat sebuah akun di dunia maya. Seperti yang kita tahu, password merupakan pertahanan utama dari akun-akun yang kita miliki di dunia maya.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya bahwa password yang kita gunakan adalah password yang sulit ditebak. Karena dengan password yang rumit tersebut dapat melindungi akun kamu dari tangan-tangan jahil.

banner 336x280

Dengan adanya password, kamu bisa mengakses berbagai macam layanan di dunia maya seperti Facebook, Instagram, Email atau yang lainnya. Sayangnya masih ada sebagian dari kita yang menggunakan password yang mudah di tebak.

Akibatnya, masih sering teradi pembobolan akun media sosial oleh hacker-hacker yang kurang bertanggung jawab. Hacker bisa menggunakan berbagai macam cara untuk membobol akun kamu, salah satu yang paling dasar bagi hacker adalah menggunakan metode brute force untk menebak password kamu.

Jika kamu masih menggunakan password yang lemah, maka berhati-hatilah. Karena akun kamu cukup rentan dari serangan hacker.

Lalu, bagaimana cara membuat password yang sulit di tebak? Langsung saja berikut tips membuat password yang sulit ditebak.

 

Membuat Password yang Sulit Ditebak

Menggunakan password yang sulit ditebak merupakan langkah penting untuk mengamankan akun-akun kamu di dunia maya. Menggunakan password yang panang, password dengan kombinasi angka dan huruf adalah beberapa caranya. Berikut 5 tips lengkap untuk membuat password agar sulit di tebak.

 

1. Gunakan Password Panjang

Tips pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat password yang sulit ditebak adalah dengan menggunakan password yang panang. Karena biasanya, semakin panjang password yang kamu buat maka akan semakin bagus untuk mengamankan akun kamu.

Usahakan minimal gunakan password lebih dari 10 karakter. Dengan begitu akun kamu akan memiliki sedikit peluang untuk di bobol. Sedangkan apabila mengunakan passwor yang pendek, besar kemungkinan akun kamu di bobol oleh tangan-tangan jahil.

 

2. Tidak Menggunakan Identitas Sebagai Password

Kesalahan yang paling sering terjadi kebanyakan orang ketika membuat password adalah menggunakan identitasnya. Contoh, seperti menggunakan tanggal lahir, nama ibu, alamat rumah atau yang lainnya.

Hal seperti ini sangat-sangat beresiko. Karena password kamu akan semakin mudah untuk ditebak. Terutama jika orang yang iseng tersebut adalah orang terdekat kamu atau orang yang dapat mendapatkan identitas prbadimu dengan mudah.

Jadi, hindari dengan penggunaan identitas pribadi sebagai password. Agar password tidak mudah ditebak.

 

3. Membuat Password Dari Kalimat atau Kata

Kamu kebingunga ketika membuat password yang panjang? Tips ketiga adalah tips paling ampuh mengatasi hal tersebut. Dengan pemilihan kata atau kalimat selain kamu mendapatkan password yang panjang kamu juga akan mudah mengingatnya.

Cobalah untuk membuat kalimat dari tiga atau empat kata. Kemudian jadikan sebagai password. Tapi, pastikan juga rangkaian kata itu cukup unik dan tidak mudah ditebak.

 

4. Gunakan Kombinasi Huruf, Angka dan Tanda Baca

Cara terakhir dan bisa dikatakan cara terampuh adalah dengan mengkombinasikan huruf, angka dan tanda baca untuk membuat password.

Tips terakhir ini cukup jarang digunakan orang, alasannya selain rumit dengan password kombinasi ini pemilik akun juga mudah lupa dengan password yang dibuat. Tapi, tips ini juga sangat ampuh untuk mengamankan akun, karena kemungkinan untuk ditebak bisa dibilang nyaris nol.

 

Gunakan 4 Tips Membuat Password yang Sulit Tebak

Tips terakhir yang sangat direkomendasikan adalah menggabungkan ke empat tips tadi untuk membuat password. Bagaimana caranya? Cukup mudah,

  1. Buat kalimat panjang dengan tiga atau empat kalimat,
    Contoh: rasanya anjim banget
  2. Pastikan tidak menggunakan data yang menyangkut soal identitas pribadi,
  3. Jangan menggunakan spasi, agar lebih terlihat rumit,
    Contoh: rasanyaanjimbanget
  4. Jadikan kombinasi dengan angka dan tanda baca dari kalimat yang sudah dibuat,
    Contoh: R@5@ny@@nj1mb@n9et

Nah, dari tiga cara diatas untuk mengkombinasikan ke 4 tips tadi cara mengingatnya cukup mudah bukan? Cukup ingat dengan kalimat “rasanya anjim banget”. Lalu ubah huruf ‘a’ dengan ‘@’ dan ubah huruf ‘s, i, dan g’ menjadi angka ‘5, 1, dan 9’.

Kemudian hilangkan spasi dan ubah huruf awal menjadi huruf kapital, dan selesai. Kamu sudah punya password yang sulit ditebak.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah tips singkat tentang bagaimana cara untuk membuat password yang sulit ditebak. Dengan begitu setidaknya akun-akun kamu yang ada di internet sedikit lebih aman ketimbang ketika kamu menggunakan password yang asal-asalan.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan