banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

Wajib Tahu! 8 Tips Menggunakan Internet Dengan Aman dan Bijak

  • Bagikan
Tips Menggunakan Internet Dengan Aman dan Bijak
Browsing Internet
banner 468x60

BeriTanda.ID – Saat sedang berselancar di internet, kamu akan melakukan browsing untuk menemukan sebuah informasi. Namun, menggunakan internet dengan aman dan bijak mungkin masih belum begitu kamu pahami. Bahkan, banyak sebagian orang yang masih mengabaikan penggunaan internet dengan aman.Seberapa pentingkah cara menggunakan internet dengan aman dan bijak? Jawabnya sangat penting, karena dengan berinternet secara aman dan bijak dapat memiliki pengaruh positif terhadap diri kita.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini informasi yang tersebar dalam internet tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita-berita bohong (HOAX) sehingga kita dituntut untuk bijak dalam menanggapinya.

banner 336x280

Selain daripada itu dalam melakukan browsing juga terkadang kita akan mengalami kendala. Karena saat kita browsing selain kita perlu mewaspadai berita HOAX kita juga perlu waspada terhadap serangan virus saat kita browsing.

Pasalnya, masih banyak pengguna internet yang kurang waspada terhadap serangan virus dari internet ini. Akibatnya, virus menyebar pada perangkat kita dan akhirnya dapat menurunkan performa perangkat yang kita gunakan. Oleh sebab itu, perlu yang namanya cara menggunakan internet dengan aman dan bijak.

Baca Juga: Apa Itu Cyber Crime? Wajib Tahu Cara Mencegah dan 11 Jenisnya

Nah, untuk itu artikel ini dibuat untuk kamu yang ingin mencari informasi seputar tips menggunakan internet dengan aman dan bijak. Berikut penjelasan secara engkapnya.

 

Menggunakan Internet Dengan Aman dan Bijak

Sebelum kita membahas poin penting tentang bagaimana cara menggunakan internet dengan aman dan bijak alangkah lebih bagusnya kita membahas terlebih dahulu dasar-dasar dalam berselancar di internet. Seperti cara mencari informasi di internet.

 

A. Mencari Informasi di Internet

Mencari Informasi di Internet

Saat berselancar di internet tentu kamu memiliki tujuan tertentu seperti mencari sebuah informasi layaknya saat kamu berada di perpustakaan. Nah, untuk menemukan informasi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut cara mudah mendapatkan informasi bermanfaat melalui internet.

 

1. Alamat Website atau Jurnal Online

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat adalah dengan mengakses website atau jurnal online. Namun, perlu diperhatikan bahwa setiap website tentu memiliki alamat unik tersendiri, jadi pastikan bahwa alamat website yang ingin kamu akses sudah benar dan tepat.

Selain dari website tertentu cara mendapatkan informasi bermanfaat dapat dengan melalui jurnal online. Hari ini banyak bertebaran alamat-alamat website jurnal online yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan informasi seputar ekonom, ilmu sosial atau bahkan seputar tugas kuliah.

 

2. Menggunakan Link atau Hyperlink

Hampir sama dengan website atau jurnal online, hanya saja perbedaan menggunakan hyperlink ini kamu sudah benar-benar berada pada informasi yang kamu butuhkan. Salah satu contoh banyak artikel-artikel di website yang memberikan rekomendasi bacaan berikutnya. Dengan kamu klik link yang disorot tersebut kamu dapat informasi bermanfaat lainnya.

Selain dari artikel-artikel terkait, hyperlink ini juga biasa terdapat pada daftar pustaka. Seperti pada jurnal, laporan akhir, skripsi atau buku biasa juga terdapat link yang dapat kamu akses.

 

3. Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine)

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Google, nah Google adalah salah satu jenis website mesin pencari. Mesin pencari ini merupakan program yang memungkinkan kamu untuk dapat mencari informasi menggunakan kata kunci tertentu. Dengan menggunakan mesin pencari ini kamu akan disuguhkan dengan beberapa daftar website yang dapat kamu pilih untuk mendapatkan informasinya.

 

B. Tips Menggunakan Internet dengan Aman

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengantar artikel ini, menggunakan internet biasa akan mengalami kendala, seperti serangan virus atau beresiko dari serangan hacker. Oleh sebab itu kita perlu mewaspadai dan segera berperilaku bermain internet dengan aman. Lalu, apa saja cara-cara untuk dapat menggunakan internet dengan aman? Berikut tips yang dapat kita berikan dari berbagai macam sumber.

 

1. Jangan Menanggapi Pop-Up Yang Muncul

Pasti kamu pernah melihat iklan pop-up yang muncul tiba-tiba saat browsing bukan? Bahkan tidak jarang pop-up tersebut malah terkesan mengganggu kita saat berselancar. Untuk itu jangan terlalu terkecoh atau menanggapi pop-up tersebut. Karena biasanya iklan pop-up lebih sering terdapat virus yang bakal otomatis masuk ke perangkat kamu.

Jadi, pastikan tidak sembarang klik iklan pop-up tersebut. Inginnya mendapat informasi dari internet, ujung-ujung malah perangkat kamu terkena virus atau malware. Iklan pop-up ni cukup beragam, biasa seperti judi online, informasi bahwa perangkat kamu terkena virus bahkan sampai iklan yang membuat kamu kurang nyaman saat browsing.

Dengan kamu tidak terlalu menanggapi pop-up yang sering muncul setidaknya kamu dapat menggunakan internet dengan aman serta dapat dengan nyaman menggunakan internet.

Baca Juga: 9 Tanda Laptop Kamu Terkena Virus

 

2. Tidak Menggunakan Password Yang Sama Untuk Semua Akun

Salah satu tips penting dalam menggunakan internet dengana aman adalah tidak membuat password serupa pada setiap akun internet kamu. Banyak sebagian orang yang tidak mempermasalahkan tips ini, alasannya karena tidak ingin riber saat menggunakan internet. Jadi, mereka lebih sering menggunakan password dan email yang sama untuk membuat akun-akun yang ada di internet.

Padahal, hal ini cukup beresiko untuk keamanan di internet. Misalkan jika saat kamu sedang browsing dan secara tidak sengaja memasuki situs phising maka ada kemungkinan bahwa akun kamu akan diambil alih saat kamu memasuki website phising tersebut.

Baca Juga: Jadi Favorit Hacker: Teknik Phising dan Cara Mencegahnya

Nah, saat itu juga resiko akun kamu yang memiliki password sama di setiap akun akan dilibas habis dan kamu benar-benar mengalami kondisi buruk akibat ini. Oleh sebab itu, sangat di sarankan kamu untuk membuat password yang berbeda-beda agar dapat menggunakan internet dengan aman.

Baca Juga: Tips Membuat Password yang Sulit Ditebak 2021

 

3. Jangan Menyimpan Password di Komputer Umum

Kamu ingin menggunakan internet dengan aman? Setidaknya jangan beritahu password kamu kepada siapapun. Meskipun hari ini sudah jarang digunakan, tapi mungkin sebagian dari kamu pasti pernah menggunakan warnet (Warung Internet). Nah, saat itu mungkin kamu juga membuka akun sosial media seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Nah, tentu saat kamu memasukkan password kamu akan dimintai untuk menyimpan password tersebut. Pada saat itu juga, selalu pastikan kamu tidak menyimpannya atau klik kata Never untuk menolak menyimpan password.

Hal ini dilakukan agar nanti ketika ada orang lain yang menggunakan komputer tersebut tidak menggunakan akun kamu yang sudah tersimpan password akun kamu. Jadi, selalu pastikan kamu untuk tidak meninggalkan jejak saat menggunakan komputer umum.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Privasi di Internet Dengan Mudah

 

4. Log Out dari Semua Akun Setelah Selesai

Sama seperti saat pertama kali login untuk tidak menyimpan password, saat kamu selesai menggunakan internet saat browsing alangkah lebih baiknya kamu mengeluarkan atau logout akun tersebut. Dengan begitu setidaknya kamu dapat menggunakan internet dengan aman dengan cara mencegah orang lain menggunakan akun kamu untuk hal-hal yang dapat merugikan kamu.

 

5. Hapus Riwayat Setelah Browsing

Pastikan kamu tidak meninggalkan jejak saat browsing dengan komputer umum atau perangkat teman kamu. Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah menghapus history atau riwayat browsing kamu. Dengan demikian setidaknya keamanan privasi kamu dapat terjaga.

 

C. Tips Menggunakan Internet Dengan Bijak

Nah, setelah kita sedikit mengetahui tentang bagaimana cara untuk menggunakan internet dengan aman agar sesuai dengan judul pada artikel ini yakni Tips Menggunakan Internet Dengan Aman dan Bijak maka selanjutnya kita akan sedikit mengulas tentang cara bijaknya.

Dengan kamu menggunakan internet secara bijak setidaknya kamu dapat menghindari perilaku-perilaku menyimpang di internet. Nah, berikut tips bijak dalam menggunakan internet,

 

1. Berperilaku Baik Saat Menggunakan Internet

Selalu berikan dukungan serta komentar positif di internet. Sama halnya di dunia nyata, di dunia internet kamu juga perlu menjaga perilaku kita agar tidak mengganggu pengguna internet lain. Maka dari itu perlu untuk berperilaku baik saat menggunakan internet seperti menyebarkan pesan dan perilaku positif selama menggunakan internet.

 

2. Tidak Menyebarkan Berita Bohong (HOAX)

Sebagaimana yang kita ketahui, informasi berkemban sangat pesat di internet. Banyak informasi di internet yang sangat bermanfaat, namun ada juga informasi yang tidak layak untuk dipublikasikan. Seperti HOAX atau berita bohong, oleh sebab itu sebelum kita membagikan informasi tersebut pastikan bahwa informasi tersebut sudah sesuai fakta.

Mungkin ada sebagian menganggap bahwa berita HOAX adalah lelucon, namun hal ini juga dapat merugikan orang lain. Misal seperti membagikan sesuatu yang menyinggung, menuduh atau merusak nama baik seseorang. Jadi, pastikan kita tidak menjadi penikmat HOAX serta juga tidak menjadi penyumbang HOAX.

Dengan begitu kamu sudah bijak dan tentunya sudah menggunakan internet dengan aman.

 

3. Patuhi 10 Kode Etik Menggunakan Komputer

Tidak hanya di dunia nyata yang memiliki kode etik, dalam menggunakan komputer atau perangkat elektronik juga terdapat kode etik yang wajib kita patuhi. Tidak tanggung-tanggung, dalam menggunakan komputer terdapat 10 Kode Etik yang wajib kamu ketahui. Selengkapnya kamu dapat membaca pada artikel berikut.

Baca Juga: 10 Kode Etik Menggunakan Komputer, Kamu Harus Tahu

 

D. Fakta Seputar Keamanan Internet Pada Remaja dan Anak

Tahukah kamu, bahwa semakin tinggi penggunaan internet juga berpengaruh pada tindakan kejahatan di internet seperti cyber bullying (intimidasi dunia maya) atau pencurian identitas. Hal ini lumrah terjadi di dunia internet terutama pada tingkat resiko yang dimiliki remaja dan anak ketika menggunakan internet.

Nah, berikut ini adalah fakta seputar keamanan internet yang beresiko untuk remaja dan anak yang cukup wajib kamu ketahui agar dapat menggunakan internet dengan aman.

  1. 73 persen remaja pada rentang usia 12 sampai 17 tahun memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya,
  2. Lebih dari 25 persen anak-anak saat ini berpura-pura berusia lebih tua untuk mendapatkan akun online,
  3. Terdapat 5 persen atau lebih remaja melakukan pertemuan rahasia dengan orang yang mereka kenal secara daring,
  4. Lebih dari 29 persen orang tua mengizinkan anak mereka untuk menggunakan internet tanpa adanya pengawasan,
  5. Sebanyak 29 persen remaja saat ini menggunakan internet setidaknya sekali dalam seminggu,
  6. Remaja pada usia 12 sampai dengan 17 tahun setidaknya mengirim dan menerima rata-rata 1500 pesan setiap bulannya,
  7. Satu dari tiga remaja saat ini mengalami cyberbullying dan kebanyakan korban adalah perempuan,
  8. 97 persen remaja saat ini bermain game online melalui komputer atau smartphone mereka. Dan beberapa game online juga digunakan untuk menjadi tempat predator anak (pedofil) untuk mencari korban,
  9. 32 persen anak pada usia remaja akan menyembunyikan riwayat browsing mereka untuk mencegah orang tua melihat situs yang mereka kunjungi,
  10. 16 persen remaja saat ini memiliki alamat email dan akun jejaring sosial yang namanya tidak ingin diketahui oleh orang tua mereka,
  11. Setidaknya ada sekitar 11 persen remaja mengetahui cara menggunakan parental control, yang biasa digunakan orang tua untuk memblokir jenis konten web tertentu.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah ulasan yang singkat namun cukup panjang tentang bagaimana cara menggunakan internet dengan aman dan bijak yang wajib kamu ketahui. Setidaknya dengan kamu mengetahui tips aman dan bijak tersebut kamu dapat terhindar dari tindak kejahatan di dunia internet.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

 

Sumber:
– https://www.ruangguru.com/ (di akses pada 11/09/2021)

– https://unicef.org/ (di akses pada 11/09/2021) 
– https://www.dewaweb.com/(di akses pada 11/09/2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.